Tips Mudah Membuat Rumah Kamu Tetap Hangat Di Musim Hujan

Apakah kamu sudah siap menghadapi cuaca dingin sepanjang hari di musim hujan? Untuk membuat rumah tetap hangat di saat musim hujan, kamu bisa menerapkan beberapa cara mudah nih di rumah kamu. Penasaran? Simak yuk pembahasannya di bawah!

tips membuat suhu dalam rumah tetap hangat saat musim hujan datang
Photo by Anna Atkins on Unsplash

Musim hujan diperkirakan akan segera datang di antara bulan September sampai bulan November nih. Di saat cuaca seperti ini banyak dari kita yang suka bersantai dan rebahan di rumah. Tapi terkadang udara dingin dan lembap yang memasuki rumah membuat kamu menajadi menggigil dan tidak bisa tidur dengan nyenyak.


Hmm lalu gimana ya caranya agar rumah tetap terasa hangat dan nyaman saat musim hujan datang? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, Homeplan sudah menyiapkan beberapa cara khusus untuk kamu nih agar kualitas tidur dan bersantai di rumah menjadi semakin berkualitas lagi. Daripada terlalu lama basa-basinya, langsung aja yuk simak di bawah cara-caranya!


1. Gunakan Tirai Dan Gorden Tebal

menggunakan tirai dan gorden tebal untuk membuat ruangan lebih hangat
Photo by Eduard Militaru on Unsplash

Menggunakan tirai dan gorden tebal merupakan cara pertama yang bisa kamu lakukan saat musim hujan datang. Cara ini cukup mudah dan tidak perlu memakan banyak biaya sehingga bisa kamu lakukan kapan saja. Nah dengan cara ini udara dingin dari luar akan terhalang lebih baik karena ketebalan gorden dan tirai yang mampu menahan udara dingin tetap di luar dan udara hangat tetap di dalam ruangan.


2. Gunakan Karpet Berbulu

menggunakan karpet berbulu tebal untuk menahan udara dingin dari lantai rumah
Photo by Tincho Franco on Unsplash

Lantai merupakan salah satu bagian rumah yang bisa membuat suhu di bagian dalam rumah kamu menjadi dingin. Nah salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggelar karpet di lantai rumah. Kamu bisa menggunakan karpet tebal yang berbulu agar hangat yang dihasilkan semakin maksimal dan memberikan kenyamanan saat kamu sedang berjalan.


3. Pakai Lampu Bohlam

menggunakan lampu bohlam agar ruangan tetap terasa hangat
Photo by Patrick Tomasso on Unsplash

Salah satu kelebihan bohlam yang banyak dimanfaatkan adalah suhu tinggi yang dihasilkan. Nah kamu juga bisa memanfaatkan suhu panas tersebut untuk menghangatkan ruangan di rumah kamu nih. Selain suhu warna sedikit kekuningan dari lampu bohlam juga dapat memberikan suasana hangat di rumah loh. Jadi tidak hanya sekedar suhu yang hangat namun suasana pun terasa begitu hangat dengan menggunakan lampu bohlam.


4. Gunakan Bed Cover

menggunakan bed cover untuk membuat kasur tetap hangat dan nyaman
Photo by Anna Sullivan on Unsplash

Bed cover berfungsi untuk menghindari kasur dari debu, namun bed cover juga bisa membuat suhu di kasur kamu menjadi hangat loh. Selain itu kamu juga bisa menjadikan bed cover sebagai selimut tambahan saat sedang tidur.


5. Tutup Celah Pada Ruangan

menutup celah pada ruangan agar udara dingin tidak mudah masuk
Source: Dekoruma

Celah pada ruangan yang terhubung langsung dengan bagian luar rumah tentu bisa membuat suhu dingin masuk ke dalam rumah menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, kamu bisa menutup celah yang terlihat saat musim hujan tiba. Selain itu cara ini juga dapat menjaga agar kelembapan di dalam rumah kamu tidak terlalu tinggi.


6. Balikkan Kipas Angin

balikkan kipas angin untuk mendapat udara hangat dari belakang kipas angin
Photo by Ava Sol on Unsplash

Mungkin kamu bingung mengapa harus menggunakan kipas angin saat cuaca sedang dingin. Namun penggunaan kipas angin disini tidak seperti yang kamu bayangkan kok. Cara ini cukup sederhana, kamu bisa menggunakan kipas angin dengan mengarah ke bagian lain di ruangan kamu. Sehingga bagian belakang kipas angin yang hangat dapat mengarah ke arah tubuh kamu. Sederhana bukan?


7. Gunakan Selimut Berbahan Katun

menggunakan selimut berbahan katun untuk menjaga suhu hangat
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Dan yang terakhir cara termudah untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan tiba adalah dengan menggunakan selimut tebal berbahan katun. Cara ini terbukti dapat menjaga suhu tetap hangat dan kamu pun akan lebih nyaman saat tidur karena bahan katun yang dapat menahan udara dingin dari luar masuk ke bagian dalam.


Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan saat musim hujan akan segera datang. Meskipun sederhana kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal loh! Ga percaya? Langsung aja dicoba di kamar kamu sekarang yuk!


Sebelum ditutup, Homeplan mau ngasih info nih buat kamu kalau Homeplan sekarang sudah tersedia di App Store dan Play Store loh! Jadi kamu bisa mencari inspirasi desain rumah yang cocok untuk kamu langsung dari aplikasi, mudah banget kan! Selain itu kamu juga bisa langsung memesan jasa arsitek yang berkualitas dari Homeplan. Penasaran gimana caranya? Yuk download aplikasi Homeplan disini sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya