Ketahui 6 Jenis Batu Bata Ini Beserta Fungsi Dan Harganya

Diperbarui: 25 Jun 2021

Hampir semua orang sudah mengetahui apa itu batu bata beserta fungsinya. Ya batu bata adalah batu yang digunakan sebagai struktur dinding rumah untuk memisahkan ruangan di dalam rumah maupun memisahkan rumah yang satu dengan yang lainnya. Mungkin kamu hanya mengenali batu bata dengan ukuran kecil yang berwarna merah, namun saat ini sudah banyak jenis batu bata yang bisa digunakan sebagai pengganti batu bata merah tersebut.

jenis batu bata beserta fungsi dan harganya
Photo by Tim Mossholder

Karena sudah berkembangnya teknologi di dunia konstruksi membuat banyaknya inovasi yang terus bermunculan. Salah satunya adalah batu bata, saat ini sudah ada banyak jenis batu bata yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan.


Nah tapi kamu harus tau dulu nih apa sih kelebihan dan kekurangan dari jenis batu bata lainnya, apa bedanya dengan batu bata merah yang sangat umum ditemui? Kali ini Homeplan akan membahasnya dan memberikan kalian informasi yang harus kamu tau nih jika ingin membangun atau merenovasi rumah. Yuk langsung aja disimak!


1. Batu Bata Merah

batu bata merah salah satu jenis bata yang sangat umum
Source: Bermutu.id

Batu bata merah adalah batu bata yang paling umum ditemui saat ini. Memiliki ciri khas berwarna merah dengan ukuran yang cukup kecil. Batu bata ini dibuat dari tanah liat yang dicetak berbentuk persegi panjang dan dibakar pada suhu tinggi sehingga membuatnya menjadi kering dan keras.


Kelebihan dari batu bata jenis ini adalah rumah kamu akan terasa lebih sejuk dan nyaman. Selain itu, tembok yang dibangun dengan batu bata merah juga cenderung lebih kuat dan tidak mudah retak karena komponen di dalamnya yang lebih rapat dan keras. Dan yang terakhir adalah batu bata merah lebih tahan terhadap api sehingga menjadikan rumah kamu semakin aman apabila terjadi sesuatu di rumah kamu.


Namun penggunaan batu bata merah juga memiliki kekurangannya tersendiri. Penggunaan batu bata merah cenderung lebih mahal dibandingkan batu bata lainnya. Hal ini dikarenakan membutuhkan semen yang lebih banyak dan kamu harus membuat plesteran yang tebal agar tembok rumah kamu bisa rata.


2. Batu Bata Batako

batako menjadi salah satu jenis batu bata yang perlu kamu ketahui
Source: Mesinsakti

Batu bata jenis ini juga saat ini cukup banyak ditemui karena harganya yang cenderung murah. Batu bata batako terbuat dari campuran semen dan pasir yang dipres dan dicetak menjadi berbentuk persegi panjang. Batu bata ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga dapat menghemat biaya semen untuk merekatkannya. Selain itu, berat dari batako juga ringan sehingga cocok untuk digunakan di bangunan tingkat 2 atau lebih.


Kekurangan dari batako adalah memiliki sifat yang menyerap panas sehingga rumah kamu akan terasa lebih panas di saat matahari sedang terik-teriknya. Batako juga cenderung mudah retak karena memiliki rongga di tengahnya sehingga kurang cocok untuk kamu yang ingin memiliki rumah tahan lama.


3. Batu Bata Ringan / Hebel / Celcon

bata ringan adalah inovasi bata yang populer
Source: hargaper.com

Salah satu hasil dari inovasi teknologi konstruksi yaitu batu bata ringan. Batu bata ini sedang banyak diperbincangkan di Indonesia dan banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya. Batu bata ringan atau yang lebih sering disebut hebel ini terbuat dari campuran pasir kuarsa, semen, kapur, gypsum, air dan almunium pasta dan diproses secara kimiawi sehingga membuatnya menjadi bahan material yang berkualitas.


Kelebihan pada batu bata merah dan batako hampir semuanya dimiliki oleh hebel. Kelebihan tersebut adalah tidak mudah menyerap air, sangat baik dalam menyerap panas sehingga dapat menjadikan rumah lebih sejuk, memiliki kekokohan yang sangat baik, dan beratnya yang ringan. Keren banget ya inovasi yang satu ini, sangat bermanfaat dan bisa membuat rumah kita menjadi tempat yang nyaman sebagai tempat tinggal.


Namun bukan berarti batu bata jenis ini sempurna ya, karena hebel juga masih memiliki beberapa kekurangan yang harus kamu ketahui nih. Untuk merekatkan hebel kamu membutuhkan perekat khusus dengan harga yang lebih mahal dan juga cukup sulit dicari. Selain perekatnya, batu bata hebel juga termasuk material bangunan yang jarang ditemukan di toko-toko bangunan. Jadi jika kamu ingin menggunakan hebel coba riset dulu deh di toko bangunan di sekitar rumah kamu.


4. Batu Bata Beton / Bataton

batu bata beton atau bataton merupakan batu bata yang harus kamu ketahui
Source: Dekoruma.com

Batu bata beton juga merupakan inovasi teknologi konstruksi yang tidak kalah keren loh dengan bata ringan. Batu bata jenis ini terbuat dari beberapa campuran bahan yaitu semen, agregat, pasir, kerikil, air dan bahan khusus lainnya. Ciri khas dari bataton adalah memiliki lubang yang cukup besar di tengahnya yang dapat berfungsi sebagai jalur kabel listrik, pipa air, atau tulang besi.


Kelebihan dari bataton juga mirip seperti bata hebel namun cenderung lebih kuat dan kokoh. Hanya ada satu kekurangan dari material yang satu ini, yaitu harganya yang mahal dan sulit untuk ditemukan. Jadi jika kamu yang ingin menghemat dalam membangun rumah sebaiknya dipikirkan kembali ya jika ingin menggunakan bataton sebagai konstruksi dinding rumah kamu.


5. Batu Bata Berlubang

batu bata berlubang biasa dijadikan sebagai penghias di rumah
Source: depositphotos

Batu bata jenis ini biasanya digunakan sebagai batu bata penghias di rumah. Karena memiliki lubang yang cukup besar di tengahnya membuat batu bata jenis ini bisa memberikan kesan estetik di rumah kamu. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkannya agar cahaya matahari dari luar bisa masuk lebih mudah ke rumah kamu.


6. Batu Bata Custom

batu bata custom atau purpose made untuk keperluan khusus
Source: Dekoruma.com

Dari namanya saja sudah terlihat jika batu bata jenis ini memiliki bentuk yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya batu bata custom digunakan untuk menciptakan bangunan dengan bentuk rumit seperti melingkar. Batu bata ini dibuat dengan kekuatan yang dapat menahan goncangan dan getaran pada rumah, karena biasanya batu bata ini ditempatkan di tempat-tempat yang tidak simetris. Batu bata custom juga tidak mudah untuk didapatkan loh karena biasanya kamu harus memesannya terlebih dahulu dari pabrik material.


Jadi itulah 6 jenis batu bata beserta fungsi dan harganya, setiap jenis batu bata memiliki harga dan kualitas yang berbeda jadi kamu harus bisa menentukannya dengan tepat ya. Nah sekian artikel Homeplan kali ini, semoga pembahasan ini bisa membantu kamu dalam melakukan renovasi rumah ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Untuk kamu yang masih bingung mau menentukan batu bata jenis apa untuk pembangunan rumah kamu, coba gunakan aplikasi Homeplan. Di sini kamu bisa melakukan konsultasi langsung melalui smartphone kamu tentang konstruksi rumah loh. Konsultasi dilakukan dengan profesional yang sudah berpengalaman di bidang konstruksi, jadi tunggu apa lagi yuk download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya