Tips Memilih Dan Membeli Ruko Agar Usaha Kamu Sukses!

Membeli ruko adalah salah satu cara yang biasa digunakan untuk membuka usaha agar rumah dan tempat usaha berada di satu tempat. Lalu gimana sih cara memilih ruko yang tepat agar usaha yang kamu jalankan bisa laku dan sukses? Nah kali ini Homeplan ingin membahasnya untuk kamu nih, yuk disimak!

cara memilih dan membeli ruko yang tepat agar usaha kamu sukses
Photo by rigel on Unsplash

Saat ini ruko menjadi properti yang cukup populer dan banyak diminati oleh semua kalangan mulai dari kaum muda hingga yang lebih tua. Hal ini disebabkan karena ruko cukup efektif dan efisien untuk membuka usaha sekaligus sebagai tempat tinggal. Selain itu, saat ini banyak orang yang ingin membuka usaha sehingga permintaan ruko pun meningkat.


Namun sebagai seorang pengusaha baru yang masih belum tahu cara memilih ruko yang tepat tentu kamu akan sedikit kesulitan. Karena masalah itulah Homeplan ingin membantu kamu agar tidak salah memilih ruko yang sesuai agar usaha kamu pun bisa sukses. Daripada terlalu lama langsung aja yuk kita simak pembahasan lengkapnya di bawah!


1. Lokasi Strategis

lokasi ruko strategis dapat membantu bisnis kamu dikenal orang
Image by akdonchampi from Pixabay

Salah satu faktor utama yang harus kamu pertimbangkan saat memilih ruko adalah lokasinya. Sebagai tempat untuk membuka usaha tentu lokasi ruko harus strategis dan banyak diketahui banyak orang. Dengan begitu usaha kamu pun lebih mudah ditemukan dan tidak sulit dijangkau.


2. Pilih Ruko Dengan Harga Sesuai

pilihlah ruko dengan harga yang sesuai dengan kemampuan
Photo by Joshua Tsu on Unsplash

Ruko merupakan properti yang memiliki harga cukup tinggi apalagi jika kamu membelinya di daerah yang padat dan strategis. Karena itu biasanya banyak orang rela mengeluarkan banyak uang untuk menyewa atau membeli ruko. Padahal kamu tetap bisa membuat bisnis kamu sukses tanpa perlu memilih ruko dengan harga yang mahal. Pilihlah ruko dengan harga yang sesuai dengan kemampuan dan bisnis yang kamu jalankan.


3. Perhatikan Keamanan

perhatikan keamanan area ruko yang ingin kamu pilih
Source: Pinterest

Setiap orang pasti tidak mau lokasi ruko yang dibeli atau disewa terdapat banyak kejahatan seperti pencurian. Untuk itu pastikan terlebih dahulu komplek ruko tersebut apakah ada fasilitas keamanan yang memadai atau tidak. Mulai dari ada atau tidaknya satpam hingga integrasi kamera CCTV pada area ruko.


4. Cek Fasilitas Ruko dan Daerah Sekitarnya

pastikan ruko memiliki fasilitas yang memadai agar pelanggan dan kamu nyaman
Source: Pinterest

Berbagai fasilitas yang ditawarkan ruko biasanya bisa menjadi nilai tambah untuk menyukseskan bisnis kamu. Mulai dari fasilitas parkir modern, kamera CCTV, hingga akses jalan di area ruko tersebut. Ketahuilah hal tersebut agar kamu bisa lebih mengenal dan memprediksi pelanggan seperti apa yang suka berkunjung ke daerah tersebut.


5. Cek Lahan Parkir Area Ruko

cek lahan parkir yang tersedia pada area ruko agar pelanggan lebih nyaman
Source: Pinterest

Lahan parkir adalah elemen penting yang wajib hadir di area ruko. Karena ruko adalah tempat usaha yang memungkinkan banyaknya pengunjung datang ke tempat usaha kamu. Oleh karena itu pastikan lahan parkir cukup luas dan aman.


6. Pastikan Bangunan Sesuai dengan Kebutuhan Usaha

pastikan tipe bangunan sesuai dengan kebutuhan jenis usaha
Photo by rigel on Unsplash

Masih banyak pemilik usaha yang salah memilih bangunan ruko dalam membuat usahanya. Bangunan dengan desain klasik dan instagrammable tentu lebih cocok dijadikan sebagi tempat usaha rumah makan atau cafe. Jangan membuat usaha toko bangunan di ruko dengan bangunan bertipe demikian karena akan membuat orang tidak sadar akan kehadiran toko kamu dan merasa aneh.


7. Akses dan Infrastruktur

pastikan area ruko memiliki akses dan infrastruktur yang baik
Source: Pinterest

Ruko yang berada di pinggir jalan raya yang dilewati banyak orang merupakan ruko yang cukup direkomendasikan. Karena selain banyaknya orang yang melewati daerah tersebut, akses jalan untuk mengunjungi ruko juga lebih mudah dan nyaman.


8. Spesifikasi Ruko

Cari tahu spesifikasi ruko yang ingin kamu beli atau sewa agar lebih jelas
Source: Pinterest

Sama seperti saat kamu memilih rumah, saat memilih ruko kamu juga harus mengetahui spesifikasi ruko yang ditawarkan. Mulai dari luas bangunan, jumlah lantai, hingga denah ruko tersebut. Dengan mengetahui spesifikasi ruko tentu kamu akan lebih mudah menilai apakah ruko tersebut recommended atau tidak.


9. Legalitas

pastikan dokumen legal di ruko yang kamu pilih lengkap
Photo by Romain Dancre on Unsplash

Dan yang terakhir yang tidak boleh kamu lewatkan adalah legalitas dari ruko tersebut. Mintalah kelengkapan dokumen legal dari developer ruko ataupun pemilik sebelumnya. Jika tidak ada maka lebih baik kamu tidak menyewa atau membeli ruko tersebut karena akan beresiko jika ruko dibangun di atas lahan sengketa.


Nah itulah beberapa hal penting yang harus kamu pertimbangkan saat ingin memilih dan membeli ruko sebagai tempat usaha. Jika semua hal tersebut bisa terpenuhi, usaha yang kamu rintis pun akan lebih mudah untuk sukses. Bagaimana apa kamu sudah memiliki rencana untuk membeli ruko? Tulis di kolom komentar ya!


Nah bagi kamu yang ingin membuat desain interior tampak cantik dan bikin pengunjung betah kamu bisa benget nih pake jasa Homeplan. Cukup download Homeplan di smartphone kamu dan temukan desain paling tepat untuk desain ruko kamu. Dan wujudkan desain interior ruko idaman kamu sekarang, yuk download Homeplan disini!

Artikel terbaru

Kategori lainnya