Rekomendasi Tanaman Hias Outdoor Untuk Rumah Kamu

Diperbarui: 25 Jun 2021

Banyak dari kita yang menyukai kegiatan berkebun. Apalagi jika kegiatan ini dilakukan di halaman rumah kita. Rumah kamu juga akan terasa lebih segar dan cantik jika kamu merawatnya dengan baik.

taman rumah dengan berbagai macam tanaman hias outdoor
Photo by Sonnie Hiles

Ditambah jika tanaman hias yang kamu miliki memiliki banyak jenis dengan motif yang beragam. Bunga-bunga dan daun yang indah akan menghiasi rumah kamu. Kamu pasti akan betah deh saat sedang berdiam di rumah.


Apalagi saat sedang di masa pandemi seperti ini kita harus lebih sering berdiam di rumah. Dan kita juga dapat menambah kegiatan dengan merawat tanaman hias di rumah kita. Tapi terkadang kita bingung memilih jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di rumah. Karena banyaknya jenis tanaman outdoor yang bisa kamu jadikan sebagai tanaman hias.


Oleh karena itu, kali ini Homeplan ingin memberikan beberapa rekomendasi tanaman outdoor untuk melengkapi taman di halaman rumah kamu. Biar ga kelamaan, langsung aja yuk kita simak rekomendasi tanaman outdoor yang bisa kamu tanam di rumah kamu.


1. Aglonema

tanaman outdoor cantik untuk di rumah bernama aglonema
Photo by David Clode

Tanaman aglonema atau yang juga dikenal dengan nama sri rejeki adalah tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini mudah untuk dirawat dan tidak mudah layu meski jarang disiram. Oleh karena itu, tanaman hias satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman outdoor di halaman rumah kamu.


Tanaman ini memiliki daun yang cantik dengan warna yang berbeda-beda. Selain itu, aglonema juga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman indoor karena dapat mempercantik ruangan di rumah kamu.


2. Caladium

tanaman outdoor cantik untuk di rumah bernama caladium
Photo by msdnmsdnmsdn

Memiliki nama lain tanaman keladi, tanaman ini banyak diincar oleh pecinta tanaman hias. Bentuknya yang unik dan warnanya yang cantik menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias.


3. Pakis Jepang

tanaman outdoor cantik untuk di rumah bernama pakis jepang
Photo from Fine Gardening

Pakis jepang memiliki warna yang berbeda dari pakis pada umumnya. Berwarna ungu keperakan yang cantik dengan bentuk khas tanaman pakis, menjadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Dan pastinya akan membuat halaman rumah kamu jadi cantik banget nih.


4. Kuping Gajah

tanaman outdoor cantik untuk di rumah bernama kuping gajah
Photo by Mary Pokatova

Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang tanaman ini. Ya kuping gajah memang cukup populer di kalangan pecinta tanaman. Bentuknya yang unik dengan daun lebar menjadikannya banyak ditanam di halaman rumah. Jika kamu ingin menanam tanaman ini sebagai tanaman penghias halaman rumah kamu, pastikan untuk menyiramnya secara rutin dan jangan berlebihan ya!


5. Bayam Hias

tanaman outdoor cantik untuk di rumah bernama bayam hias
Photo from Garden Gate

Meski masih termasuk ke dalam keluarga bayam yang biasa kita makan, bayam hias tidak dapat dijadikan sebagai makanan. Namun, tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di halaman rumah kamu.


6. Bambu Hias

tanaman outdoor cantik untuk di rumah bernama bambu hias
Photo from homify

Rumah kamu terasa panas dan udaranya terasa kotor? Coba deh untuk menanam bambu hias di halaman rumah kamu. Bambu dikenal sebagai tanaman dengan penghasil oksigen terbanyak. Dengan kemampuannya tersebut, bambu hias ini akan sangat cocok untuk kamu yang menyukai tempat yang sejuk dan segar nih.


7. Bunga Kertas (Bougenville)

tanaman outdoor cantik untuk di rumah bernama bunga kertas atau bougenville
Photo by pisauikan

Bunga kertas atau bougenville dapat dengan mudah kita temui di halaman rumah seseorang, atau bahkan di pinggir jalan. Kemampuannya yang dapat bertahan di cuaca ekstrem sekalipun membuat tanaman ini banyak diminati oleh pecinta tanaman hias. Nah, untuk kamu yang baru pertama kali dalam dunia per-tanaman hiasan bunga kertas cocok banget nih untuk kamu tanam di rumah kamu.


8. Bunga Geranium (Tapak Dara)

tanaman outdoor cantik untuk di rumah bernama geranium atau tapak dara
Photo by Mak

Tapak dara atau bunga geranium memiliki tampilan yang cantik karena memiliki warna yang cukup bervariasi. Bunga ini juga sering dijadikan sebagai wewangian, karena aromanya yang enak dihirup. Tanaman ini cocok ditanam di luar ruangan karena dapat beradaptasi dengan baik di tengah suhu panas. Selain itu, tanaman ini juga dikenal dapat mengusir nyamuk loh!


9. Paku Tanduk Rusa

tanaman outdoor cantik untuk di rumah bernama paku tanduk rusa
Photo from flickr.com

Memiliki bentuk daun yang unik seperti tanduk yang menggantung dan bercabang cabang. Tanaman ini biasa kita temui dengan menempel pada tanaman lainnya seperti pada batang pohon. Cocok banget nih untuk kamu yang menyukai tanaman dengan bentuk unik dan tak biasa.


10. Tanaman Canna

tanaman outdoor cantik untuk di rumah bernama canna
Photo from bobvila.com

Tanaman ini tahan terhadap cuaca panas dan hujan, sehingga sangat cocok untuk kamu tanam di halaman rumah kamu. Bentuk daun dari tanaman ini menyerupai daun pohon pisang yang besar dan panjang. Selain itu, canna juga memiliki bunga yang cantik dengan kombinasi warna menawan seperti merah, kuning, dan orange. Kamu cukup menyiram tanaman ini secara rutin dan mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk merawatnya dengan baik.


Itulah beberapa rekomendasi tanaman hias outdoor yang dapat Homeplan berikan untuk kamu. Tanaman hias outdoor cenderung lebih mudah dirawat karena memiliki ketahanan terhadap cuaca yang lebih baik dibanding tanaman hias indoor. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk mendownload aplikasi Homeplan untuk merenovasi rumah kamu dengan mudah!

 

Itulah beberapa tips dan trik yang dapat Homeplan berikan untuk kamu, semoga bahasan kali ini bisa membantu kamu dalam melakukan renovasi rumah ya!

Kalo kamu merasa artikel ini bermanfaat kamu bisa share artikel ini ke teman-teman kamu yang lagi mau renovasi rumah loh, kunjungi juga akun sosial media Homeplan dan jangan lupa untuk download aplikasi Homeplan di smartphone kamu ya!

Artikel terbaru

Kategori lainnya