Inspirasi Desain Ruang Kerja Yang Nyaman Dan Sehat Di Rumah Kamu

Diperbarui: 25 Jun 2021

Sudah setahun lebih pandemi COVID-19 masih menghantui Indonesia sampai saat ini. Dan akibatnya hampir segala hal dilakukan secara online termasuk bekerja. Oleh karena itu, banyak orang yang bekerja dari rumah di saat pandemi COVID-19 masih ada. Hal ini dilakukan agar mengurangi kontak fisik dan menghambat penyebaran virus COVID-19.

desain ruang kerja yang nyaman dan sehat di rumah kamu
Photo by Lowie Vanhoutte

Bekerja secara WFH membuat banyak orang yang membutuhkan ruang untuk bekerja dengan nyaman tanpa gangguan di rumahnya. Apalagi jika kamu yang sudah memiliki keluarga dan sering terganggu oleh aktivitas rumah tangga saat sedang bekerja. Karena kondisi ini, banyak orang yang melakukan renovasi rumah untuk menambah ruang kerja di rumahnya.


Nah bagi kamu yang ingin membuat ruang kerja di rumah kamu atau hanya sekedar mendesain ulang ruangan yang sudah ada, kali ini Homeplan akan membahasnya nih. Desain ruang kerja yang pastinya nyaman dan sehat untuk kamu. Daripada terlalu lama, langsung aja yuk disimak!


1. Pencahayaan Alami Dan Sirkulasi Udara

desain ruang kerja dengan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik
Photo by Olena Sergienko

Pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik adalah hal yang cukup penting untuk diterapkan di ruang kerja kamu. Hal ini bertujuan agar kamu tetap sehat saat sedang bekerja dan lebih rileks dengan mendapatkan udara yang bersih. Selain pencahayaan alami, kamu juga harus menggunakan lampu untuk menerangi ruang kerja kamu saat hari sudah gelap. Jangan sampai kamu bekerja di ruangan yang gelap, karena ini bisa mempengaruhi konsentrasi dan kesehatan mata kamu.


2. Dekorasi Tanaman Hias

desain ruang kerja dengan tanaman hias
Photo by Slava Keyzman

Pilihlah tanaman hias dengan efek menenangkan seperti bunga lavender atau aglonema agar kamu bisa merasa rileks saat sedang bekerja. Tekanan pekerjaan pun akan berkurang saat kamu tenang dan nyaman berada di ruang kerja kamu. Selain membuat rileks, tanaman hias juga akan memberikan udara segar di ruang kerja kamu sehingga kamu menjadi lebih sehat meskipun berlama-lama di ruang kerja.


3. Desain Minimalis

desain ruang kerja dengan gaya minimalis
Photo by Roman Bozhko

Menggunakan desain minimalis dan tidak ribet bisa menjadi pilihan utama untuk kamu. Pasalnya desain ini akan membuat ruangan kamu menjadi lebih terorganisir dan meminimalisir ruangan kerja yang berantakan. Dengan begitu kamu tidak akan pusing saat sedang mencari sesuatu ataupun saat ingin menyimpan sesuatu yang penting.


4. Pemilihan Warna Yang Tepat

desain ruang kerja dengan warna yang tepat
Photo by James McDonald

Menggunakan warna netral seperti putih, coklat muda, krem, atau hitam bisa kamu gunakan sebagai pilihan warna di ruang kerja kamu. Namun jika kamu tidak begitu suka dengan warna netral kamu bisa juga kok menggunakan warna lain yang kamu sukai. Yang terpenting adalah kamu tidak terganggu saat sedang bekerja karena warna ruangan yang membuat mata kamu lelah.


5. Furnitur Berkualitas Yang Sesuai Kebutuhan

desain ruang kerja dengan furnitur minimalis
Photo by Minh Pham

Meja dan kursi adalah furnitur utama yang kamu butuhkan di ruang kerja. Tidak apa-apa jika kamu ingin membeli kebutuhan furnitur ini dengan harga mahal. Karena furnitur yang berkualitas biasanya akan membuat kamu lebih nyaman, apalagi jika kamu berlama-lama menggunakannya. Namun perlu diingat, kamu harus membeli furnitur sesuai dengan kebutuhan ya, jangan sampai kamu membeli furnitur yang tidak dibutuhkan di ruang kerja kamu.


6. Tempat Istirahat

desain ruang kerja dengan tempat istirahat yang nyaman
Source: Pinterest

Tempat istirahat seperti kasur ataupun sofa juga wajib kamu letakkan di ruang kerja kamu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa beristirahat dengan leluasa saat kamu kelelahan karena bekerja. Dengan adanya tempat istirahat ini, kamu tidak perlu keluar ruang kerja hanya untuk beristirahat selama 10 menit.


7. Kamar Mandi

desain ruang kerja dengan kamar mandi di dalam
Source: Pinterest

Bagi kamu yang tidak suka meninggalkan ruang kerja karena urusan toilet ada baiknya kamu membuat kamar mandi sendiri di ruang kerja kamu. Dengan adanya kamar mandi di ruang kerja, kamu tidak perlu keluar masuk ruang kerja kamu. Hal ini juga pastinya akan menghemat tenaga kamu dan kamu bisa menjadi lebih produktif.


Itulah beberapa inspirasi desain yang bisa kamu terapkan di ruang kerja kamu. Jika kamu ingin menambah beberapa dekorasi tambahan seperti lampu hias atau hiasan DIY juga bisa loh. Yang terpenting adalah kamu tetap bisa fokus saat sedang bekerja dan tidak terganggu oleh dekorasi yang kamu buat.


Jika kamu ingin melakukan renovasi rumah untuk menambah ruang kerja di rumah kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi Homeplan. Dengan Homeplan kamu bisa mencari inspirasi desain yang sesuai dengan selera kamu, melakukan konsultasi, dan memesan jasa renovasi langsung dari aplikasi. Mudah banget kan, langsung aja download Homeplan disini!

Artikel terbaru

Kategori lainnya