Tips Membuat Kamar Tidur Di Loteng Agar Nyaman Dan Tidak Panas

Kamu tertarik untuk membuat kamar tidur di loteng rumah? Tapi bingung harus mulai dari mana karena takut tidak nyaman dan kamar menjadi sangat panas? Tenang, kali ini Homeplan akan membahas beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat ingin membuat kamar tidur di loteng, yuk disimak!

tips membuat kamar di loteng agar tetap aman, nyaman, dan tidak panas
Source: Pinterest

Rumah yang kecil terkadang membuat penghuninya menjadi tidak nyaman, apalagi penghuni dari rumah tersebut cukup banyak. Tentu ini akan membuat kamu merasa tidak betah saat berada di rumah bukan. Nah hal tersebut biasanya membuat penghuni rumah menjadi terpikirkan untuk melakukan renovasi dan menambah lantai di rumah. Namun sebelum memutuskan untuk merenovasi rumah lebih baik kamu pikirkan lebih matang lagi deh apakah renovasi rumah untuk menambah lantai memang hal yang tepat?


Karena selain menambah lantai rumah kamu bisa menggunakan banyak cara agar rumah kamu kembali terasa luas. Salah satu caranya adalah dengan membuat kamar tambahan di loteng rumah. Cara ini tentu tidak memakan terlalu banyak biaya jika dibandingkan dengan menambah lantai rumah. Namun ternyata membuat kamar di loteng tidak semudah yang dibayangkan loh! Kamu harus tahu tips agar kamar tidak terasa panas dan nyaman saat ditempati, penasaran bagaimana caranya? Yuk cek pembahasannya di bawah!


1. Tentukan Ukuran Kamar Loteng

tentukan ukuran ruangan sebelum membangun kamar loteng
Photo by Andrea Rugg

Sebelum membuatnya, kamu harus menentukan dulu nih ukuran yang pas untuk kamar loteng kamu. Tidak perlu khawatir jika luas kamar tidak terlalu besar karena ketinggian yang ideal dibuat pada kamar loteng adalah sekitar 2.5 meter. Selain itu dengan menentukan ukuran kamar loteng kamu juga bisa mengestimasikan secara kasar berapa kira kira biaya yang dibutuhkan.


2. Buat Ventilasi Udara Dengan Baik

pastikan ventilasi dan pencahayaan di kamar loteng dibuat sebaik mungkin
Photo by Bulgac

Hal yang cukup penting untuk diperhatikan adalah ventilasi udara di kamar loteng. Seperti yang kita tahu, loteng adalah tempat yang panas dan terasa tidak begitu nyaman. Oleh karena itu, kamu harus bisa membuat ventilasi di kamar loteng menjadi sebaik mungkin agar kamar tidak terasa pengap dan panas. Selain ventilasi kamu juga bisa menggunakan tanaman hias pada kamar loteng sebagai penyaring udara dan dapat membuat kamu rileks saat berada di kamar loteng.


3. Pilih Warna Cat Yang Tepat

pilihlah warna cat yang tepat agar kamar loteng tidak terlihat kotor dan gelap
Photo by Andrea Rugg

Untuk membuat kamar loteng kamu harus memperhatikan banyak hal dengan teliti. Salah satunya adalah warna cat yang ingin digunakan. Warna cat yang paling cocok untuk menghiasi kamar loteng adalah warna cerah seperti putih, krem, dan coklat muda. Hindari menggunakan warna cat gelap sebagai warna utamanya karena dapat memberikan kesan sempit dan kotor. Selain itu warna gelap di kamar loteng juga bisa membuat ruangan terasa panas. Jika kamu ingin menggunakan warna gelap, gunakan sebagai aksen ruangan untuk mempercantik saja.


4. Tata Furnitur Sebaik Mungkin

rapihkan dan tata furnitur dengan baik agar ruangan tidak terasa sempit
Photo by John Keeble

Karena ukuran ruangan yang terbatas, kamu harus bisa menata furnitur dengan baik dan tidak memakan tempat. Letakkan furnitur-furnitur penting saja seperti ranjang dan lemari yang tidak terlalu besar. Kamu juga harus mengukur ukuran furnitur tersebut agar bisa muat ke dalam kamar loteng ya.


5. Pilih Material Bangunan Yang Tepat

pilih material bangunan dengan tepat agar ruangan kuat dan tidak panas
Photo by nurulanga

Saat membangun kamar loteng pastikan kamu tidak menggunakan material-material yang dapat menyerap panas seperti baja ringan atau asbes. Kayu adalah material paling favorit yang bisa kamu gunakan saat ingin membangun kamar loteng. Selain karena sifatnya yang tahan panas, kayu juga cukup kuat untuk menahan beban dan dapat memberikan kesan natural pada ruangan.


6. Pastikan Pencahayaan Dibuat Maksimal

buat pencahayaan dalam ruangan semaksimal mungkin
Photo by chuckcollier

Kemudian untuk menghindari stigma negatif tentang loteng yang gelap dan menyeramkan, kamu harus bisa membuat pencahayaan di kamar loteng menjadi semaksimal mungkin. Buatlah jendela pada atap agar kamu bisa memanfaatkan cahaya alami saat siang hari. Namun jangan lupa untuk menggunakan tirai atau gorden pada jendela tersebut ya agar ruangan kamu tidak terlalu panas saat matahari sedang begitu terik.


7. Buat Jarak Antara Plafon Dengan Genteng