Smart Home System - Sistem Teknologi Rumah Masa Depan

Diperbarui: 25 Jun 2021

Sebelum kita memulai bahasan tentang smart home system di Indonesia, mari kita simak terlebih dahulu mengapa teknologi ini terus berkembang dan sedang banyak diminati oleh banyak orang di dunia, terutama di Indonesia.

sistem rumah pintar di indonesia
Photo by Stephan Bechert

Industri properti yang terus berkembang baik dari segi teknologi maupun permintaan seiring berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan perkembangan populasi dunia yang terus meningkat secara eksponensial, sehingga permintaan terhadap perumahan pun ikut meningkat.


Namun belakangan ini penjualan properti sedang menurun karena adanya pandemi COVID-19. Menurut data IPW, penjualan rumah di harga menengah turun hingga sekitar 30%.


Meskipun penjualan properti terus menurun, teknologi penunjang sistem smart home masih terus berkembang. Hal ini karena integrasi sistem ini dapat dilakukan pada rumah yang sudah lama dibangun sekalipun.


Nah, sebelum kita bahas lebih jauh, kamu udah tau belom apa itu smart home? Terus apa sih kelebihan dan kekurangan sistem ini? Dan kenapa sih kita harus memilihnya sebagai teknologi di rumah kita? Homeplan akan membahas tuntas tentang smart home di artikel ini biar kamu ga bingung lagi nih sama sistem ini. Yuk langsung aja disimak.


Apa itu Smart Home System?

sistem rumah pintar yang terkoneksi langsung dengan gawai pemilik rumah
Photo by Stephan Bechert

Smart home system atau sistem rumah pintar merupakan sistem teknologi pada rumah tinggal yang sedang tren saat ini. Sistem ini mengintegrasikan teknologi dengan rumah agar kamu bisa mengontrol rumah dari jarak jauh. Dengan kata lain, kita bisa mengatur dan mengendalikan rumah dengan smartphone atau gawai lainnya menggunakan koneksi internet.


Sistem ini dapat mengatur peralatan yang ada di rumah seperti AC, lampu, TV, dan peralatan rumah lainnya. Sistem ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas sangat padat di luar rumah. Dikarenakan kamu tidak perlu khawatir dan repot-repot untuk kembali ke rumah jika ada yang terlupa seperti lupa mematikan AC.


Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Smart Home System


Meskipun terlihat sangat menarik, teknologi smart home system juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Mari kita simak bahasan tentang kelebihan dan kekurangan sistem rumah pintar pada artikel ini.


Kelebihan Smart Home System

sistem rumah pintar memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah
Photo by Austin Distel

Dengan menggunakan smart home system tentu akan memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi pemilik rumah. Karena kamu tidak perlu khawatir jika ada sesuatu yang terlupa di rumah saat kamu pergi. Selain itu, sistem ini juga bisa memberi notifikasi ke smartphone kamu secara langsung saat ada sesuatu yang terjadi di rumah. Sebagai contoh, saat ada tamu yang menekan bel pintu rumah maka akan ada notifikasi yang muncul di smartphone kamu.


Selain kenyamanan, sistem ini juga memberikan kamu keamanan lebih. Karena kamu bisa mengawasi lingkungan rumah kamu secara langsung dari smartphone kamu. Tentunya kamu juga perlu memasang kamera CCTV yang terintegrasi dengan sistem ini di sekitar rumah kamu ya.


Saat ini pun sudah banyak perusahaan teknologi besar yang mendukung sistem smart home ini seperti Samsung dan Apple. Perusahaan tersebut dengan menghadirkan peralatan IoT (Internet of Things) yang sudah terhubung dengan smartphone kamu. Fitur-fitur yang dihadirkan pun sangat keren dan canggih untuk mendukung sistem ini di rumah kamu. Jika kamu tertarik untuk memahami lebih lanjut kamu bisa cek langsung di website resmi Samsung dan Apple ya.


Selain kecanggihan teknologi yang memudahkan kamu dalam beraktivitas, sistem rumah pintar juga menawarkan hal menarik lainnya loh. Penggunaan sistem ini juga akan membuat pemilik rumah lebih efisien dalam penggunaan energi di rumah. Sehingga kamu pun bisa menghemat kebutuhan energi di rumah. Dengan menghemat pengeluaran energi kamu pun ikut berkontribusi dalam menghijaukan bumi kita tercinta.


Kekurangan Smart Home System

sistem rumah pintar memiliki kekurangannya tersendiri
Photo by Jefferson Santos

Meskipun sistem smart home ini terlihat sangat keren dan canggih, sistem ini tetap memiliki kekurangan. Seperti pepatah yang mengatakan "tak ada gading yang tak retak", sistem ini pun memiliki kekurangannya tersendiri.


Sistem smart home sangat mengandalkan internet untuk aksesibilitasnya. Dengan internet, orang dapat melakukan banyak hal salah satunya adalah aktivitas hacking (peretasan). Jika kita lalai bisa saja sistem di rumah kita diretas oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab. Kemudian pelaku dapat berbuat jahat dengan mengontrol rumah kita dengan sistem yang sudah diretas tersebut.


Kamu tidak mau kan hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, kamu yang ingin memiliki rumah dengan sistem ini harus berhati-hati dengan aktivitas kamu di dunia internet.


Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu harus dapat melindungi sistem rumah pintar yang terpasang di rumah. Kamu dapat melakukannya dengan menggunakan password yang rumit sehingga tidak sulit untuk ditembus, atau menggunakan enkripsi jika ada.