Trik Membuat Rumah Menjadi Sejuk Tanpa Menggunakan AC

Diperbarui: 11 Jun 2021

Untuk mengatasi cuaca panas di rumah, kamu bisa menerapkan beberapa trik mudah berikut, tanpa perlu memanfaatkan AC.

trik membuat ruangan dalam rumah terasa sejuk tanpa menggunakan ac dengan
Photo by Sidekix Media

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang hanya memiliki 2 musim, yaitu musim kemarau dan penghujan. Di saat musim kemarau biasanya cuaca akan terasa sangat panas, hal ini biasanya membuat ruangan di dalam rumah kamu ikut terasa panas dan mengganggu aktivitas kamu.


Untuk mengatasinya banyak orang memilih penggunaan AC (Air Conditioner) di dalam rumahnya. Namun karena daya listrik yang dibutuhkan untuk penggunaan AC cukup tinggi akan membuat biaya listrik bulanan kamu pun jadi naik dan pengeluaran bulanan kamu juga ikut naik.


Untuk membantu kamu mengatasi hal tersebut, Homeplan kali ini akan memberikan beberapa trik yang bisa kamu gunakan di dalam rumah kamu agar tidak perlu menggunakan AC di saat cuaca sedang panas. Bagaimana sih trik-triknya? Langsung aja disimak di bawah ya!


1. Pasang Exhaust Fan

menggunakan exhaust fan untuk membuat rumah menjadi sejuk tanpa ac
Photo by mrsiraphol

Exhaust fan atau kipas angin exhaust bisa menjadi pilihan untuk membuat rumah kamu terasa sejuk. Karena kipas angin ini bisa menjadi alat untuk pertukaran udara sehingga ruangan di dalam rumah tidak terasa pengap. Daya listrik yang dibutuhkan kipas angin exhaust juga tidak terlalu tinggi dan harganya juga cenderung murah.


2. Perbanyak Tanaman Hias

perbanyak tanaman hias untuk membuat rumah menjadi sejuk tanpa ac
Photo by Huy Phan

Membuat udara lebih bersih dan sejuk berkat tanaman yang ada di dalam rumah kamu cukup efektif untuk diterapkan. Pilihlah tanaman indoor untuk kamu letakkan di dalam rumah dan tanam juga tanaman outdoor di luar rumah kamu. Cara ini akan membuat rumah kamu terasa sejuk setiap saat karena tanaman memiliki kemampuan untuk menyaring udara di sekitarnya.


3. Buat Langit-Langit Rumah Menjadi Tinggi

buat plafon tinggi untuk membuat rumah menjadi sejuk tanpa ac
Photo by Francesca Tosolini

Langit-langit atau plafon yang tinggi, cukup efektif dalam membuat rumah kamu terasa sejuk. Pasalnya, secara alami suhu panas akan bergerak ke atas sedangkan suhu dingin akan bergerak ke bawah sehingga suhu panas di rumah kamu akan cenderung berkumpul di dekat plafon. Selain itu, plafon yang tinggi juga membuat volume ruangan menjadi lebih besar dan dapat menampun lebih banyak udara di dalamnya.


4. Tutup Jendela Dengan Tirai

menutup jendela dengan tirai untuk membuat rumah menjadi sejuk tanpa ac
Photo by Jason Leung

Cahaya matahari yang terasa panas biasanya akan membuat suhu di dalam rumah kamu juga ikut memanas. Jadi sebaiknya kamu menutup jendela kamu dengan tirai yang dapat menahan panas. Jangan gunakan tirai berbahan blackout karena hal ini akan membuat rumah kamu terasa lebih panas.


5. Perbanyak Ventilasi Udara

perbanyak ventilasi untuk membuat rumah menjadi sejuk tanpa ac
Photo by Leon

Ventilasi udara yang banyak akan membuat udara di rumah kamu lebih mudah bergerak dan bertukar dengan udara di luar rumah. Hal ini akan membuat rumah kamu lebih sejuk dan tidak pengap.


6. Gunakan Warna Cerah Pada Rumah

menggunakan warna cerah untuk membuat rumah menjadi sejuk tanpa ac
Photo by Pixasquare

Seperti yang kita tahu warna gelap seperti hitam akan menyerap panas lebih banyak dibanding warna cerah. Hal ini karena secara fisika warna gelap lebih sulit untuk memantulkan cahaya dan panas sedangkan warna cerah seperti putih lebih mudah memantulkannya. Jadi sebaiknya kamu menggunakan warna cerah untuk cat eksterior maupun interior kamu ya.


7. Gunakan Material Penahan Panas

pemasangan material tahan panas untuk membuat rumah menjadi sejuk tanpa ac

Material penahan panas seperti alumunium foil, glasswool, atau bubble foil dapat mencegah suhu panas dari luar masuk ke dalam rumah kamu. Selain itu material ini juga bisa menahan radiasi UV dari sinar matahari saat siang hari. Jadi penggunaan material penahan panas selain dapat membuat rumah kamu sejuk, juga dapat membuat keluarga kamu sehat.


8. Pasang Kipas Angin Gantung Di Tengah Ruangan

menggunakan kipas gantung untuk membuat rumah menjadi sejuk tanpa ac
Photo by Helen Shi

Dan yang terakhir adalah menggunakan kipas angin gantung, cara ini terbukti efektif karena kipas ini dapat menjangkau hampir seluruh ruangan dengan baik. Jadi kamu tidak perlu menggunakan kipas angin berdiri yang memakan tempat lagi di rumah kamu.


Itulah beberapa trik yang bisa kamu terapkan di rumah kamu untuk mengatasi cuaca panas. Penggunaan AC memang masih menjadi favorit bagi kebanyakan orang Indonesia, karena kepraktisannya. Namun selain menambah pengeluaran kamu setiap bulannya, penggunaan AC terlalu sering juga bisa merusak lingkungan kita loh karena freon yang digunakan di AC. Jadi jika kamu ingin merawat bumi, kurangi penggunaan AC yang terlalu berlebihan ya.


Artikel terbaru

Kategori lainnya