Kenali Material Penutup Dinding Wall Panel Dan Jenis-Jenisnya

Saat ini sudah ada banyak material penutup dinding yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan di rumah. Tidak hanya cat dinding ataupun keramik saja yang bisa kamu gunakan. Ada beberapa jenis material penutup dinding yang tidak begitu umum namun memiliki nilai estetika yang tinggi.

wall panel dan jenis jenisnya yang bisa kamu jadikan sebagai material penutup dinding
Photo by Max Vakhtbovych

Salah satunya adalah wall panel, material penutup dinding satu ini sedang cukup diminati karena motif dan jenisnya yang beragam sehingga dapat membuat rumah terlihat cantik dan mewah pastinya. Nah agar lebih jelas, Homeplan akan memberikan penjelasan lebih dan jenis-jenis dari material ini, langsung aja yuk disimak pembahasannya di bawah!


Apa Itu Wall Panel?

pengertian wall panel sebagai material penutup dinding
Source: alibaba.com

Wall panel atau jika diartikan menjadi panel dinding adalah material berupa lembaran papan dengan motif dan struktur tertentu yang digunakan untuk menutup atau melapisi dinding. Wall panel biasanya berbentuk 3D sehingga membuat ruangan dapat menonjolkan kesan yang lebih menarik dan memberikan focal point pada ruangan. Material ini dibuat dengan metode komputerisasi sehingga motif dan pola yang ada sangat bervariasi. Bahkan kamu bisa melakukan kustomisasi motif sesuai dengan pesanan kamu loh. Sedangkan untuk ketebalannya juga cukup beragam mulai dari 8 mm sampai 15 mm.


Keunggulan Wall Panel

keunggulan wall panel dibandingkan material penutup dinding lainnya
Source: cribbstyle.com

Sebagai salah satu inovasi material penutup dinding yang banyak diminati, wall panel pastinya memiliki banyak keunggulan. Lalu apa saja keunggulan wall panel sebagai bahan material penutup dinding? Berikut poin-poin penting keunggulan dari wall panel yang harus kamu ketahui:


1. Motif Yang Beragam


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu kelebihan wall panel yang paling menarik adalah motifnya yang begitu beragam. Bahkan kamu dapat menyesuaikan motif dengan selera kamu karena wall panel dapat dibentuk sedimikian rupa sesuai dengan keinginan. Selain itu motif 3D juga dapat diterapkan pada wall panel sehingga rumah kamu pun akan menjadi begitu indah dan terlihat mewah pastinya.


2. Terbuat Dari Bahan Berkualitas


Karena dibuat secara pabrikan dan menggunakan mesin teknologi tinggi, tidak heran jika bahan yang digunakan pun berkualitas. Selain itu ada beberapa jenis bahan yang bisa kamu pilih mulai dari gipsum hingga mdf.


3. Dapat Meredam Suara Dan Panas Dengan Baik


Kemudian kelebihan selanjutnya dari wall panel adalah dapat menahan suara dari luar ke dalam ataupun sebaliknya dengan cukup baik. Hal ini karena bahan dari wall panel yang terbuat dari material isolator sehingga sangat baik untuk meredam suara maupun panas. Kelebihan ini tentu cocok bagi kamu yang tinggal di daerah padat penduduk dengan suara bising kendaraan di depan rumah.


4. Mudah Dirawat Dan Dapat Melindungi Tembok

keunggulan wall panel dibanding material penutup dinding lainnya
Source: rondadesign.it

Wall panel berbeda dengan cat dinding yang jika terkena noda akan sulit dibersihkan. Wall panel lebih mudah dibersihkan dan juga jika terdapat kerusakan karena terbentur kamu cukup mengganti bagian tersebut saja. Selain itu tembok juga akan terlindungi dari kerusakan luar karena jika kamu membenturkan sesuatu ke dinding maka yang akan terkena duluan adalah wall panel.


5. Proses Pemasangan Mudah


Memasang wall panel tidaklah sesulit mengecat tembok rumah yang perlu waktu lama dan juga harus menunggu kering. Pemasangannya yang mudah pastinya dapat menghemat pengeluaran kamu.


6. Dapat Menutupi Bagian Tembok Yang Rusak


Tidak seperti cat dinding, wall panel juga dapat menutupi bagian tembok yang rusak atau retak sehingga kamu tidak perlu mengaci atau menambal tembok tersebut. Dengan wall panel bagian tembok yang kotor ataupun rusak tidak akan terlihat karena tertutupi.


Jenis-Jenis Wall Panel


Nah kemudian kamu juga harus mengetahui jenis-jenis wall panel saat ingin menerapkan material ini di rumah. Kali ini Homeplan akan membahas jenis-jenis wall panel berdasarkan bahan materialnya sehingga kamu dapat menentukan wall panel jenis apa yang cocok dengan rumah kamu. Langsung aja cek di bawah ya!


1. Papan MDF Atau Tile Board

wall panel dari bahan mdf yang kuat dan ramah lingkungan
Source: walldecor3d.com

Jenis wall panel yang pertama dan cukup umum ditemui adalah wall panel dari bahan MDF (Medium Density Fibreboard) atau juga dikenal dengan nama Tile Board. Wall panel jenis ini memiliki lapisan atas berupa melamin yang membuatnya terlihat sedikit mengkilap dan terlihat seperti menggunakan keramik. Jenis wall panel yang satu ini sangat cocok digunakan pada bagian rumah yang lembap ataupun berminyak karena bagian luar dari wall panel yang lebih mudah dibersihkan. Selain itu corak yang dihasilkan dari wall panel jenis ini juga menarik dan membuat rumah kamu tampak elegan.


2. GRC

panel dinding jenis grc yang terbuat dari campuran bahan beton dan serat kaca
Source: 3dwallpanels.co.uk

Kemudian ada wall panel jenis GRC (Glass Reinforced Concrete) yang terbuat dari campuran beton dengan serat kaca. Salah satu keunggulan dari wall panel jenis ini adalah keawetan dan ketahanannya yang sangat bagus. Selain itu wall panel jenis ini juga tahan terhadap panas dan mampu meredam suara dengan sangat baik.


3. Fiber Plant

wall panel dari fiber plant dengan harga ekonomis
Source: walmart.com

Salah satu jenis wall panel yang bisa kamu beli dengan harga murah adalah fiber plant. Jenis wall panel ini tergolong ekonomis karena lebih murah dibandingkan jenis wall panel lainnya. Selain itu wall panel fiber plant juga ramah lingkungan karena dapat didaur ulang dan tidak dibuat dari pohon.


4. Gipsum

wall panel yang terbuat dari bahan gipsum cocok untuk menahan panas dan suara
Source: wayfair.com

Gipsum adalah salah satu material yang sudah cukup banyak digunakan saat ini. Nah wall panel pun memiliki jenis yang terbuat dari bahan gipsum. Kelebihan dari jenis wall panel ini adalah bobotnya yang ringan sehingga lebih mudah dipasang dan dibawa. Selain itu jenis ini juga cukup mudah dibersihkan, kamu cukup mengelapnya dengan lap lembap kemudian dikeringkan.


5. Beton Konkret

wall panel dari beton konkret yang cocok untuk eksterior dan fasad rumah
Source: walltheory.com

Dan jenis wall panel yang terakhir adalah beton konkret. Nah seperti namanya, wall panel jenis ini terbuat dari bahan beton sehingga lebih awet dan tahan lama serta tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Karena kelebihannya tersebut, wall panel jenis ini lebih sering digunakan pada bagian eksterior bangunan.


Nah itulah pembahasan singkat mengenai wall panel yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Apakah kamu tertarik menggunakan wall panel di rumah? Tulis di kolom komentar ya!


Bagi kamu yang tertarik melakukan renovasi rumah namun bingung memilih jasa renovasi yang tepat, tenang aja. Karena kamu bisa memesan jasa renovasi rumah langsung melalui aplikasi Homeplan yang bisa kamu download di smartphone kamu. Selain itu kamu juga dapat melihat berbagai inspirasi desain rumah yang dapat kamu jadikan sebagai referensi loh, menarik kan. Yuk download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya