Tips Memilih Meja Kerja Yang Tepat Agar Lebih Produktif

Bekerja secara produktif bukanlah hal yang mudah diwujudkan apabila kita bekerja di tempat yang kurang nyaman. Oleh karena itu memiliki peralatan mumpuni untuk menunjang pekerjaan merupakan hal yang penting, seperti meja kerja. Lalu bagaimana sih cara memilih meja kerja yang tepat? Yuk simak pembahasannya di bawah!

cara memilih meja kerja agar dapat meningkatkan produktivitas
Photo by Roman Bozhko on Unsplash

Meja kerja dengan desain yang tepat dan sesuai dengan selera kita tentu dapat membuat bekerja menjadi lebih menyenangkan. Selain itu jika spesifikasi meja sesuai dengan ukuran badan, tentu tidak akan membuat badan terasa pegal karena bekerja. Sehingga kamu pun dapat lebih produktif karena merasa nyaman sepanjang hari.


Lalu bagaimana sih cara memilih meja kerja yang tepat untuk kita? Hmm untuk tahu lebih detailnya langsung aja yuk kita simak pembahasan detailnya di bawah ini!


1. Sesuaikan Ukuran Meja

sesuaikan ukuran meja dengan ukuran ruangan dan ukuran tubuh agar terasa nyaman
Photo by Paige Cody on Unsplash

Hal utama yang perlu kamu pertimbangkan saat ingin membeli meja kerja adalah ukuran dari meja tersebut. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran tubuh, ukuran ruangan, dan barang-barang yang akan diletakkan di atas meja kerja. Jangan sampai meja kerja yang kamu beli tidak sesuai dengan ketiga hal tersebut karena akan membuatmu tidak nyaman dan menurunkan produktivitas.


2. Sesuaikan Dengan Tema Ruangan

menyesuaikan model dan motif meja dengan ruangan agar tetap menarik
Photo by SCREEN POST on Unsplash

Agar ruangan tetap terlihat menarik dan serasi dengan isinya, kamu harus memilih model dan desain meja yang tepat. Jika ruang kerja kamu menggunakan konsep minimalis modern, pilihlah meja simpel dengan model modern agar tetap serasi dengan ruangan. Cara ini tentu dapat membuat kamu lebih nyaman dan tetap fokus saat bekerja.


3. Pilih Meja Dengan Kualitas Terbaik

pilih meja kerja dengan kualitas yang baik agar tidak boros karena cepat rusak
Photo by Nathan Riley on Unsplash

Siapa sih yang mau meja kerja di rumahnya cepat rusak karena kualitas meja kerja yang dibeli buruk. Nah agar hal tersebut tidak terjadi, kamu harus dapat memilih meja kerja dengan kualitas bahan yang baik. Untuk mengetahuinya kamu bisa mengecek semua bagian meja, apakah ada bagian meja yang retak atau berlubang, mengecek laci pada meja, dan sebagainya.


4. Sesuaikan Dengan Fungsi Pekerjaan

sesuaikan meja kerja dengan kebutuhan pekerjaan agar tidak mengurangi produktivitas
Photo by Green Chameleon on Unsplash

Salah satu faktor penting yang terkadang dilupakan adalah menyesuaikan meja dengan fungsi kerja kamu. Sebagai contoh, kamu merupakan programmer atau editor yang membutuhkan banyak monitor di meja kerja kamu. Maka pilihlah meja dengan ukuran yang cukup luas untuk menempatkan monitor.


5. Pilih Meja Dengan Fitur Yang Bermanfaat

memilih meja kerja yang multifungsi agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan
Photo by Alexandru Acea on Unsplash

Saat ini sudah banyak meja yang memilih fitur tambahan untuk memudahkan kamu dan menghemat tempat kerja. Sebagai contoh kamu membutuhkan rak buku pada meja kerja agar dapat membaca lebih mudah saat bekerja. Atau kamu membutuhkan meja yang dapat diatur ketinggiannya agar lebih nyaman saat sedang bekerja.


6. Sesuaikan Dengan Budget

menyesuaikan harga meja kerja dengan budget yang kamu punya
Photo by Vadim Sherbakov on Unsplash

Kemudian kamu tetap harus menyesuaikan harga meja dengan budget yang kamu miliki. Jangan terlalu menghemat karena hal tersebut justru akan mengurangi kualitas meja kerja dan membuatnya menjadi tidak awet. Kamu juga tidak boleh terlalu memaksakan membeli meja kerja yang terlalu mahal dan tidak sesuai dengan budget. Pilihlah meja dengan harga yang masuk akal bagi keuangan kamu saat ini.


7. Meminta Bantuan Kepada Pembuat Meja Custom

bertanya langsung kepada ahlinya agar tidak salah pilih dan sesuai dengan ruangan
Photo by Amy Hirschi on Unsplash

Dan yang terakhir adalah meminta bantuan langsung kepada pembuat meja custom. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang tidak mau ribet dalam mencari model meja yang sesuai. Kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan desainer interior agar dapat memaksimalkan desain ruang kerja kamu. Selain itu desainer interior juga biasanya akan membantu kamu mendapatkan vendor pembuat meja custom yang sudah terpercaya.


Nah itulah beberapa cara mudah dalam menentukan dan memilih meja kerja agar produktivitas kamu semakin meningkat. Selain meningkatkan produktivitas, meja kerja dengan desain yang menarik dan sesuai dengna tema ruangan juga dapat membuat tampilan ruang kerja kamu semakin menarik loh. Jadi gimana kamu udah memilih meja kerja yang tepat belum di ruang kerja kamu?


Jika kamu ingin membuat ruang kerja sekaligus meja kerja yang menarik dan sesuai dengan selera kamu, coba deh pakai Homeplan. Dengan Homeplan kamu bisa mencari desain rumah yang dibuat oleh arsitek-arsitek ternama asal Indonesia. Dan kamu pun bisa langsung memesan jasanya untuk mewujudkan rumah impian kamu! Keren kan, yuk download sekarang disini!

Artikel terbaru

Kategori lainnya