Perhatikan Hal Berikut Saat Merenovasi Rumah Di Kala Pandemi

Diperbarui: 25 Jun 2021

Merenovasi rumah sudah menjadi suatu kewajiban yang perlu dilakukan secara rutin. Hal ini dilakukan agar rumah kamu bisa tetap awet dan tidak terjadi berbagai masalah yang merepotkan di rumah. Seperti kebocoran, rembes, cat terkelupas, dan lainnya.

renovasi rumah saat pandemi COVID-19 di Indonesia
Source: Insurance Journal

Selain untuk menjaga keawetan bangunan rumah, renovasi juga sering dilakukan agar kamu tidak bosan saat berada di rumah. Apalagi jika saat ini kamu bekerja di rumah karena adanya pandemi COVID-19 yang membuat kamu semakin sering berada di rumah. Tidak ada salahnya jika kamu ingin melakukan renovasi rumah hanya karena bosan dengan desain yang ada saat ini. Karena faktanya permintaan renovasi rumah memang menigkat drastis di kala pandemi berlangsung yakni mencapai 300% sejak awal pandemi berlangsung.


Namun di kala pandemi, kamu juga harus tetap memperhatikan berbagai macam hal seperti kesehatan saat ingin melakukan renovasi rumah. Nah jadi kali ini Homeplan akan membahas apa saja hal yang perlu kamu perhatikan saat merenovasi rumah di kala pandemi. Yuk langsung aja disimak!


1. Protokol Kesehatan

protokol kesehatan di saat pandemi covid 19 adalah hal wajib
Photo by Tai's Captures

Menerapkan protokol kesehatan adalah hal yang paling utama untuk kamu terapkan. Pasalnya saat ini pandemi COVID-19 masih belum berakhir di Indonesia. Gunakan masker dan jaga selalu kebersihan saat kamu ingin mengunjungi lokasi proyek renovasi. Para pekerja juga harus menerapkan protokol kesehatan, agar semua dapat berjalan lancar dan tetap sehat setelah proyek renovasi selesai.


2. Biaya Renovasi

biaya renovasi rumah perlu diperhatikan saat pandemi covid
Photo by Michael Longmire

Biaya renovasi sebenarnya tetap harus kamu perhatikan meskipun tidak sedang dalam masa pandemi. Namun di masa pandemi kamu harus lebih teliti loh dalam menghitung biaya renovasi. Pasalnya saat ini banyak kontraktor yang meningkatkan harganya dikarenakan pandemi COVID-19. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan dana tambahan kan untuk menerapkan protokol kesehatan.


3. Waktu Renovasi

waktu dan jadwal renovasi harus kamu perhatikan saat pandemi covid
Photo by Fredrik Öhlander

Banyak hal yang tidak bisa kamu kontrol di kala pandemi sehingga terkadang jadwal yang sudah kamu buat menjadi berantakan. Kejadian seperti pekerja yang sakit atau toko bangunan yang tutup bisa menjadi salah satu contohnya. Oleh karena itu kamu harus menyiapkan mental kamu saat proses renovasi berlangsung di kala pandemi ya!


4. Pemilihan Jasa Renovasi

pemilihan jasa renovasi rumah harus diperhatikan dengan teliti
Photo by Mark Potterton

Di kala pandemi kamu harus lebih teliti nih dalam memilih jasa renovasi rumah. Sebisa mungkin kamu mencari orang-orang yang mengutamakan kesehatan dan kualitas pekerjaannya. Jangan sampai kamu memilih orang yang tidak peduli dengan kebersihan dan tidak pernah mematuhi protokol kesehatan ya.


Kamu juga bisa menggunakan jasa renovasi berbasis aplikasi seperti Homeplan, sehingga kamu tidak perlu banyak melakukan kontak dengan orang asing. Dengan Homeplan, kamu dapat melakukan konsultasi tanpa bertatap muka sehingga menurunkan persentase penyebaran virus COVID-19. Selain itu, Homeplan juga menyediakan layanan untuk membantu kamu mengestimasi kebutuhan renovasi rumah secara otomatis dan gratis. Selain bisa menjaga kesehatan Homeplan juga bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya.


5. Kejadian Tidak Terduga

kejadian tak terduga yang menghambat renovasi rumah di kala pandemi
Photo by Qijin Xu

Seperti yang kita ketahui banyak kejadia-kejadian tidak terduga di saat pandemi COVID-19 ini. Kamu harus bersiap-siap apabila ada kejadian yang tidak terduga mengganggu proses renovasi rumah di kala pandemi. Beberapa kejadian tidak terduga yang bisa kamu alami seperti kontraktor yang tiba-tiba keluar karena sakit, kebijakan pemerintah dalam hal konstruksi, sampai toko bangunan yang tidak beroperasi karena pandemi bisa menjadi tantangan yang harus kamu hadapi.


Bersabar dan tenang adalah kunci agar kamu bisa menyelesaikan proyek renovasi rumah kamu dengan baik. Jangan sampai kamu terbawa emosi dan membuat renovasi rumah kamu malah semakin berantakan ya.


Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat ingin melakukan renovasi rumah di kala pandemi. Jangan sampai kamu menyepelekan hal-hal di atas ya terutama untuk protokol kesehatan, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat renovasi rumah berlangsung. Meskipun kamu ingin cepat-cepat memiliki rumah dengan tampilan baru, kesehatan tetaplah yang utama ya!


Sekian pembahasan kali ini semoga artikel ini dapat membantu kamu merenovasi rumah dengan lancar. Jangan lupa untuk