Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Cocok Dipelihara Di Rumah Kamu

Diperbarui: 25 Jun 2021

Selain tanaman hias, kamu juga bisa mempercantik rumah kamu dengan memelihara ikan hias. Saat ini ikan hias juga sedang banyak diminati di Indonesia. Dengan adanya ikan hias, suasana rumah kamu akan terasa berbeda. Dengan hiasan-hiasan unik akuarium yang membuat rumah kamu menjadi semakin menarik untuk dilihat.

ikan hias air tawar untuk mempercantik rumah
Photo by George Wong

Ikan hias air tawar memiliki berbagai macam jenis yang beraneka ragam, varian, bentuk, dan warna. Dengan begitu ikan hias akan membuat tampilan kamu menjadi lebih beragam dan terlihat natural. Selain itu dengan adanya ikan hias juga akan membuat kamu lebih sehat loh, karena gerakan ikan dapat membuat kamu menjadi lebih rileks dan tenang sehingga kamu tidak akan mudah merasa stres.


Nah kali ini Homeplan ingin membahas beberapa jenis ikan yang cocok untuk mempercantik rumah kamu. Jika sudah penasaran langsung aja yuk cek pembahasan lengkapnya!


1. Ikan Koi

ikan hias air tawar koi untuk mempercantik rumah
Photo by Pham An

Ikan koi bisa menjadi pilihan untuk kamu pelihara di rumah jika memiliki uang lebih. Pasalnya harga ikan ini cenderung mahal dan dibutuhkan kolam khusus untuk merawatnya. Namun semua itu akan terbayarkan loh saat kamu sudah memilikinya. Warnanya yang cantik, bentuknya yang khas, dan gerakannya yang halus membuat kamu akan betah deh pasti melihatnya.


2. Ikan Cupang

ikan hias air tawar cupang untuk mempercantik rumah
Photo by Kyaw Tun

Ikan cupang sangat sering kita jumpai di rumah orang sebagai ikan hias. Karena warna dan bentuknya yang cantik membuat ikan ini sangat diminati banyak orang. Kamu juga bisa mencari variasi warna dan jenis yang begitu banyak, bahkan karena kecantikannya ada ikan cupang yang dihargai hingga jutaan rupiah! Wow mahal banget ya.


Tapi tenang aja, harga ikan ini secara umum tidak semahal itu kok, dengan uang 5 ribu rupiah pun kamu sudah bisa mendapatkannya. Selain itu perawatan ikan ini juga mudah dan murah, satu hal yang perlu kamu ketahui adalah jangan pernah menempatkan 2 ikan atau lebih di dalam 1 tempat yang berisi ikan cupang ya. Karena ikan ini tergolong ikan yang sangat agresif dan berani menyerang ikan lainnya.


3. Ikan Gupi

ikan hias air tawar guppy untuk mempercantik rumah
Photo by GuppyExpert

Ikan gupi juga termasuk ke dalam ikan hias dengan harga murah. Ikan ini memiliki ukuran yang kecil yaitu hanya 2,5 cm sampai 5 cm saja sehingga tidak memakan tempat di akuarium kamu. Warnanya yang bervariasi juga sangat cocok untuk membuat rumah kamu terlihat lebih cantik. Untuk merawat ikan ini kamu perlu rajin mencuci air di akuarium ya dan jangan lupa untuk rutin memberikannya makanan.


4. Ikan Molly

ikan hias air tawar moli untuk mempercantik rumah
Photo by Maridith

Keunikan dari ikan molly adalah memiliki perut yang besar dan merupakan ikan yang pemalu. Ikan ini cenderung akan menghindar dan bersembunyi ketika bertemu dengan ikan lain. Ikan molly bisa berkembang biak dengan mudah namun kamu harus memastikan untuk rutin memberikan makan kepada ikan ini ya.


5. Ikan Mas Koki

ikan hias air tawar mas koki untuk mempercantik rumah
Photo by Zhengtao Tang

Ikan mas koki merupakan ikan hias yang mungkin adalah ikan yang paling sering dipelihara bagi pecinta ikan. Hal ini dikarenakan ikan mas koki memiliki kombinasi warna yang cantik yaitu putih dan orange keemasan. Selain itu, ikan ini juga dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya. Harganya cenderung murah ketika ikan ini sudah besar, namun kamu bisa membeli ikan mas koki dengan harga murah saat ukurannya masih kecil.


6. Ikan Manfish

ikan hias air tawar manfish untuk mempercantik rumah
Photo by Nuri Hasanah

Berbentuk seperti layang-layang, ikan manfish adalah ikan yang cocok untuk kamu pelihara di rumah kamu. Bentuknya yang pipih dan terlihat langsing ini memberikan kesan yang elegan dan terlihat seperti ikan mahal. Padahal kamu bisa membeli ikan ini dengan harga yang relatif murah loh. Ikan ini juga cukup mudah untuk dirawat karena cenderung cepat beradaptasi di lingkungan yang baru.


7. Ikan Discus