Lebih Baik Membeli Rumah Atau Apartemen? Simak Penjelasannya!

Memiliki tempat tinggal idaman merupakan mimpi dari setiap orang. Namun mana yang lebih baik membeli rumah atau apartemen sebagai hunian idaman? Simak pembahasannya di bawah ya!

mana yang lebih baik apartemen atau rumah sebagai tempat tinggal
Photo by Antonella Rocco

Tempat tinggal merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi terutama rumah, karena lahan di Indonesia yang terbilang masih cukup banyak. Lalu bagaimana dengan apartemen? Apartemen memiliki fasilitas yang menarik dan biasanya tingkat keamanannya yang cukup baik. Apalagi saat ini sudah banyak apartemen yang dibangun terutama di daerah perkotaan membuat orang bingung dalam memilih.


Agar kamu tidak bingung dalam memilih kedua jenis tempat tinggal tersebut, kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi kelebihan dan kekurangan memilih tinggal di rumah atau apartemen? Simak ulasannya di bawah ya!


Lokasi Dan Harga

lokasi dan harga adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan
Photo by Blake Wheeler

Harga rumah di lokasi yang strategis seperti di pusat Kota Jakarta pastinya lebih mahal dibandingkan dengan harga apartemen di pusat Kota Jakarta. Faktor ini merupakan faktor penting yang harus kamu pertimbangkan, karena lokasi akan mempengaruhi banyak hal seperti harga, mobilitas, dan waktu.


Bagi kamu yang memiliki aktivitas padat di area Jakarta lebih baik memiliki tempat tinggal yang dekat dengan Jakarta. Mobilitas yang lebih mudah dan waktu yang dapat kamu hemat menjadi sangat penting di sini. Jadi apartemen adalah pilihan tepat karena harganya yang lebih murah dibanding rumah di area Jakarta.


Namun bagi kamu yang memiliki cukup banyak waktu luang dan jarang ke daerah Jakarta, lebih baik memilih rumah. Kamu bisa membeli rumah di luar area Jakarta yang harganya terjangkau bahkan bisa lebih terjangkau dari harga apartemen.


Fasilitas

fasilitas adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan
Photo by Paul Szewczyk

Saat ini banyak developer perumahan ataupun apartemen yang berlomba dalam memberikan fasilitas lebih kepada pelanggan. Terutama apartemen, jika dilihat secara umum apartemen memiliki keunggulan karena hampir semua apartemen sudah memiliki fasilitas seperti kolam renang, gym, lapangan olahraga, dan lain sebagainya. Namun saat ini hanya perumahan tertentu saja, terutama perumahan mewah, yang memiliki fasilitas tersebut di dalam komplek perumahannya.


Investasi

investasi adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan
Photo by Tierra Mallorca

Sebagai bentuk investasi, apartemen dan rumah memiliki kelebihannya masing-masing. Kenaikan harga rumah biasanya lebih stabil dan cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Sedangkan harga apartemen mengalami kenaikan yang cepat di awal dan cenderung lambat saat usia apartemen sudah cukup tua. Selain itu, apartemen biasanya lebih mudah untuk disewakan karena lokasinya yang strategis biasanya memiliki banyak peminat. Namun rumah juga bisa kok kamu sewakan dan biasanya yang menyewa rumah akan menyewa dalam waktu yang lebih lama dibandingkan penyewa apartemen.


Kenyamanan

kenyamanan adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan
Photo by Kara Eads

Jika dilihat dari faktor kenyamanan, rumah adalah pilihan yang cukup baik. Karena kamu bisa lebih bebas dalam memodifikasi ruangan di dalam rumah maupun bagian luar rumah. Di rumah pun kamu bisa memiliki banyak aktivitas positif seperti berkebun dan membuat kolam ikan yang sulit dilakukan di apartemen. Selain itu ukuran rumah juga biasanya lebih luas dibandingkan dengan ukuran apartemen.


Keamanan

keamanan adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan
Photo by Scott Webb

Keamanan merupakan faktor penting lainnya yang harus kamu pertimbangkan. Secara umum, keamanan apartemen lebih baik dibandingkan rumah karena pintu masuknya yang terpusat dan setiap lantainya dipenuhi dengan CCTV yang terintegrasi dengan baik. Jadi kamu tidak usah lagi meragukan keamanan di apartemen.


Sedangkan untuk rumah memang terdapat pos keamanan jika kamu membeli rumah di perumahan. Namun daerah perumahan yang luas terkadang menjadi cukup sulit untuk dipantau oleh petugas keamanan. Jika kamu ingin memiliki keamanan ekstra di rumah, tentu kamu harus membayar lebih untuk membeli CCTV di rumah atau memilih perumahan yang memiliki sistem keamanan sangat baik.


Biaya Operasional

biaya operasional adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan
Photo by rupixen.com

Ada berbagai biaya operasional yang harus kamu bayarkan setiap bulannya jika kamu memilih rumah. Seperti biaya kebersihan, keamanan, taman, dan fasilitas lainnya. Dan kamu harus membayar semua itu secara terpisah, tentu ini akan membuat kamu repot setiap bulannya terutama bagi kamu yang cukup sibuk. Namun dari segi harga, biaya operasional di rumah biasanya lebih murah dibandingkan biaya operasional di apartemen. Tapi di apartemen kamu tidak perlu membayarnya satu per satu, kamu cukup membayar semuanya menjadi satu kepada pihak manajemen.


Legalitas

legalitas adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan
Photo by Scott Graham

Keuntungan lainnya dalam memiliki rumah adalah faktor legalitas. Dengan memiliki rumah kamu bisa mendapatkan kepemilikan atas tanah dan bangunan secara bersamaan. Sedangkan jika kamu memiliki apartemen biasanya banyak hal yang tidak bisa kamu miliki seperti tanah. Selain itu, apartemen juga biasanya akan dihancurkan dalam waktu tertentu karena memiliki masa waktu konstruksi.


Apapun pilihan kamu nantinya semua itu akan terbayarkan jika kamu bisa tinggal bahagia bersama orang yang kamu sayangi. Jadi jika sudah memilih jangan pernah menyesal pada pilihanmu, tapi maksimalkan kualitas di dalam tempat tinggalmu. Sekian pembahasan tentang plus minus dari pemilihan tempat tinggal kali ini, semoga artikel dari Homeplan dapat membantu kamu dalam memilih ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Artikel terbaru

Kategori lainnya