Lebih Baik Membeli Rumah Jadi Atau Membangun Sendiri?

Diperbarui: 25 Jun 2021

Banyak orang yang bermimpi memiliki rumah pribadi, terutama bagi mereka yang akan segera berkeluarga. Memiliki rumah pribadi seringkali menjadi goal utama bagi mereka yang belum memiliki rumah. Namun setelah kamu berencana untuk memiliki rumah, ada hal lain yang harus kamu pikirkan kembali yaitu lebih baik membeli rumah jadi atau membangun sendiri?

lebih pilih bangun rumah sendiri atau beli rumah jadi
Photo by Zac Gudakov

Masih banyak orang yang belum tau apa keuntungan dan kerugian dari kedua pilihan tersebut sehingga terkadang orang bingung dalam menentukan pilihannya. Jika kamu adalah salah satu orang tersebut, keputusan kamu sangatlah tepat dalam membaca artikel ini. Karena kali ini Homeplan akan membantu kamu dalam menentukan kedua pilihan tersebut. Nah langsung aja kita bahas tuntas kedua pilihan tersebut yuk!


Membeli Rumah Jadi

beli rumah jadi untuk hunian pribadi
Photo by Tierra Mallorca

Membeli rumah jadi biasanya dijadikan sebagai pilihan bagi mereka yang tidak ingin repot dan ingin langsung memiliki rumah tanpa menunggu. Berikut kelebihan dan kekurangan dari membeli rumah jadi


Kelebihan


1. Tidak Repot Mengurus Berbagai Macam Dokumen


Dengan membeli rumah jadi, surat dan dokumen yang dibutuhkan sudah terurus semuanya oleh pihak developer atau pemilik rumah sebelumnya. Jadi kamu tidak perlu lagi mengurus untuk membuat dokumen dan surat rumah.


2. Fasilitas Lebih Lengkap


Rumah yang sudah jadi biasanya berada di komplek yang sudah cukup tertata rapi. Berbagai fasilitas umum hingga khusus biasanya sudah tersedia, sehingga kamu tidak perlu pusing mencari fasilitas yang kamu perlukan.


3. Lebih Mudah Memahami Spesifikasi Rumah


Sebelum membeli rumah, biasanya pihak developer akan memberitahu mengenai spesifikasi rumah yang akan kamu beli. Mulai dari luas tanah, luas bangunan, kualitas bangunan, dan sebagainya. Informasi ini cukup penting untuk kamu ketahui agar kamu dapat menentukan furnitur apa saja yang ingin kamu letakkan di rumah kamu.


4. Pembayaran Bisa Dengan KPR


Saat ini sudah banyak pihak bank yang menawarkan KPR kepada nasabahnya. Selain itu, banyak juga pihak developer yang sudah bekerjasama dengan bank untuk mendukung KPR. Sehingga bagi kamu yang ingin lebih cepat memiliki rumah bisa mewujudkannya dengan KPR.


Kekurangan


1. Desain Rumah Tidak Dapat Disesuaikan


Permasalahan yang paling umum ditemui saat kamu membeli rumah jadi adalah, kamu tidak bisa seenaknya mengubah desain rumah yang kamu beli. Apalagi jika kamu membeli rumah dari developer, banyak aturan yang harus kamu patuhi terkait renovasi rumah dan sebagainya. Hal ini terkadang membuat banyak orang yang ingin menggunakan desainnya sendiri menjadi tidak tertarik untuk membeli rumah yang sudah jadi.


2. Harganya Lebih Mahal


Seperti yang kita ketahui semua orang yang berjualan pasti akan mencari keuntungan. Hal inilah yang membuat harga rumah jadi lebih mahal dibandingkan dengan rumah yang dibangun sendiri.


Membangun Rumah

pilihan membangun rumah sendiri untuk hunian pribadi
Photo by Brett Jordan

Membangun rumah sendiri juga cukup banyak diminati, namun biasanya pilihan ini dipilih oleh orang yang sudah memiliki rumah sebelumnya. Kaum milenial cukup jarang yang memilih untuk membangun rumah sendiri, dikarenakan berbagai alasan seperti tidak mau repot dan pusing.


Kelebihan


1. Desain Dapat Disesuaikan Dengan Selera


Membuat rumah dengan desain yang sesuai dengan selera terkadang menjadi kebahagiaan tersendiri bagi banyak orang. Apalagi untuk kamu yang sangat mementingkan desain dan sentuhan seni dalam segala aspek kehidupan. Membangun rumah sendiri menjadi pilihan yang sangat cocok untuk kamu.


2. Harganya Lebih Murah


Jika dihitung, membangun rumah sendiri pasti memiliki harga yang lebih murah. Jadi jika kamu orang yang sangat mementingkan harga, pilihan membangun rumah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.


3. Pembangunan Dapat Menyesuaikan Dengan Budget


Selain lebih murah, kamu juga bisa menyesuaikan budget kamu saat ingin membangun rumah. Hal ini tentu membuat kamu menjadi lebih fleksibel dalam hal budget.


4. Bisa Menentukan Kualitas Rumah Yang Ingin Dibangun


Penentuan kualitas rumah juga kurang lebih sama dengan penyesuaian budget yang kamu miliki. Kamu bisa menentukan kualitas rumah sesuai dengan budget yang sudah kamu tentukan sebelumnya.


Kekurangan


1. Repot Mengurus Pembangunan Rumah


Menentukan desain, kualitas, struktur, tukang bangunan, hingga perijinan menjadi hal yang cukup repot untuk diurus. Namun kamu harus mengurus semua itu jika ingin membangun rumah sendiri. Kamu juga harus benar-benar teliti dalam menentukan kualitas, struktur, dan tukang bangunan. Karena terkadang hasil yang kamu dapatkan belum tentu sesuai dengan ekspektasi.


2. Tidak Dapat Menggunakan KPR


Bagi kamu yang belum memiliki cukup uang namun ingin segera memiliki rumah, sebaiknya jangan memilih untuk membangun rumah sendiri. Hal ini dikarenakan kamu tidak bisa menggunakan fasilitas KPR yang sudah banyak digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya kamu bisa meminjam uang ke bank tanpa menggunakan KPR, namun tentu hal ini akan membuat bunga pinjaman lebih tinggi dibanding dengan bunga KPR.


Nah itulah kelebihan dan kekurangan dari kedua pilihan dalam memiliki rumah pribadi. Kedua pilihan tersebut tidak ada yang salah, karena keputusan ada di tangan kamu. Yang terpenting adalah kamu harus paham dengan kondisimu saat ingin memiliki rumah. Jangan sampai kamu terlilit banyak hutang karena terlalu terburu-buru menentukan pilihan, atau malah pembangunan rumah kamu yang tidak kian selesai karena banyaknya masalah. Jadi apa pilihan kamu?


Download aplikasi Homeplan untuk mendapatkan layanan renovasi rumah dengan mudah. Dengan Homeplan kamu bisa memilih desain interior dan melakukan konsultasi ke profesional secara langsung dengan gratis! Yuk download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya