Tips Menerapkan Desain Interior Bergaya Korea Untuk Rumah Kamu

Diperbarui: 25 Jun 2021

Setiap negara pada umumnya memiliki ciri khas gaya arsitektur dan desain interiornya tersendiri. Salah satu negara yang memiliki gaya desain interior yang khas adalah negara Korea. Penggabungan antara tradisi dan gaya hidup masa kini membuat ciri khas bangunan negara Korea menjadi menarik untuk dijadikan sebagai inspirasi.

desain interior bergaya korea
Photo by Sanga Park

Bagi kamu penggemar drama Korea atau K-Pop sudah tidak asing lagi dengan gaya desain interior rumah Korea. Tampilan rumah modern yang minimalis sering kali dapat ditemui di beberapa serial drama Korea. Desain interior tersebut seringkali membuat para pecinta Korea terinspirasi untuk menerapkannya di rumah.


Nah karena tingginya minat masyarakat pada budaya dan tradisi Korea, kali ini Homeplan mau membahas tentang desain interior bergaya Korea nih. Jika kamu mau mencoba menerapkan gaya desain interior Korea di rumah kamu, langsung aja nih simak beberapa tips dan cara untuk kamu terapkan di rumah kamu.


1. Pencahayaan Yang Baik

menggunakan pencahayaan yang baik adalah ciri khas rumah bergaya korea
Photo by Aaron Huber

Hampir setiap rumah di Korea sangat mementingkan pencahayaan di dalam ruangan. Pencahayaan yang digunakan pun biasanya menggunakan warna yang lembut sehingga tidak menyilaukan dan tetap enak dipandang.


Kamu bisa mencoba menerapkan ciri khas ini di rumah kamu. Gunakan lampu pada setiap sudut ruangan yang terasa kurang pencahayaan, dan jangan lupa gunakan warna pencahayaan yang lembut ya seperti warna warm light.


2. Konsep Open Space

konsep open space adalah ciri khas rumah bergaya korea
Photo by Francesca Tosolini

Jika kamu perhatikan, hampir setiap rumah di Korea memiliki konsep open space. Kamu juga bisa menerapkan konsep ini di rumah kamu, hindari sekat yang memisahkan antar ruangan di rumah kamu. Dengan konsep ini, rumah kamu akan terasa lebih luas dan memberikan kehangatan pada rumah.


3. Tema Minimalis

tema minimalis adalah ciri khas rumah bergaya korea
Photo by Rahul Chakraborty

Mungkin kamu sudah tau jika tema minimalis sangat banyak digunakan di rumah di Korea. Atau bahkan kamu juga sudah menerapkan tema ini di rumah kamu karena terinspirasi dari drama Korea.


Tema ini memang saat ini sedang cukup populer, tidak hanya di Korea saja tapi hampir di seluruh dunia. Tema yang menggunakan konsep kesederhanaan dan bersih pada ruangan sangat cocok untuk diterapkan terutama di daerah perkotaan.


4. Menggunakan Bahan Kayu

menggunakan bahan kayu adalah ciri khas rumah bergaya korea
Photo by Michael Browning

Penggunaan bahan kayu memang cukup umum digunakan di Korea. Selain arsitektur rumah, furnitur yang digunakan pun biasanya didominasi oleh bahan kayu. Tapi kayu yang digunakan di rumah Korea biasanya berwarna cerah dengan nuansa yang lembut. Jika kamu tertarik untuk mengikuti ciri khas ini, pastikan gunakan kayu berwarna cerah ya!


5. Warna Netral dan Lembut

menggunakan warna netral dan lembut adalah ciri khas rumah bergaya korea
Photo by Minh Pham

Warna putih, abu-abu, dan coklat muda, adalah perpaduan warna yang sangat umum ditemukan di rumah Korea. Warna-warna ini terkesan lembut dan tidak berlebihan. Kombinasi warna ini juga sangat mendukung jika kamu menggunakan tema minimalis pada rumah.


6. Memaksimalkan Cahaya Alami

memaksimalkan cahaya alami adalah ciri khas rumah bergaya korea
Photo by Cat Han

Jendela yang besar yang mengarah ke matahari terbit akan membuat pencahayaan alami di rumah semakin maksimal. Inilah yang banyak digunakan rumah di Korea untuk memaksimalkan cahaya alami.


Selain pencahayaan, ciri khas ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan penghematan energi. Karena cahaya matahari pagi terbukti dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Selain itu kamu juga dapat menghemat energi listrik di rumah karena tidak perlu menggunakan banyak lampu saat pagi dan siang hari.


7. Furnitur Multifungsi