Mitos Rumah Paling Populer Di Indonesia Yang Harus Kamu Tahu

Apakah kamu sering mendengar mitos-mitos rumah yang bisa bikin kamu ragu membeli rumah? Nah kali ini Homeplan akan membahas beberapa mitos yang cukup populer di Indonesia, apa aja sih? Yuk disimak pembahasannya!

mitos rumah paling populer di indonesia yang perlu kamu tahu
Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Mitos merupakan suatu cerita yang biasanya sudah diwariskan dari beberapa generasi sebelum kita. Cerita ini pun masih belum dapat dipastikan kebenarannya dan membuat kita bertanya-tanya apakah hal tersebut benar atau tidak. Namun bagi masyarakat Indonesia, mitos masih tumbuh subur hingga saat ini karena masih banyak yang mempercayainya.


Salah satu mitos tentang rumah yang begitu populer adalah mitos tentang rumah tusuk sate yang bisa membawa sial bagi penghuninya. Lalu apakah mitos tersebut benar adanya? Agar kamu lebih paham, yuk kita simak pembahasan mitos lebih lengkap di bawah!


1. Mitos Rumah Tusuk Sate

mitos rumah tusuk sate yang cukup umum di indonesia
Source: tanahnusantara.com

Salah satu mitos paling terkenal di Indonesia yaitu rumah tusuk sate. Rumah tusuk sate adalah rumah yang persis berada di ujung pertigaan atau perempatan jalan. Mitos ini mengatakan penghuni dari rumah tusuk sate akan sering bertengkar karena banyaknya energi negatif yang terkumpul di dalam rumah. Disebutkan juga kesialan akan menimpa penghuni rumah tersebut dan tidak akrab dengan tetangga. Meskipun hal tersebut hanyalah mitos rumah tusuk sate dapat membuat harga rumah menjadi turun karena sedikit peminat.


2. Mitos Rumah Hook

mitos rumah hook di indonesia yang cukup terkenal
Source: Pinterest

Rumah hook adalah rumah yang persis berada di ujung jalan, rumah ini biasanya memiliki luas tanah yang lebih besar dibandingkan rumah lainnya. Rumah hook disebut-sebut dapat menghambat karir penghuninya selain itu penghuni rumah ini juga akan terlibat perselingkuhan karena ada 2 sisi rumah yang menghadap jalan. Namun mitos ini sudah mulai menghilang sehingga harga rumahnya pun tetap tinggi.


3. Mitos Rumah Dengan Nomor 4 dan 13

mitos rumah bernomor 4 dan 13 yang bisa membawa sial
Photo by Egor Myznik on Unsplash

Angka 4 dan 13 merupakan angka sial yang dipercaya oleh banyak orang. Bahkan apartemen dan gedung di Indonesia banyak yang tidak menggunakan angka ini agar bangunan tidak mengalami kesialan. Biasanya untuk mengatasi hal tersebut nomor rumah akan diganti menjadi nomor 3a atau 3b untuk pengganti angka 4 dan 12a atau 12b untuk pengganti angka 13.


4. Mitos Rumah Menghadap Arah Timur

mitos rumah menghadap arah timur yang bisa membuat penghuni sakit sakitan
Photo by Expect Best from Pexels

Sudut hadap rumah terkadang juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi banyak orang. Hal tersebut karena rumah yang menghadap ke arah timur disebut akan membuat penghuninya menjadi sakit-sakitan. Namun jika dipikirkan secara logika penghuni yang sakit-sakitan bisa disebabkan karena tingginya intensitas cahaya matahari yang masuk ke rumah. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa membuat taman yang asri di depan rumah agar rumah tetap sejuk dan sehat.


5. Mitos Rumah Lorong Sempit

mitos rumah dengan luwang mayit atau lorong sempit yang bisa bikin tidak betah
Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Mitos ini berasal dari kepercayaan masyarakat Jawa yang biasa disebut luwang mayit yang artinya liang kubur. Wah serem juga ya! Tapi maksud dari luwang mayit tersebut adalah ruangan atau lorong sempit yang ada di rumah yang menyerupai liang kubur. Disebutkan penghuni tidak akan betah karena adanya hawa panas yang selalu menyelimuti rumah. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa memodifikasi lorong atau ruangan sempit tersebut menjadi tempat yang nyaman dan sejuk.


6. Rumah Dengan Pintu Lurus Sejajar

mitos rumah dengan pintu lurus sejajar yang bisa menghilangkan hoki
Source: Pinterest

Mitos ini menyebutkan kalau kamu membuat pintu depan dan belakang lurus sejajar akan membuat aura positif ya