Mengenal Apa Itu Void Rumah Dan Contoh Penerapannya

Void rumah banyak dimanfaatkan pada rumah sebagai bagian untuk menambah pencahayaan alami dan ventilasi udara di rumah. Lalu apa sih sebenarnya void rumah itu? Dan bagaimana contoh penerapannya di rumah? Yuk disimak pembahasannya di bawah!

void rumah berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara di rumah dan lainnya
Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Void rumah, istilah yang tidak begitu umum bagi orang awam dan bisa saja kamu juga masih belum mengetahui apa itu void rumah. Secara singkat void rumah adalah bagian kosong yang terbuka dan terletak di bagian tengah rumah antar 2 lantai. Fungsi dari void rumah secara umum adalah untuk memberikan pencahayaan alami, sirkulasi udara, hingga penambah nilai estetika pada rumah.


Namun selain fungsi-fungsi tersebut masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dengan adanya void rumah ini. Selain itu, penggunaan void rumah juga memiliki banyak bentuk dalam pengaplikasiannya. Nah agar kamu tidak bingung, Homeplan mau memberikan beberapa contoh void rumah nih, langsung aja yuk kita simak!


1. Void Ruang Keluarga Membuatnya Tampak Luas

Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Penggunaan void rumah juga dapat digunakan untuk membuat ruangan tampak luas. Salah satu contohnya adalah void pada ruang keluarga di atas. Dengan adanya void tersebut, ruang keluarga jadi terlihat begitu luas karena efek bagian kosong yang dihasilkan dari void. Dengan begitu berkumpul bersama keluarga pun semakin berkualitas.


2. Void Unik Pada Area Dapur

Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Kemudian kamu bisa membuat void pada area sekitar dapur. Void tersebut membuat bagian dapur menjadi begitu unik karena kamu bisa melihat area yang luas saat sedang melakukan aktivitas dapur.


3. Void Ruang Makan Yang Terasa Sejuk

Source: Pinterest

Kamu ingin membuat ruang makan yang luas dan terasa sejuk? Coba deh gunakan void rumah pada bagian ruang makan kamu. Ruang makan akan terasa begitu luas dan nyaman serta memberikan kesan sejuk karena terhubung langsung dengan taman.


4. Void yang Membuat Rumah Terasa Mewah

Source: Pinterest

Jika kamu suka tampilan modern dan mewah untuk rumah, kamu bisa menggunakan void seperti contoh di atas. Dekorasi lukisan dan kaca dengan ukuran besar membuat rumah kamu semakin terasa megah dan elegan.


5. Void Sebagai Area Taman

Photo by Jooyoung Kim

Void rumah biasanya dihadirkan untuk memberikan cahaya alami pada rumah. Nah cahaya alami tersebut bisa kamu manfaatkan nih untuk menyuburkan taman dalam rumah kamu. Dengan begitu taman pun terasa begitu indah dan menarik.


6. Void Area Dapur yang Luas

Source: Pinterest

Kalau tadi void pada area dapur yang ditampilkan tidak bersinggungan langsung dengan dapur, kali ini void yang dibuat langsung ke area dapur nih. Selain itu tambahan kaca yang berukuran besar membuat dapur tambah terasa mewah dan elegan kan.


7. Void Sederhana Rumah Nuansa Natural

Source: Pinterest

Membuat rumah dengan nuansa natural ternyata bisa kamu maksimalkan dengan adanya void rumah. Ini adalah salah satu contoh yang membuat konsep natural pada rumah tambah terlihat alami dan menyejukkan. Penggunaan material kayu dan kaca yang membuat cahaya alami dapat masuk dengan mudah membuatnya tampak begitu alami.


8. Void Unik Sebagai Halaman Rumah