Kenali Berbagai Jenis Wallpaper Menarik Yang Sering Dipilih

Wallpaper saat ini sudah cukup banyak diminati banyak orang untuk membuat dinding rumah terlihat menarik. Namun apakah kamu tahu jenis-jenis wallpaper yang umum dijual di pasaran? Nah agar kamu tidak bingung saat memilih wallpaper yang tepat untuk rumah kamu, kita simak yuk pembahasannya di bawah!

kenali berbagai jenis wallpaper menarik yang umum digunakan di indonesia
Photo by Dan Gold on Unsplash

Dinding adalah bagian penting sebuah ruangan baik dari sisi fungsionalitas maupun dari segi estetika. Karena itu banyak orang yang berusaha semaksimal mungkin untuk membuat dinding di rumahnya tampak menarik dan tidak terlihat monoton. Salah satu cara yang cukup sering digunakan adalah menggunakan wallpaper. Cara ini mudah diterapkan dan tidak terlalu mahal sehingga banyak orang yang menyukainya.


Namun bagi kamu yang masih awam di bidang ini tentu bingung saat memilih jenis wallpaper yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan. Nah untuk itu, kali ini Homeplan ingin membantu kamu mengenali berbagai jenis wallpaper yang menarik dan cukup umum di pasaran. Yuk langsung aja disimak!


1. Wallpaper Kertas

wallpaper dari kertas merupakan yang paling umum digunakan
Source: Pinterest

Yang pertama adalah wallpaper yang paling umum ditemukan dan paling banyak diminati. Jenis wallpaper ini pun termasuk murah namun kualitasnya cukup baik sehingga banyak diminati. Motif dan corak yang bisa kamu dapatkan pun cenderung bervariasi karena wallpaper jenis ini dibuat dengan cara diprint langsung di permukaan kertasnya.


2. Wallpaper Kain

wallpaper dari kain merupakan wallpaper yang cukup awet dan kuat
Source: Pinterest

Kemudian ada wallpaper yang menggunakan bahan kain sebagai bahan utamanya. Jenis wallpaper ini memiliki kelebihan utama yang tidak mudah rusak karena terbuat dari serat kain. Karena bahan utama yang digunakan tersebut, wallpaper ini pun lebih mudah dibersihkan saat terkena noda.


3. Wallpaper Vinyl

wallpaper dari bahan vinyl mudah dibersihkan dan tidak mudah terkena jamur
Source: Pinterest

Vinyl merupakan bahan yang mirip dengan plastik pipa. Bahan tersebut kemudian digunakan sebagai wallpaper sehingga wallpaper menjadi tidak mudah rusak dan mudah dibersihkan. Kemudian bahan ini juga cukup tahan terhadap jamur dan kotoran membandel.


4. Wallpaper Cair

wallpaper cair cukup jarang ditemui namun fleksibel karena mudah diterapkan
Source: crona.id

Mungkin banyak dari kamu yang belum mengenali wallpaper cair ini. Cara menggunakan wallpaper ini cukup simpel, kamu hanya perlu mencairkan bahan yang didapat dan langsung menempelkannya pada dinding seperti sedang mengecat rumah. Salah satu kelebihan dari wallpaper ini adalah fleksibilitasnya terhadap bentuk dinding sehingga penerapannya pun menjadi cukup mudah.


5. Wallpaper Foil

wallpaper dari bahan foil mampu menahan suhu dengan baik
Source: Pinterest

Foil merupakan bahan wallpaper yang dapat membuat ruangan menjadi tampak elegan dan mewah karena sifatnya yang mengkilap. Wallpaper jenis ini cocok digunakan pada ruang tamu, maupun ruang keluarga agar ruangan terasa mewah sehingga menjadi lebih nyaman. Selain itu bahan ini juga tahan terhadap suhu dan noda yang menempel.


6. Wallpaper Fiber Glass

wallpaper dari bahan fiber glass yang bisa bikin rumah tampak mewah
Source: Pinterest

Bahan fiber glass memang tahan terhadap suhu dan cuaca. Namun harganya yang cukup tinggi membuat wallpaper jenis ini jarang digunakan. Meski begitu tampilan yang dihasilkan dari wallpaper fiber glass dapat membuat ruangan menjadi terlihat mewah dan elegan.