Mengenal Desain Japandi Yang Lagi Hits, Simak Ciri Khasnya!

Kamu mau membuat desain rumahmu menjadi terlihat berbeda dengan kombinasi antara gaya Eropa dan Asia? Desain japandi adalah jawaban paling tepat untuk permintaan kamu, lalu apa sih desain japandi itu? Dan bagaimana ciri-cirinya? Simak lebih lengkap di bawah ya!

desain japandi yang sedang hits saat ini apa saja ciri cirinya
Photo by DT Design

Secara harafiah, japandi adalah singkatan dari Japanese-Scandinavian. Berdasarkan pada penamaannya desain japandi adalah desain yang menyatukan antara budaya bangsa barat (Eropa) dengan bangsa timur (Asia). Di Jepang dikenal filosofi hidup yang bernama wabi-sabi yang berarti adanya keindahan dan nilai estetika dari suatu hal yang tidak sempurna. Sementara pada Skandinavian dikenal prinsip lagom yang mengutamakan kecukupan dalam aspek kehidupan, tidak kurang tidak lebih. Kedua prinsip tersebut kemudian digabungkan dan lahirlah konsep desain baru bernama japandi.


Kombinasi keduanya membuat desain japandi mengutamakan fungsionalitas, kesederhanaan, dan esensialisme dalam rumah. Ketiga aspek tersebut pun menciptakan desain dengan kesan yang minimalis, luas, bersih, terang, dan natural. Kesan tersebut membuat banyak orang tertarik untuk menerapkan gaya desain japandi di rumahnya. Nah lalu bagaimana ciri-ciri dari desain interior japandi tersebut? Yuk disimak lebih lengkap penjelasannya di bawah!


1. Penggunaan Warna Netral dan Kalem

penggunaan warna netral menjadi ciri khas desain japandi
Source: Pinterest

Sesuai dengan filosofi pada desain bergaya japandi, penggunaan warna netral dan kalem dapat memberikan kesan yang tidak berlebihan. Warna yang cukup umum digunakan pada desain bergaya japandi adalah warna putih, abu-abu, krem, dan coklat muda. Warna putih pada ruangan biasanya menjadi dominasi pada ruangan karena dapat memberikan kesan netral dan minimalis. Sementara warna lainnya digunakan sebagai aksen pada ruangan untuk melengkapi warna dominasi.


2. Konsep Ruang Terbuka

konsep ruang terbuka pada desain japandi yang membuat rumah tampak luas
Source: Pinterest

Dengan konsep ruang terbuka rumah akan terasa begitu luas karena tidak ada sekat yang menghalangi pandangan kita. Selain itu konsep ruang terbuka juga dapat memberikan suasana yang nyaman dan homey karena minimnya pemisahan pada bagian rumah.


3. Penggunaan Material Kayu

material kayu pada desain japandi untuk memberikan aksen khusus pada rumah
Source: Pinterest

Material kayu menjadi salah satu material favorit untuk rumah-rumah di Jepang. Karena desain japandi merupakan penggabungan antara konsep desain Jepang dan Skandinavian, oleh karena itu material kayu menjadi ciri khas tersendiri pada desain japandi. Meski begitu penggunaan material kayu tidak boleh terlalu dominan karena dapat menghilangkan konsep japandi yang ada. Penggunaan material kayu dapat kamu jadikan sebagai aksen yang dapat menghilangkan kesan monoton pada rumah.


4. Tanaman Hias Memberikan Kesan Natural

penggunaan tanaman hias dalam ruangan untuk memberikan kesan sejuk pada desain japandi
Source: Pinterest

Kemudian dengan menggunakan tanaman hias pada rumah, tentunya rumah akan terlihat begitu natural dan alami sesuai dengan konsep japandi. Selain itu dengan adanya tanaman hias udara di dalam rumah kamu pun akan terasa sejuk dan sehat. Selain estetika ternyata desain japandi dapat mendukung kesehatan keluarga di rumah kamu ya!


5. Furnitur Simpel dan Sederhana

furnitur dengan kesan simpel dan sederhana dapat membuat desain japandi semakin kuat
Source: Pinterest

Jika kamu ingin menerapkan konsep japandi di rumah, kamu harus lebih berhati-hati saat memilih furnitur. Pilihlah furnitur dengan kesan yang simpel dan sederhana, tentukan warna yang cocok dengan konsep rumah japandi seperti krem dan putih. Kamu juga harus membatasi penggunaan furnitur, jangan menempatkan terlalu banyak furnitur dalam ruangan karena dapat membuat rumah terasa sempit. Gunakan secukupnya sesuai keperluan dan fungsinyua.


6. Pencahayaan Maksimal

pencahayaan maksimal dapat mendukung desain japandi yang natural
Source: Pinterest

Salah satu ciri khas yang tidak boleh dilewatkan berikutnya adalah pencahayaan pada desain japandi yang begitu maksimal. Dengan pencahayaan yang baik, rumah kamu pun akan terlihat luas dan nyaman. Suasana dalam rumah pun terasa sejuk dan tidak sumpek. Kamu bisa memanfaatkan cahaya alami dari matahari saat pagi hingga sore hari yang masuk ke dalam rumah secara maksimal.


7. Tampilan Dengan Kesan Lembut

desain japandi dengan tampilan lembut yang menenangkan
Source: Pinterest

Dan yang terakhir adalah tampilan lembut pada desain japandi memang cukup khas karena dapat membuat penampilan rumah tampak begitu nyaman ditempati. Untuk menciptakan suasana tersebut kamu bisa menggunakan karpet pada lantai, furnitur seperti sofa yang terkesan lembut dan tidak terlihat kaku. Selain itu pemilihan warna pastel juga dapat mendukung kesan lembut di dalam rumah kamu.


Nah itulah beberapa ciri khas dari desain interior japandi yang saat ini menjadi salah satu desain interior favorit banyak orang. Meskipun minimalis, estetika yang dihadirkan dari gaya desain japandi tetap begitu menarik dan sangat cocok bagi kamu yang tidak suka ruangan dengan kesan monoton. Penambahan kesan natural pun dapat membuat kamu dan keluarga di rumah merasa rileks dan betah di rumah.


Jadi gimana apa kamu tertarik menerapkan desain interior bergaya japandi di rumahmu? Langsung aja gunakan jasa Homeplan untuk mewujudkannya. Homeplan dapat membantu kamu mewujudkan rumah impian dengan konsep japandi yang kamu suka. Karena kami memiliki arsitek dan desainer interior berkualitas untuk kamu, yuk gunakan jasa Homeplan sekarang dengan mendownload aplikasi Homeplan di smartphone kamu disini!

Artikel terbaru

Kategori lainnya