Tips Membangun Rumah Agar Tahan Gempa Dan Tidak Mudah Rusak

Diperbarui: 23 Agu 2021

Mencegah lebih baik daripada memperbaiki, kutipan tersebut sangat cocok diterapkan pada rumah kamu. Pasalnya Indonesia adalah negara yang cukup rawan terkena gempa bumi, dan masuk ke dalam area cincin api. Hal inilah yang menyebabkan kamu harus bersiap sebelum gempa kembali terjadi.

tips membangun rumah tahan gempa
Photo by Bernard Hermant

Untuk itu, sebagai warga yang menempati daerah rawan gempa, kita harus membangun tempat tinggal yang tahan gempa. Struktur rumah dan konstruksi yang tepat adalah kunci agar rumah kamu bisa lebih tahan terhadap goncangan gempa. Jika kita bisa menerapkan hal tersebut, kerugian yang akan dihasilkan karena gempa pun bisa diminimalisir.


Lalu bagaimana cara yang tepat agar rumah kamu bisa lebih tahan terhadap gempa? Nah di artikel ini, Homeplan akan memberikan tips yang bisa kamu terapkan saat sedang membangun rumah. Langsung aja yuk disimak!


1. Perhatikan Kualitas Tanah

kualitas tanah yang baik akan membuat rumah tahan gempa
Photo by Ryan Riggins

Tanah yang rata dan stabil adalah tanah yang wajib kamu gunakan sebagai dasar dari bangunan rumah kamu berdiri. Di atas tanah yang stabil goncangan yang dihasilkan pun akan semakin sedikit karena kepadatannya yang tinggi. Ciri-ciri tanah yang stabil adalah tanah yang keras, padat, dan merata. Tanah yang padat akan membuat kerusakan rumah menjadi semakin sedikit dan kamu memiliki waktu lebih untuk lari keluar rumah.


2. Pastikan Rumah Kamu Simetris

rumah bentuk simetris akan membuat rumah tahan gempa
Photo by ONI Studio

Menurut pakar dan ahli teknik sipil, bangunan yang simetris lebih tahan terhadap goncangan akibat gempa. Bentuk simetris akan memberikan penyebaran goncangan lebih merata sehingga rumah menjadi lebih tahan. Jadi sebaiknya kamu membuat rumah dengan bentuk yang sederhana saja ya.


3. Perhatikan Bahan Material Yang Digunakan

kualitas material yang baik akan membuat rumah tahan gempa
Photo by jcomp

Bahan material menjadi elemen yang sangat penting bagi kekuatan rumah. Kamu bisa menggunakan material dengan berat yang ringan seperti kayu atau baja ringan agar rumah kamu bisa lebih tahan gempa. Selain itu, dengan bahan yang ringan kesempatan kamu untuk menyelamatkan diri pun akan semakin tinggi. Kamu juga harus memperhatikan kualitas bahan yang digunakan, karena saat ini ada banyak bahan material yang berkualitas buruk dengan harga murah. Oleh karena itu, jangan mudah tergiur harga yang murah ya!


4. Pondasi Bangunan Yang Kuat

pondasi yang kuat akan membuat rumah lebih tahan gempa
Photo by SAMS Solutions

Pondasi adalah bagian rumah yang tersambung langsung dengan tanah dan berfungsi sebagai penyebar beban yang diterima rumah ke tanah. Oleh karena itu, pondasi rumah kamu harus kuat dan sesuai standar ya. Pondasi yang buruk akan membuat rumah kamu lebih mudah roboh saat gempa terjadi di rumah kamu.


Jika kamu tidak begitu memahami mengenai pondasi, kamu bisa bertanya ke profesional yang sudah berpengalaman di bidang konstruksi. Kamu bisa berkonsultasi langsung dengan menggunakan aplikasi Homeplan. Selain itu kamu juga bisa meminta tolong untuk memperhatikan pondasi yang dibuat saat rumah kamu dibangun. Jasa ini juga bisa kamu temukan di aplikasi Homeplan loh. Cobain sekarang yuk!


5. Gunakan Partisi Dari Gipsum

partisi dari gipsum akan membuat rumah lebih tahan gempa
Photo by vanitjan

Bagi kamu yang suka menggunakan partisi di rumah kamu, ada baiknya menggunakan partisi dari gipsum atau bahan ringan lainnya seperti kayu. Dengan menggunakan partisi ini akan meminimalisir kerusakan yang terjadi, karena gipsum tidak sekaku batu bata yang mudah retak dan hancur saat gempa terjadi. Selain itu, gipsum juga memiliki harga yang lebih murah dan mudah untuk memasangnya. Meskipun murah partisi gipsum tidak terlihat murahan sehingga cocok untuk kamu terapkan di rumah kamu.


6. Tetap Gunakan Standar Yang Ada

menggunakan standar yang sesuai akan membuat rumah lebih tahan gempa
Source: Gatra.com

Saat ini banyak orang yang mudah tergiur dengan harga murah, namun bahan bangunan dan struktur yang digunakan tidak sesuai dengan standar yang ada. Salah satu contohnya adalah penggunaan hebel sebagai pengganti dak beton. Hal ini sangat beresiko bagi ketahanan rumah jika kamu menggunakannya. Apalagi jika terjadi gempa, sudah dipastikan rumah kamu akan lebih mudah roboh karena hal ini. Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu mengikuti standar yang sudah ada ya dan jangan mudah tergiur dengan iming-iming lebih murah.


Itulah beberapa tips wajib kamu terapkan di rumah kamu. Selain membuat rumah kamu tahan gempa, menerapkan poin penting di atas juga akan membuat rumah kamu lebih awet.


Jika kamu berencana memperbaiki rumah kamu. agar menjadi lebih tahan terhadap gempa, kamu bisa menggunakan aplikasi Homeplan. Aplikasi ini akan membantu kamu dalam melakukan perencanaan, pembangunan, hingga maintenance rumah kamu. Jadi kamu tidak perlu pusing karena repot mengurus rumah kamu lagi. Yuk coba Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya