Tips Membuat Kolam Renang Pribadi Di Rumah, Ga Harus Mahal Kok!

Kamu tertarik untuk membuat kolam renang pribadi di rumah? Sebelum memutuskan untuk membuatnya kamu harus membaca terlebih dahulu cara membuat kolam renang di rumah tanpa mengeluarkan banyak biaya pada artikel berikut nih!

tips membuat kolam renang minimalis dengan biaya murah di rumah pribadi
Photo by thanhhoa tran from Pexels

Berenang adalah salah satu olahraga yang cukup diminati karena dapat menyejukkan tubuh di saat cuaca panas. Apalagi bagi kita yang tinggal di negara tropis, tentu akan sangat menyegarkan berenang di siang hari. Namun terkadang banyak orang yang tidak punya waktu untuk berenang di kolam renang umum. Oleh karena itu membuat kolam renang pribadi di rumah adalah pilihan yang tepat.


Meskipun terkesan harus mengeluarkan biaya yang besar, ternyata kamu bisa kok meminimalisir biaya tersebut. Lalu gimana sih caranya agar membuat kolam renang pribadi tidak terlalu memakan biaya yang besar? Daripada kamu penasaran langsung saja simak ulasannya di bawah ya!


1. Tentukan Ukuran Kolam Renang

saat membuat kolam renang kamu harus menentukan ukuran kolam terlebih dahulu
Photo by Taryn Elliott from Pexels

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menentukan ukuran kolam renang yang ingin dibuat. Kamu bisa menggunakan ukuran minimalis 6x2 meter jika lahan di rumah kamu terbatas. Cara ini juga bisa menghemat biaya yang harus kamu keluarkan karena ukuran kolam yang tidak terlalu besar dan konsumsi listrik dan air pun menjadi lebih hemat.


2. Tentukan Kedalaman Kolam Renang

kedalaman kolam renang yang tepat dapat menghemat biaya dan menyesuaikan dengan kebutuhan
Photo by Kindel Media from Pexels

Membuat kedalaman kolam renang yang tidak terlalu dalam juga bisa menghemat biaya yang harus kamu keluarkan. Kamu juga bisa menggunakan trik dengan membuat kedalaman kolam tidak sama, cara ini cocok untuk mendapatkan kedalaman yang berbeda di kolam namun tetap hemat biaya.


Jika di rumah kamu ada anak kecil yang suka berenang pastikan kedalaman kolam tidak terlalu dalam ya agar kolam aman bagi semua penghuni rumah. Gunakan kedalaman maksimal 1.5 meter pada kolam di rumah.


3. Pilih Sistem Sirkulasi Air Kolam

pilih sistem sirkulasi air yang tepat pada kolam renang agar dapat menghemat biaya
Source: Shutterstock

Sistem sirkulasi air kolam dibagi menjadi dua yaitu sistem skimmer dan sistem overflow, sistem sirkulasi kolam renang ini harus kamu pilih dengan tepat agar tidak terjadi pemborosan atau kerusakan dini. Untuk kolam renang minimalis kamu bisa menggunakan sistem skimmer karena akan memudahkan kamu merawat kolam renang. Penyaring air pada sistem ini dapat membersihkan air secara otomatis sehingga kamu tidak perlu menguras dan mengganti air kolam dengan yang baru. Selain itu sistem ini juga tidak memerlukan kanal tambahan pada pinggir kolam sehingga dapat menghemat tempat.


4. Pilih Pelapis Internal Kolam Renang

tentukan material penutup kolam renang seperti keramik
Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels

Pelapis internal kolam yang paling umum digunakan adalah bahan keramik. Karena keramik merupakan material yang cukup kuat dan tahan terhadap air, selain itu harganya pun tidak terlalu mahal sehingga bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Dan keramik juga dapat memberikan kesan yang bersih dan cantik.


5. Pilih Desain Yang Simpel

pilih desain kolam yang simpel seperti bentuk persegi
Photo by Kindel Media from Pexels

Memilih desain simpel seperti bentuk persegi adalah salah satu cara yang bisa diterapkan jika kamu ingin menghemat pengeluaran saat membuat kolam renang. Selain itu bentuk yang simpel juga lebih mudah untuk disesuaikan penempatannya di rumah kamu.


6. Rapatkan Sisi Kolam Dengan Dinding

buat salah satu sisi kolam renang rapat dengan dinding luar rumah