Macam-Macam Tema Desain Interior Untuk Rumah Kamu

Diperbarui: 4 Mei

Rumah adalah kebutuhan primer bagi manusia. Semua orang butuh tempat untuk berteduh dari panas dan hujan. Rumah juga harus memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Untuk mewujudkan kenyamanan tersebut dibutuhkan desain rumah yang sesuai dengan selera dari pemilik rumah.

tema desan interior rumah yang sesuai dengan selera kamu
Photo by Jason Briscoe

Desain interior merupakan ilmu yang dibutuhkan untuk mendapatkan desain yang sesuai di dalam rumah kamu. Kamu bisa menggunakan jasa desainer interior untuk membuat rumah kamu menjadi semakin menarik. Atau jika kamu tidak memiliki uang berlebih untuk membayar jasa desainer interior kamu bisa mencoba melakukannya sendiri.


Namun melakukan desain di dalam rumah kamu tidak semudah yang kamu bayangkan loh. Kamu perlu tahu tema desain yang sesuai dengan ruangan di dalam rumah kamu. Nah oleh karena itu, kali ini Homeplan akan memberikan beberapa macam tema desain interior yang bisa kamu terapkan di dalam rumah kamu. Langsung aja yuk disimak!


1. Tema Minimalis

tema minimalis adalah tema desain interior yang cocok untuk diterapkan di rumah kamu
Photo by Minh Pham

Saat ini tema minimalis sedang banyak diminati di kalangan masyarakat modern. Hal ini dikarenakan tema ini cenderung simpel dan tidak ribet. Selain itu, kamu bisa menerapkan tema ini di ruangan yang kecil karena tema ini tidak terlalu membutuhkan ruangan yang luas.


2. Tema Modern

tema modern adalah tema desain interior yang cocok untuk diterapkan di rumah kamu
Photo by Robin Van Geenen

Dari namanya pun sudah terlihat jika tema ini cocok untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Tema desain interior ini biasanya didominasi warna monokrom dan terkesan kaku. Bahan-bahan seperti besi dan kaca juga sering digunakan dalam tema desain interior satu ini.


3. Tema Tradisional

tema tradisional adalah tema desain interior yang cocok untuk diterapkan di rumah kamu
Photo by Francisco De Legarreta C.

Jika kamu menyukai hal-hal yang berbau tradisional, tema desain interior satu ini pasti cocok banget untuk kamu. Gunakan material kayu sebagai bahan dasar furnitur dan beberapa bagian di rumah kamu untuk memberikan kesan tradisional yang kuat. Kombinasi warna coklat dan krem juga akan mendukung kesan tersebut.


4. Tema Transisional

tema transisional adalah tema desain interior yang cocok untuk diterapkan di rumah kamu
Photo by Francesca Tosolini

Tema transisional adalah tema desain interior yang menggabungkan antara tema tradisional dan modern. Tema ini akan memberikan kesan unik pada rumah kamu karena pencampuran kedua tema tersebut. Kombinasi seperti warna coklat, hitam, dan putih akan sangat cocok untuk tema ini.


5. Tema Skandinavian

Photo by Jarek Ceborski

Tema skandinavian memiliki ciri khas yang terlihat bersih dan rapi. Tema ini biasanya menggunakan warna putih sebagai warna utamanya, untuk mendukung kesan bersih pada ruangan. Penggunaan kain di atas furnitur seperti sofa dan kursi juga akan menambah kesan bersih dan lembut. Kamu juga dapat menggunakan karpet di ruangan kamu jika ingin memilih tema ini.


6. Tema Kontemporer

tema kontemporer adalah tema desain interior yang cocok untuk diterapkan di rumah kamu
Photo by R ARCHITECTURE

Tema desain interior yang mengutamakan kesederhanaan dan kesan bersih. Tema ini biasanya mengangkat desain ruang terbuka atau open space pada rumah kamu. Selain itu, tema ini juga biasanya memiliki motif bergaris yang simpel dan sederhana.


7. Tema Bohemian

tema bohemian adalah tema desain interior yang cocok untuk diterapkan di rumah kamu
Photo by Nasim Keshmiri

Desain interior untuk kamu yang suka mengekspresikan diri dan memiliki jiwa yang bebas. Banyaknya kombinasi motif dan warna cerah pada ruangan akan memberikan kesan ceria di rumah kamu. Gunakan dekorasi-dekorasi lembut seperti kain pada ruangan kamu untuk memberi kesan hangat.


8. Tema Industrial

tema industrial adalah tema desain interior yang cocok untuk diterapkan di rumah kamu
Photo by Adam Winger

Inspirasi dari tema industrial adalah dari desain interior pabrik atau gudang pada daerah industri. Warna-warna gelap seperti hitam, abu-abu, dan coklat akan sangat cocok jika diterapkan pada tema desain ini. Kebanyakan furnitur dan barang pada tema desain interior ini adalah berbahan dasar besi dan logam lainnya.


9. Tema Coastal

tema coastal adalah tema desain interior yang cocok untuk diterapkan di rumah kamu
Photo by Annie Spratt

Penyuka laut pasti sangat menyukai tema desain coastal. Dengan tema ini kamu akan seperti sedang berada di pantai atau lautan setiap saat. Warna lautan seperti biru, krem, dan putih menjadi warna utama pada tema ini.


10. Tema Vintage

tema vintage adalah tema desain interior yang cocok untuk diterapkan di rumah kamu
Photo by freepik.diller

Banyak yang mengaitkan tema vintage dengan perempuan karena tema ini mengutamakan kesan lembut dan manis. Selain itu dekorasi seperti bunga di ruangan ini juga akan membuat kesan vintage semakin kuat. Warna-warna lembut seperti pink, krem, dan biru mudah sangat cocok untuk dijadikan kombinasi utama desain interior satu ini.


11. Tema Natural

tema natural adalah tema desain interior yang cocok untuk diterapkan di rumah kamu
Photo by Timothy Buck

Seperti namanya, tema natural mengutamakan kesan seperti sedang berada di alam bebas. Ruangan biasanya didekorasi dengan tanaman hias untuk memberikan kesan natural. Selain itu kombinasi warna alam seperti hijau, coklat, dan kuning akan sangat cocok digunakan pada tema ini.

 

Itulah beberapa tips dan inspirasi yang dapat Homeplan berikan untuk kamu, semoga bahasan kali ini bisa membantu kamu dalam melakukan renovasi rumah ya!


Kalo kamu merasa artikel ini bermanfaat kamu bisa share artikel ini ke teman-teman kamu yang lagi mau renovasi rumah loh, kunjungi juga akun sosial media Homeplan dan jangan lupa untuk download aplikasi Homeplan di smartphone kamu ya!


Artikel terbaru

Kategori lainnya