Tips Memilih Material Bangunan Yang Berkualitas

Diperbarui: 25 Jun 2021

Kamu berencana membangun atau merenovasi rumah dalam waktu dekat? Namun sebelum itu, kamu harus bisa memilih material bangunan yang tepat loh. Selain agar kamu mendapatkan material yang berkualitas kamu juga bisa menghemat anggaran kamu jika bisa memilih material bangunan yang tepat.

cara memilih material bangunan dengan tepat
Photo by Jan Huber

Terkadang karena kita tidak mau ambil pusing dalam memilih material kita memilih untuk menyerahkan semuanya kepada mandor. Hal ini sebenarnya tidak salah, namun kamu juga harus memeriksa kembali bagaimana kualitas dari material yang dibeli. Jangan sampai kamu tidak mengetahui material seperti apa yang digunakan untuk rumah kamu.


Nah agar kamu bisa mengetahui material seperti apa yang perlu kamu beli, kali ini Homeplan ingin memberikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat memilih material bangunan dengan tepat. Yuk langsung aja disimak!


Mengamati Fisik Dari Material Bangunan

mengecek fisik dari material bangunan untuk menentukan kualitas
Photo by welcomia

Hal yang paling mudah untuk dilakukan dan tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga adalah mengamati material bangunan tersebut. Meskipun terkesan simpel dan kurang meyakinkan, terkadang kondisi fisik dari sebuah material justru sangat menentukan kualitas dari material bangunan tersebut loh.


Kamu bisa melihat secara teliti dari warna, tekstur, dan berat dari material tersebut. Sebagai contoh, kamu ingin mengecek kualitas pasir yang bagus dengan menggenggamnya di tangan kamu, jika pasir tersebut menggumpal berarti pasir tersebut kurang berkualitas. Hal ini dikarenakan banyaknya campuran lain yang terkandung di pasir tersebut.


Tes Kekuatan Material Bangunan

mengetes kekuatan dari material bangunan untuk menentukan kualitas
Photo by welcomia

Selain mengamati, kamu juga bisa melakukan tes sederhana yaitu dengan mengetes kekuatan dari material bangunan yang ingin dibeli. Dengan tes ini kamu bisa mengetahui tingkat kualitas dari suatu material bangunan. Karena biasanya jika kekuatannya semakin bagus maka material tersebut bisa bertahan lama untuk digunakan sebagai material di rumah kamu. Rumah kamu pun akan awet jika menggunakan material dengan kekuatan yang baik.


Jika kamu ingin mencoba mengetes kekuatan material kamu cukup melakukan hal sederhana seperti mengetuk material bangunan tersebut. Sebagai contoh kamu ingin mengetes batu bata atau batako yang ingin kamu beli. Kamu bisa mengetes kekuatannya dengan memukulnya ke besi, jika suaranya nyaring dapat dipastikan batu bata tersebut memiliki kekuatan yang bagus.


Mengecek Merk Material

mengecek merk dari material bangunan untuk menentukan kualitas
Photo by Nejron

Merk dari suatu material bangunan juga sangat mempengaruhi kualitas dari material tersebut. Pasalnya merk ternama pasti tidak ingin kualitas produknya buruk dan biasanya pabrik dari material dengan merk ternama sudah memiliki Quality Control yang pastinya sesuai dengan standar. Jadi kamu tidak perlu ragu jika ingin memilih material dengan merk yang sudah terkenal.


Tapi kamu juga harus berhati-hati ya saat membeli material bermerk, karena saat ini sudah banyak orang yang memalsukan produk dari merk ternama. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengecek harganya apakah normal atau tidak. Jangan mudah tergiur dengan barang dengan harga murah dan tidak masuk akal.


Bertanya Ke Toko Bangunan Atau Profesional

konsultasi material bangunan untuk menentukan kualitas
Photo by LuckyImages

"Bukanlah sebuah pertanyaan konyol jika kamu tidak dapat menjawabnya" -Jostein Gaarder.

Jangan malu untuk bertanya ke orang-orang yang memang memiliki pengalaman di bidangnya. Saran dari orang yang berpengalaman terkadang lebih penting dibanding dengan hasil yang kamu temukan di internet.


Oleh karena itu, kamu bisa bertanya langsung ke toko bangunan yang menjual material tersebut atau jika kamu kurang mempercayainya kamu bisa bertanya kepada teman yang bekerja di bidang konstruksi. Jika kamu tidak memiliki teman dengan pengalaman di bidang konstruksi kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan profesional seperti kontraktor.


Saat ini ada aplikasi bernama Homeplan yang bisa kamu gunakan sebagai tempat berkonsultasi dengan profesional. Selain tentang konstruksi, kamu juga bisa bertanya mengenai desain rumah, furnitur, dan apapun yang terkait dengan rumah. Menarik bukan? Langsung saja download aplikasinya di smartphone kamu!