Tips Memilih Gorden Untuk Rumah Minimalis Kamu

Diperbarui: 25 Jun 2021

Untuk membuat rumah tampak cantik dan elegan kamu bisa menambahkan dekorasi gorden di rumah minimalis kamu. Nah untuk memaksimalkan tampilan gorden di rumah, kamu harus tau cara memilih gorden yang tepat dan sesuai dengan konsep di rumah kamu.

tips memilih gorden rumah minimalis yang tepat untuk mempercantik rumah
Photo by Jon Tyson

Selain memberikan keindahan di rumah, gorden juga memiliki peranan yang cukup penting loh. Gorden bisa memberikan kesan yang mewah dan luas untuk rumah kamu, dan yang terpenting adalah gorden bisa menjaga keamanan dan privasi di dalam rumah kamu. Karena pentingnya fungsi gorden di dalam rumah, kali ini Homeplan akan membahas cara untuk memilih gorden yang tepat untuk rumah minimalis kamu. Langsung aja yuk disimak!


1. Sesuaikan Dengan Ukuran Jendela

memilih gorden dengan menyesuaikan ukuran jendela di rumah
Photo by Petter Rudwall

Sebelum memilih gorden, kamu harus mengukur jendela di rumah kamu agar gorden tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar. Jangan sampai kamu membeli gorden yang ukurannya berbeda jauh dari jendela yang akan kamu tutupi, hal ini justru akan membuat tampilan gorden menjadi aneh. Kamu boleh menggunakan gorden yang lebih besar daripada ukuran jendela untuk memberikan kesan luas di rumah kamu, namun jangan terlalu berlebihan. Namun jangan sampai kamu menggunakan gorden yang lebih kecil daripada ukuran jendela, karena akan terlihat percuma.


2. Sesuaikan Warna Gorden

memilih gorden dengan menyesuaikan warna gorden
Photo by lifeforstock

Warna gorden menjadi salah satu faktor utama yang membuat gorden cocok dengan ruangan kamu. Gunakan warna yang sesuai dengan warna furnitur agar lebih matching. Selain itu kamu juga bisa menggunakan warna lain seperti putih, coklat muda, gold, ataupun silver. Warna-warna tersebut akan memberikan kesan mewah pada rumah kamu.


3. Memilih Model Gorden

memilih gorden dengan menyesuaikan model gorden di rumah
Photo by Polly Wreford

Ada beberapa macam model gorden yang bisa kamu pilih untuk digunakan di rumah kamu. Namun untuk memilihnya kamu harus menyesuaikannya dengan rumah minimalis kamu. Pilihlah model yang sederhana agar tidak memberikan kesan yang berlebihan yang dapat menghilangkan kesan minimalisdi rumah kamu. Model gorden grommet atau ripple fold bisa kamu jadikan sebagai pilihan utama untuk rumah minimalis kamu.


4. Sesuaikan Motif Gorden

memilih gorden dengan menyesuaikan motif gorden untuk rumah
Photo by peoplecreations

Motif dan corak untuk gorden sudah cukup banyak yang bisa kamu pilih saat ini. Untuk membuat dinding rumah kamu yang polos menjadi tidak terlalu monoton, kamu bisa menggunakan motif gorden yang sesuai dengan selera kamu. Namun jika dinding rumah kamu sudah ditempeli wallpaper bermotif sebaiknya kamu gunakan gorden polos saja agar kesan minimalis di rumah kamu tetap terlihat.


5. Pilih Bahan Yang Tepat

memilih gorden dengan menyesuaikan bahan gorden untuk rumah
Photo by Christopher Martyn

Ada beberapa bahan kain yang bisa kamu pilih untuk gorden. Bahan gorden yang sering dijadikan pilihan adalah bahan katun, dimout, satin, blackout, dan chenille. Untuk memilihnya kamu harus menyesuaikannya dengan kondisi rumah kamu. Sebagai contoh, jika rumah kamu menghadap ke matahari, kamu bisa menggunakan bahan blackout untuk menghalau suhu yang panas ke dalam rumah kamu. Namun jika kaca jendela kamu sudah cukup untuk menghalaunya, gunakanlah gorden dengan bahan yang tipis seperti katun.


6. Pilih Pengait Gorden Yang Sesuai

memilih gorden dengan menyesuaikan pengait gorden untuk rumah
Source: Bobrick

Selain gorden, kamu juga bisa memilih pengait untuk gorden kamu agar memaksimalkan penampilan dari gorden kamu loh. Ada beberapa pengait gorden seperti track, smoke ring, tab top, dan ring. Jangan lupa setiap gorden di rumah kamu harus memiliki pengait yang sama ya agar terlihat lebih konsisten dan minimalis.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat kamu memilih gorden di rumah kamu. Rumah kamu akan tampak lebih cantik dan indah jika kamu dapat memilih gorden yang tepat. Jika kamu masih bingung terkait pemilihan gorden untuk rumah, cobalah untuk bertanya langsung kepada pihak Homeplan. Kamu bisa melakukan konsultasi apa saja terkait desain di dalam rumah kamu. Yuk langsung download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya