Tips Membuat Desain Ruang Bermain Anak Yang Aman Dan Seru

Anak kamu sudah bertumbuh besar dan butuh tempat bermain yang seru dan aman di dalam rumah? Tidak perlu khawatir, simak pembahasan di artikel di bawah ya agar kamu bisa membuat anak bermain dengan aman dan seru!

tips membuat desain ruang bermain anak yang aman dan menyenangkan
Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Bermain adalah salah satu aktivitas anak yang harus dilakukan agar proses pertumbuhan anak dapat berjalan dengan baik. Nah salah satu cara untuk membuat anak bisa terus bermain meskipun saat ini ada pembatasan dari pemerintah karena pandemi adalah dengan membuat ruang bermain di dalam rumah. Namun tentu bagi kita yang tidak begitu mengerti dengan desain pasti akan bingung saat ingin membuat desain ruang bermain untuk anak.


Karena itu kali ini Homeplan ingin membantu kamu untuk mendapatkan inspirasi dan memahami cara membuat desain ruang bermain yang aman dan seru untuk anak. Dengan adanya ruang bermain di rumah anak kamu pun pasti akan lebih senang dan betah berada di rumah. Daripada berlama-lama langsung aja yuk kita simak pembahasannya di bawah!


1. Tentukan Letak Ruangan

menentukan letak ruangan yang tepat bagi anak agar anak lebih mudah berkreasi
Source: mustikaland.co.id

Sebelum memutuskan untuk membuat ruang bermain untuk anak kamu harus menentukan terlebih dahulu letak yang tepat di rumah kamu nih. Pilihlah tempat yang aman dan jauh dari bagian rumah yang bisa membahayakan si kecil. Selain itu kamu juga bisa membuat beberapa zona di rumah seperti zona vertikal, zona lantai, dan zona sudut untuk memaksimalkan pengalaman bermain anak.


2. Pilih Material Yang Aman

pilih material yang tepat dan aman untuk anak di ruang bermain
Photo by Yan Krukov from Pexels

Material pada ruang bermain anak harus kamu buat seaman mungkin agar anak bisa lebih leluasa dan kamu pun bisa lebih tenang. Material seperti pelapis dinding khusus anak, material karet pada furnitur, atau material plastik yang empuk dan lembut. Kamu juga bisa menggunakan karpet atau alas dari karet pada ruang bermain anak.


3. Gunakan Furnitur Khusus Anak

gunakan furnitur yang ramah anak agar anak lebih aman saat bermain
Photo by Tatiana Syrikova from Pexels

Furnitur pada ruang bermain anak juga harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan juga desain yang tepat. Pilihlah furnitur yang ramah bagi si kecil dan terbuat dari material yang tidak membahayakan kesehatan anak. Selain itu kamu juga bisa memilih furnitur dengan desain yang lucu sehingga anak menjadi lebih senang dan nyaman berada di ruang bermainnya.


4. Buat Pencahayaan Dan Ventilasi Sebaik Mungkin

buat pencahayaan dan ventilasi udara sebaik mungkin agar anak tetap sehat
Photo by Artem Podrez from Pexels

Agar ruang bermain tetap sejuk dan sehat kamu harus memperhatikan ventilasi udara dan juga pencahayaan yang sesuai dengan anak. Ventilasi udara harus dibuat sebaik mungkin, kamu bisa menggunakan exhaust fan ataupun jendela pada ruang bermain. Selain itu pencahayaan bisa kamu dapatkan dari cahaya alami saat siang hari.


5. Perbanyak Tempat Penyimpanan

perbanyak tempat penyimpanan untuk mainannya di ruang bermain
Photo by Kindel Media from Pexels

Ruang bermain pastinya harus memiliki banyak tempat penyimpanan untuk menyimpan semua mainan yang dimiliki si kecil. Pilihlah rak yang tidak begitu tinggi agar anak lebih mudah menjangkaunya. Pastikan juga tempat penyimpanan dibuat seaman mungkin tanpa adanya bagian tajam ataupun kemungkinan rak tersebut dapat terjatuh.


6. Berikan Ruang Berekspresi

memberikan ruang berekspresi pada anak agar anak lebih nyaman
Photo by Heide Benser

Ruang berekspresi seperti dinding untuk menggambar bisa kamu terapkan pada ruang bermain anak. Oleh karena itu sebaiknya kamu menggunakan cat dinding yang bisa dibersihkan dengan mudah jika ada noda yang menempel. Saat ini sudah banyak cat dinding dengan keunggulan tersebut, ja