Tips Memilih Furnitur Yang Tepat Untuk Rumah Minimalis Kamu

Diperbarui: 25 Jun 2021

Memilih furnitur bukanlah perkara yang mudah. Kamu harus mengerti dan menyesuaikan furnitur dengan tema desain interior rumah kamu. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan ukuran furnitur yang ingin kamu beli agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

furnitur yang tepat untuk rumah minimalis
Photo by Nathan Fertig

Tanpa kehadiran furnitur, ruangan akan terasa kosong dan kurang menarik. Selain itu, furnitur juga memiliki fungsi penting di dalam suatu ruangan. Sehingga jika furnitur di dalam ruangan kamu terbatas, banyak mobilitas yang akan terganggu. Bahkan furnitur yang memiliki nama yang sama terkadang memiliki fungsi yang berbeda. Seperti meja belajar dan coffee table, keduanya merupakan meja namun fungsinya cukup jauh berbeda.


Karena banyaknya fungsi dan kebutuhan yang diperlukan di dalam rumah, kamu harus pintar pintar memilih furnitur. Selain selera, kamu juga harus mempertimbangkan faktor lain seperti fungsi, kebutuhan, serta kecocokan dengan tema rumah kamu. Jangan sampai kamu salah memilih furnitur dan berdampak ke tampilan dan estetika rumah kamu ya.


Oleh karena banyaknya hal yang perlu diperhatikan tersebut, Homeplan telah merangkum beberapa tips penting yang bisa kamu terapkan untuk memilih furnitur yang tepat. Yuk langsung aja simak tips penting yang Homeplan sudah sajikan dengan baik untuk kamu di bawah ya!


1. Tentukan Kebutuhan Dan Furnitur Yang Cocok

tips pertama adalah menentukan kebutuhan dan furnitur yang cocok
Photo by Di_An_h

Sebelum membeli furnitur pastikan dulu apa yang kamu butuhkan. Misal kamu sedang kekurangan tempat untuk menyimpan buku-buku kamu yang sudah menumpuk. Atau kamu sedang membutuhkan tempat untuk melakukan pekerjaan di kamar kamu. Catat kebutuhan tersebut kemudian tentukan furnitur yang dapat kamu gunakan untuk memenuhinya.


Hal ini dilakukan agar kamu tidak salah membeli furnitur dan tidak menyia-nyiakan uang kamu. Selain itu, hal ini juga membuat kamu dapat mengestimasi harga yang kamu butuhkan untuk membeli furnitur.


2. Tentukan Peletakkan Furnitur

tips kedua adalah menentukan peletakkan furnitur
Photo by Alexandra Gorn

Setelah menentukan furnitur yang ingin kamu beli, kamu harus mengetahui di mana tempat yang tepat untuk meletakkan furnitur. Jangan sampai kamu salah menentukan ruangan yang ingin kamu jadikan sebagai tempat furnitur.


Sebagai contoh, kamu membutuhkan rak buku untuk kamar tidur kamu. Dengan menentukan tempat peletakkan furnitur, kamu pasti dapat membayangkan bentuk dan motif seperti apa yang cocok dengan ruangan tersebut.


3. Ukur Ruangan Yang Ingin Kamu Jadikan Sebagai Tempat Furnitur

tips ketiga adalah mengukur ruangan tempat furnitur diletakkan
Photo by Pickawood

Kamu harus mengukur ruangan tempat furnitur yang ingin kamu letakkan. Jika perlu kamu dapat membuat sketsa sederhana dari ruangan tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan ukuran saat membeli furnitur. Kamu juga bisa melakukan konsultasi secara mudah dengan pegawai di toko furnitur jika memiliki spesifikasi ruangan kamu.


4. Pilih Furnitur Yang Berkualitas

tips keempat adalah pilih furnitur yang berkualitas
Photo by Toa Heftiba

Hal ini terkadang seringkali dilupakan oleh pemilik rumah dan malah mengutamakan furnitur dengan harga murah. Padahal kualitas furnitur adalah hal utama yang harus kamu pertimbangkan.


Coba bayangkan jika kamu membeli lemari baju berukuran besar dengan harga murah namun kualitasnya tidak terjamin. Setelah 3 tahun lemari tersebut sudah keropos dan dimakan rayap. Hal ini tentu sangat menyebalkan bukan? Selain membuat kamu harus mengeluarkan uang lagi, kamu juga harus menggunakan waktu kamu untuk mengurusi masalah lemari baju ini.


Oleh karena itu, kamu harus lebih mengutamakan kualitas furnitur dibandingkan harganya. Untuk menentukan kualitas kamu bisa melakukan analisis sederhana seperti bertanya bahan apa yang digunakan, pembuat furnitur, hingga merk dari furnitur yang ingin kamu beli.


5. Pilih Furnitur Yang Cocok Dengan Tema Ruangan

tips kelima adalah memilih furnitur yang cocok dengan tema ruangan
Photo by Bench Accounting

Fungsionalitas dari sebuah furnitur memang sangat penting dan harus diperhatikan. Namun kamu juga tidak boleh melupakan sisi estetika dari furnitur yang ingin kamu beli. Kecocokan motif dan warna dengan tema ruangan adalah hal utama yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai ruangan kamu menjadi terlihat kurang menarik karena salah dalam memilih furnitur ya!