Trik Menata Tanaman Hias Di Rumah Agar Hemat Tempat

Diperbarui: 23 Jul 2021

Buat rumah kamu menjadi cantik dan sejuk dengan tanaman hias yang ditata dengan rapi. Simak cara menata tanaman hias yang tepat pada pembahasan di bawah.

rapikan tanaman hias di dalam rumah kamu agar tidak memakan tempat
Photo by DESIGNECOLOGIST

Tanaman hias bisa membuat rumah kamu menjadi lebih indah dan suasana menjadi lebih sejuk. Apalagi jika tanaman hias di rumah kamu tertata dengan rapi, tentu akan membuat rumah kamu menjadi tambah cantik, dan kamu akan betah berlama-lama di rumah. Tapi terkadang masih banyak orang yang tidak menata tanaman hias dengan baik sehingga membuat tampilannya menjadi buruk.


Untuk memaksimalkan keindahan yang dapat dihasilkan tanaman hias, kamu harus melakukan penataan tanaman dengan baik. Nah agar kamu tidak salah dalam melakukan hal tersebut, kali ini Homeplan akan memberikan trik khusus yang bisa kamu terapkan. Cek ulasannya pada penjelasan di bawah ya!


1. Menata Secara Vertikal

trik menata tanaman hias dengan menata secara vertikal agar hemat tempat
Photo by Altifarm Enverde

Menata tanaman hias di rumah secara vertikal menjadi cara yang paling mudah untuk kamu terapkan. Kamu cukup meletakkan tanaman tanaman kamu secara vertikal, dengan cara ini ruangan di sekitar tanaman hias pun menjadi lebih lega. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan rak menaruh tanaman hias. Selain menghemat tempat, cara ini juga akan membuat kamu berperan dalam melestarikan bumi kita.


2. Membuat Taman

trik menata tanaman hias dengan membuat taman agar hemat tempat
Photo by freepik

Mungkin kamu merasa membuat taman di rumah membutuhkan lahan yang luas. Namun kenyataannya, kamu bisa loh mengubah lahan kecil di rumah kamu menjadi taman yang indah. Dengan menggunakan taman kecil di rumah, penataan tanaman hias kamu pun akan lebih rapi dan indah. Hal ini karena ruangan di rumah kamu akan lebih terorganisir dan tidak menyatu satu sama lain.


3. Menggunakan Meja Khusus

trik menata tanaman hias dengan menggunakan meja khusus agar hemat tempat
Photo by Annie Spratt

Gunakan meja khusus untuk menaruh potmu secara rapi. Dengan memanfaatkan meja ini tanaman hias di rumah kamu pun akan terlihat indah dan tidak berantakan. Selain meja, kamu juga bisa kok menggunakan barang lainnya seperti tangga yang sudah dimodifikasi. Kreativitas kamu adalah hal yang paling penting untuk menggunakan trik ini.


4. Terapkan Wall Garden

trik menata tanaman hias dengan menggunakan wall garden agar hemat tempat
Photo by Bernard Hermant

Saat ini sudah banyak orang yang memanfaatkan dinding rumah sebagai tempat untuk meletakkan tanaman hias. Karena wall garden tidak membutuhkan banyak ruang dan dapat mempercantik rumah dan dinding kamu, metode ini menjadi diminati banyak orang.


5. Letakkan Di Sudut Rumah

trik menata tanaman hias dengan meletakan di sudut ruangan agar hemat tempat
Photo by Hutomo Abrianto

Sudut-sudut ruangan biasanya menjadi tempat yang kosong karena sulitnya menaruh barang di tempat tersebut. Untuk mengakalinya, cobalah untuk meletakkan tanaman hias di rumah kamu. Cara ini tidak akan memakan tempat terlalu banyak dan bisa menambah kesan minimalis dan modern di rumah kamu. Gunakan pot tinggi atau tempat khusus yang dapat diletakkan di sudut rumah.


6. Gunakan Pot Gantung

trik menata tanaman hias dengan menggunakan pot gantung agar hemat tempat
Photo by K8

Selain menghemat tempat, penggunaan pot gantung juga bisa membuat rumah kamu menjadi aesthetic loh. Namun kamu juga harus memperhatikan peletakkan pot gantung ini, jangan sampai kamu meletakkannya di dekat meja makan ya karena akan mengganggu aktivitas. Kamu bisa menggunakan pot gantung di teras rumah ataupun ruang tamu kamu dan pastikan ketinggian pot tidak terlalu rendah ya!


7. Selalu Perhatikan Ukuran Tanaman

trik menata tanaman hias dengan memperhatikan ukuran tanaman agar hemat tempat
Photo by Véronique Trudel

Dan yang terakhir adalah kamu harus memperhatikan ukuran tanaman yang kamu tanam di dalam rumah. Selalu bersihkan dan potong daun yang sudah layu agar tidak memperburuk tampilan rumah kamu. Untuk tanaman indoor ada baiknya kamu menggunakan tanaman dengan ukuran kecil hingga menengah. Jika tanaman terlalu besar, daun-daun yang tumbuh akan memakan ruangan di rumah kamu dan menyempitkan rumah. Jadi kamu harus selalu memperhatikan tanaman yang kamu tanam di dalam rumah ya.


Terapkan beberapa cara simpel di atas akan membuat ruangan di rumah kamu menjadi lebih lega, sehingga tetap memberikan kesan minimalis yang indah di rumah. Sekian pembahasan mengenai penataan tanaman hias ini, semoga artikel ini membantu ya!


Bagi kamu yang suka berlama-lama di rumah, cobalah untuk mendesain rumah kamu menjadi lebih cantik dengan Homeplan. Kami akan menyarankan desain interior rumah yang sesuai dengan selera kamu. Untuk melakukan konsultasi dengan desainer interior dari Homeplan, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun loh, alias gratis! Yuk download Homeplan sekarang untuk menikmati layanannya

Artikel terbaru

Kategori lainnya