Kesalahan Umum Saat Mendekorasi Rumah Yang Tidak Kamu Sadari

Mendekorasi rumah bukanlah perkara yang mudah, namun banyak dari kita yang masih meremehkan pekerjaan satu ini. Kamu pasti pernah melakukan kesalahan umum dalam mendekorasi ruangan tanpa disadari. Lalu apa saja kesalahan tersebut? Simak penjelasannya di bawah!

kesalahan umum saat mendekorasi rumah yang jarang disadari
Photo by Behzad Ghaffarian

Melakukan dekorasi dalam rumah merupakan hal yang harus dilakukan secara rutin agar kamu tidak mudah bosan saat berada di rumah. Apalagi saat ini banyak dari kita yang melakukan pekerjaan dari rumah secara rutin. Selain itu mendekorasi ruangan juga akan membuat desain di dalam ruangan tetap trendy dan up to date. Dengan begitu kamu akan merasa lebih nyaman berada di rumah dalam waktu yang lama.


Namun masih banyak dari kita yang belum memahami cara mendekorasi rumah dengan tepat. Banyak kesalahan umum yang dilakukan tapi kita tidak menyadarinya. Nah agar hal tersebut tidak diulangi oleh kamu, Homeplan akan membahas beberapa kesalahan umum yang sebaiknya kamu hindari saat ingin mendekorasi rumah. Langsung aja simak di bawah pembahasannya ya!

1. Tidak Memperhatikan Pencahayaan

kesalahan umum dalam mendekorasi rumah adalah tidak memperhatikan pencahayaan
Photo by Christian Lambert

Pencahayaan adalah elemen penting yang harus kamu perhatikan pada setiap ruangan. Jangan sampai pencahayaan di dalam rumah kamu terlalu gelap ataupun terlalu terang. Selain itu kamu juga harus menyesuaikan dengan tema ruangan di rumah kamu. Sebagai contoh kamu ingin menggunakan desain rustic di kamar tidur kamu, maka gunakanlah pencahayaan yang bertipe hangat berwarna kekuningan untuk mendukung tema ruangan tersebut.


2. Ukuran Furnitur Yang Tidak Proporsional

kesalahan umum dalam mendekorasi rumah adalah ukuran furnitur yang tidak proporsional
Photo by NeONBRAND

Membeli furnitur ternyata bukan hal yang mudah dan sepele loh. Kamu harus bisa menyesuaikan ukuran furnitur yang ingin kamu beli dengan ukuran ruangan di rumah kamu. Jadi sebisa mungkin untuk mengukur ruangan terlebih dahulu sebelum kamu membeli furnitur ya. Membuat denah ruangan secara detail juga bisa membantu kamu dan penjual furnitur dalam menentukan furnitur yang tepat.


3. Tema Yang Tidak Konsisten

kesalahan umum dalam mendekorasi rumah adalah tema yang tidak konsisten
Photo by Andrea Davis

Memilih tema ruangan yang tepat adalah hal penting yang perlu kamu lakukan sebelum mendekorasi ruangan di rumah kamu. Sebisa mungkin kamu menggunakan tema yang konsisten pada setiap ruangan di rumah kamu agar tidak terasa aneh. Dan pilihlah furnitur dan pajangan yang tepat ya, jangan sampai kamu menggunakan terlalu banyak pajangan artistik di ruangan minimalis kamu.


4. Terlalu Banyak Barang

kesalahan umum dalam mendekorasi rumah adalah terlalu banyak barang
Photo by Annie Spratt

Memiliki terlalu banyak barang merupakan hal buruk yang sebaiknya kamu hindari di rumah kamu. Memiliki terlalu banyak bantal di sofa atau terlalu banyak pajangan di dinding rumah kamu adalah salah satu contoh yang cukup sering ditemui. Hal tersebut akan membuat ruangan terasa sempit dan tidak nyaman. Apalagi jika kamu mengusung tema minimalis, tentu hal tersebut akan merusak konsep minimalis yang ada. Jadi sebisa mungkin kamu menyesuaikan peletakkan barang agar tidak terlalu banyak di satu tempat ya.


5. Warna Tidak Sesuai

kesalahan umum dalam mendekorasi rumah adalah warna tidak sesuai
Photo by Filios Sazeides

Pemilihan warna yang tepat akan membuat ruangan di rumah kamu tampak indah dan pastinya terasa nyaman. Oleh karena itu, cobalah untuk memilih dan mencocokkan warna saat ingin menambah furnitur ataupun mengecat ulang ruangan. Jika kamu tidak begitu mengerti tentang komposisi warna cobalah bertanya ke orang teman ataupun keluarga saat ingin mencampur warna.


6. Posisi Furnitur Tidak Tepat

kesalahan umum dalam mendekorasi rumah adalah posisi furnitur tidak tepat
Photo by Eduard Militaru

Posisi furnitur memang harus disesuaikan dengan tata letak ruangan kamu. Jangan sampai kamu meletakkan furnitu