Kurangi Pengeluaran Biaya Listrik Rumah Kamu Dengan Cara Berikut

Diperbarui: 25 Jun 2021

Kebutuhan energi listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang yang tinggal di daerah perkotaan bahkan pedesaan. Hampir semua aktivitas saat ini memerlukan listrik termasuk bekerja. Karena banyaknya aktivitas yang memerlukan listrik inilah yang membuat terkadang tagihan listrik menjadi tinggi dan pengeluaran kita pun akan sangat besar setiap bulannya.

cara menghemat pengeluaran biaya listrik di rumah
Photo by Matthew Henry

Selain permasalahan biaya penggunaan energi listrik yang berlebihan ternyata juga menyebabkan dampak lain loh. Salah satunya adalah dampak polusi udara dari hasil pembakaran batu bara di PLTU. Semakin tinggi penggunaan listrik rumah kamu maka semakin tinggi juga polusi udara yang dihasilkan ke lingkungan.


Untuk membantu mengurangi masalah tersebut dan menjaga bumi kita tetap lestari ada baiknya jika kita melakukan penghematan energi listrik yang digunakan di rumah. Nah kali ini Homeplan ingin memberikan beberapa tips untuk kamu agar bisa mengurangi penggunaan energi listrik di rumah kamu nih, langsung aja yuk disimak!


1. Mematikan Perangkat Elektronik Yang Tidak Terpakai

menghemat penggunaan listrik di rumah dengan mematikan perangkat elektronik
Photo by Clint Patterson

Banyak orang yang tidak mematikan alat elektronik saat sudah tidak terpakai di rumah dan mungkin kamu salah satunya. Alat elektronik yang paling sering tidak dimatikan adalah lampu dan charger. Memang terlihat sepele, namun hal tersebut ternyata bisa membuat biaya listrik di rumah kamu meningkat loh. Untuk itu sebaiknya kamu mematikan perangkat elektronik yang sedang tidak digunakan ya.


2. Menggunakan Lampu Hemat Energi

menghemat penggunaan listrik di rumah dengan menggunakan lampu hemat energi
Photo by Federico Bottos

Saat ini sudah banyak lampu hemat energi yang dijual di pasaran, bahkan dengan harga yang murah. Salah satu jenis lampu hemat energi yang paling mudah ditemui adalah lampu LED. Jika kamu ingin menghemat pengeluaran biaya listrik kamu cobalah untuk mengganti lampu neon dan bohlam kamu dengan lampu LED. Pasalnya tidak hanya dayanya saja yang lebih rendah, lampu LED juga jauh lebih terang dibandingkan jenis lampu lainnya. Harganya pun masih cenderung murah loh.


3. Memaksimalkan Pencahayaan Alami Di Rumah

menghemat penggunaan listrik di rumah dengan memasang banyak jendela
Photo by Francesca Tosolini

Selain menggunakan lampu hemat energi kamu juga bisa memanfaatkan cahaya alami di rumah kamu untuk menghemat penggunaan energi listrik loh. Kamu bisa menggunakan banyak jendela di rumah kamu untuk memberi tempat masuk bagi cahaya matahari. Atau kamu juga bisa menggunakan atap transparan agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah kamu. Dengan menggunakan cara ini kamu akan mengurangi penggunaan lampu di saat hari sedang cerah sehingga biaya listrik pun akan berkurang.


4. Bijak Menggunakan Perangkat Elektronik

menghemat penggunaan listrik di rumah dengan bijak menggunakan alat elektronik
Photo by Nathan Van Egmond

Bijak menggunakan perangkat elektronik tidak hanya saat mematikannya di saat tidak terpakai saja loh. Pasalnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan jika berbicara tentang menggunakan perangkat elektronik yang bijak. Contohnya seperti tidak perlu menggunakan pemanas saat menggunakan mesin cuci, sesuaikan suhu kulkas dengan isi kulkas, dan mematikan rice cooker saat nasi sudah matang. Masih banyak lagi cara-cara lain yang bisa kamu gunakan, yang terpenting adalah kamu harus menggunakan perangkat elektronik sesuai kebutuhan ya.


5. Menggunakan Listrik Prabayar

menghemat penggunaan listrik di rumah dengan menggunakan listrik prabayar
Source: detikFinance

Penggunaan listrik prabayar atau token terbukti dapat menghemat pengeluaran untuk kebutuhan listrik rumah. Hal ini karena secara tidak sadar kamu akan menekan diri kamu sendiri untuk menghemat penggunaan listrik di rumah. Karena jika kamu berhemat kamu akan jarang melakukan pengisian token listrik sehingga kamu tidak perlu repot.


6. Menggunakan Sumber Daya Listrik Alternatif

menghemat penggunaan listrik di rumah dengan menggunakan energi listrik alternatif
Photo by Vivint Solar

Sumber daya listrik alternatif seperti panel surya memang masih cukup jarang di Indonesia. Namun bagi kamu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta biasanya sudah memiliki akses lebih mudah dalam menggunakan energi listrik dengan sumber alternatif ini. Jadi jika kamu menemukan perusahaan yang menawarkan pemasangan panel surya di rumah, tidak ada salahnya untuk mencobanya.


7. Menggunakan Alat Pemantau Konsumsi Listrik

menghemat penggunaan listrik di rumah dengan menggunakan monitor konsumsi listrik
Photo by Thomas Kelley

Saat ini sudah banyak peralatan yang bisa membantu kamu dalam memantau konsumsi listrik di rumah kamu. Salah satunya adalah aplikasi Leastric yang bisa memonitor dan memberikan informasi seputar pemakaian listrik di rumah kamu loh. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menghitung biaya kebutuhan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya untuk biaya listrik di rumah.


Nah itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu gunakan untuk menghemat konsumsi listrik rumah kamu. Masih banyak cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menghemat penggunaan listrik rumah kamu, untuk itu kamu harus pintar-pintar nih mencari cara agar biaya listrik rumah kamu tidak terlalu tinggi.


Sekian pembahasan tentang cara menghemat energi listrik di rumah kali ini. Semoga bisa membantu kamu ya, dan jangan lupa untuk share ke teman dan kerabat kamu agar kita bisa sama-sama menjaga bumi kita. Karena kalau bukan kita siapa lagi?

Artikel terbaru

Kategori lainnya