Kenali 7 Jenis Material Kusen Pintu Agar Tidak Salah Pilih

Kusen pintu menjadi salah satu elemen penting yang harus dipertimbangkan saat ingin membangun atau merenovasi rumah. Namun terkadang kita bingung dalam memilih material kusen pintu yang tepat, nah agar kamu tidak salah pilih simak penjelasan tentang beberapa jenis material kusen pintu yang akan dibahas di bawah ya!

beberapa jenis material kusen pintu agar kamu tidak salah memilih
Photo by Behnam Norouzi

Kusen adalah bagian yang berfungsi menyambungkan antara pintu, jendela, dan dinding. Selain itu kusen juga bisa berfungsi dalam memberikan kesan estetik pada pintu terutama pintu masuk. Untuk itu kita harus bisa memilih kusen pintu yang tepat agar awet dan tetap berfungsi baik meskipun sudah digunakan dalam waktu lama.


Lalu bagaimana cara memilih material kusen pintu yang tepat? Tentu kamu harus mengetahui jenis material apa saja yang biasanya digunakan sebagai kusen pintu dan apa kelebihan serta kekurangannya. Oleh karena itu, kali ini Homeplan akan membahas 7 jenis material kusen pintu beserta kelebihan dan kekurangannya agar kamu bisa memilih material yang tepat. Langsung aja yuk kita simak!


1. Kusen Pintu Kayu

jenis material kusen pintu kayu yang kokoh dan tampak estetik
Source: Pinterest

Kusen pintu dengan material kayu adalah yang paling sering digunakan. Hal tersebut karena kayu lebih mudah dibentuk dan memiliki nilai estetik yang baik. Kekuatan kayu pun tidak usah diragukan lagi, awet dan kokoh menjadikan kayu pilihan yang cukup baik untuk dijadikan sebagai pilihan material kusen. Namun perlu diingat, kamu tetap harus bisa merawat kusen kayu dengan baik ya agar tidak mudah dimakan rayap dan lapuk. Sayangnya harga kusen kayu relatif mahal karena stok material kayu yang terus berkurang seiring berjalannya waktu.


2. Kusen Pintu Alumunium

jenis material kusen pintu alumunium yang kokoh dan tampak elegan
Source: jeffersondoor.com

Jenis material kusen alumunium sangat cocok bagi kamu yang ingin memberikan tampilan elegan pada pintu rumah kamu. Material ini terlihat mengkilap dan cocok digunakan pada tema modern maupun minimalis. Kamu juga tidak perlu repot mengecat kusen alumunium karena tampilannya yang sudah elegan. Kusen alumunium juga tahan terhadap rayap, panas matahari, hingga air. Meski begitu kusen jenis ini cukup sulit untuk dipasang karena butuh ketelitian yang tinggi dan hanya dapat digunakan pada jenis pintu tertentu.


3. Kusen Pintu Baja Ringan

jenis material kusen pintu baja ringan yang kuat dan elegan
Source: Home Design

Sesuai dengan namanya, kusen pintu jenis ini terbuat dari material baja dengan bobot yang ringan. Mirip seperti kusen alumunium, kusen baja ringan juga menawarkan kesan yang elegan pada pintu rumah kamu. Material ini juga tahan terhadap air, rayap, dan panas matahari. Namun material ini tidak begitu direkomendasikan bagi kamu yang ingin memiliki pintu dengan bentuk tertentu karena material ini tidak begitu fleksibel.


4. Kusen Pintu Vinyl

jenis material kusen pintu vinyl yang murah dan fleksibel
Source: Kaskus

Material yang cukup serbaguna dan dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, ya vinyl atau PVC (polyvinyl chloride). Material ini memiliki harga yang relatif murah jika dibandingkan material lainnya dan dapat didesain dengan lebih mudah. Namun jika dilihat dari sisi kekuatan, material ini tidak begitu kokoh dan tahan lama. Material ini juga tidak dapat menahan suhu panas dan mudah dirusak karena bahannya yang mirip plastik.


5. Kusen Pintu Fiberglass

jenis material kusen pintu fiberglass yang kokoh dan murah
Source: Karpet Masjid

Terbuat dari material seperti kaca namun lebih kuat dan tidak mudah pecah. Material ini tahan terhadap panas dan lebih kokoh dari material vinyl. Kelebihannya tersebut tentu membuat material ini lebih mahal dari vinyl namun tidak semahal alumunium. Selain itu, material ini juga memiliki desain yang biasa saja sehingga cukup jarang digunakan secara umum.


6. Kusen Pintu Cor

jenis material kusen pintu beton yang kokoh, awet dan tahan lama
Source: 99.co

Kemudian material selanjutnya yang umum digunakan sebagai kusen pintu adalah beton atau sering disebut kusen cor. Kusen jenis ini sangat kuat, tahan terhadap panas, tidak mudah keropos, sangat kokoh, serta dapat bertahan sangat lama karena terbuat dari bahan beton. Bagi kamu yang menginginkan kusen dengan daya tahan terbaik kusen jenis ini sangat cocok untuk kamu. Namun kusen jenis ini sangatlah berat dan tidak dapat dimodifikasi saat sudah dipasang. Selain itu kamu juga memerlukan ahli beton untuk membuatnya.


7. Kusen Pintu Campuran

jenis material kusen pintu campuran yang kokoh dan murah
Photo by Paul Hanaoka

Sesuai dengan namanya, kusen jenis ini merupakan campuran dari beberapa material seperti kayu dan vinyl atau kayu dan alumunium. Dengan mencampurkan kedua bahan tersebut tentu kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan dari masing masing material yang membuat kualitasnya semakin unggul. Pemasangan kusen jenis ini juga tergolong mudah.


Itulah 7 jenis material kusen pintu yang paling umum digunakan. Memilih jenis material bukanlah hal yang sepele, kamu harus bisa memilih jenis material yang tepat agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih kusen pintu yang tepat ya, sampai jumpa di artikel lainnya!


Buat kamu yang ingin memilih kusen pintu yang tepat, kamu bisa melakukan konsultasi dengan profesional melalui aplikasi Homeplan. Kamu cukup mendownload aplikasi Homeplan di smartphone kamu kemudian lakukan konsultasi secara gratis dengan profesional. Menarik banget kan, yuk download aplikasinya sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya