Inspirasi Desain Plafon Rumah, Dijamin Bikin Rumah Tambah Mewah

Diperbarui: 24 Jun 2021

Kamu bingung menentukan desain plafon rumah yang cocok? Kali ini Homeplan akan memberikan inspirasi buat kamu agar bisa membuat rumah kamu tampak mewah dengan desain plafon yang menarik.

desain plafon rumah untuk memberikan kesan mewah pada rumah
Photo by Toa Heftiba

Plafon atau langit-langit rumah memiliki fungsi utama sebagai pembatas antara atap dan ruangan di rumah kamu. Namun kehadirannya juga memberikan peran besar dalam desain rumah kamu. Jadi untuk memaksimalkan fungsi dari plafon, kamu harus menggunakan desain yang menarik untuk dilihat.


Desain plafon yang tepat bisa membuat rumah kamu menjadi tampak mewah dan elegan. Karena itu, kali ini Homeplan akan memberikan beberapa inspirasi yang bisa kamu gunakan untuk plafon di rumah kamu. Langsung aja yuk disimak!


1. Desain Plafon Minimalis

desain plafon minimalis untuk kamu terapkan di rumah kamu agar terlihat menarik
Source: Pinterest

Desain plafon minimalis masih menjadi desain pilihan favorit banyak orang. Desain yang simpel dan sederhana ini cocok untuk digunakan pada ruangan kecil ataupun ruangan besar. Selain itu, plafon minimalis juga terlihat menarik untuk dilihat. Jadi bagi kamu yang menyukai konsep minimalis, menggunakan desain ini cocok banget deh pastinya.


2. Desain Plafon Dengan Unsur Kayu

desain plafon kayu untuk kamu terapkan di rumah kamu agar terlihat menarik
Photo by Jason Briscoe

Gunakan unsur kayu di plafon kamu untuk menambah kesan natural dan kehangatan di rumah. Desain plafon ini juga sangat cocok untuk iklim tropis di Indonesia, karena unsur kayu dapat memberikan kesejukan saat cuaca sedang panas dan kehangatan saat cuaca dingin.


3. Desain Plafon Mewah

desain plafon mewah untuk kamu terapkan di rumah kamu agar terlihat menarik
Source: Pinterest

Membuat plafon dengan desain mewah pastinya dapat membuat rumah kamu menjadi tampak mewah. Namun kamu harus memperhatikan beberapa hal di ruangan kamu sebelum memutuskan menggunakan desain ini. Pasalnya jika desain plafon dan ruangan tidak cocok, justru akan membuat tampilan keseluruhan rumah kamu menjadi buruk.


Oleh karena itu, ada baiknya kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu. Untungnya saat ini kamu bisa melakukan konsultasi gratis loh dengan menggunakan aplikasi Homeplan. Konsultasi pun dilakukan dengan desainer interior yang sudah berpengalaman. Jadi langsung aja cobain sekarang, kapan lagi kamu bisa konsultasi gratis dengan profesional kan 😁


4. Desain Plafon Asimetris

desain plafon asimetris untuk kamu terapkan di rumah kamu agar terlihat menarik
Source: Pinterest

Untuk menciptakan tampilan unik dan menarik kamu bisa menggunakan desain plafon yang satu ini. Desain plafon asimetris juga tetap memberikan kesan mewah pada ruangan kamu, apalagi jika kamu bisa memaksimalkan pencahayaan di dalam rumah. Bagi kamu yang menyukai sesuatu yang anti-mainstream, penggunaan desain ini pasti akan cocok banget buat kamu.


5. Desain Plafon Polos

desain plafon polos untuk kamu terapkan di rumah kamu agar terlihat menarik
Photo by Kamryn Nienau

Meskipun polos, desain plafon satu ini bisa dijadikan sebagai rekomendasi yang bagus untuk rumah kamu loh. Biasanya untuk membuatnya menjadi semakin menarik, kamu bisa menggunakan warna putih sebagai warna dasar di rumah kamu. Dengan begitu rumah kamu pun akan terlihat semakin luas dan memberikan kesan yang bersih.


6. Desain Plafon Transparan

desain plafon transparan untuk kamu terapkan di rumah kamu agar terlihat menarik
Source: Pinterest

Plafon transparan tidak begitu umum di Indonesia, pasalnya kebanyakan plafon di Indonesia terhalang oleh atap rumah. Sehingga jika kamu menggunakan plafon transparan justru akan memberikan kesan yang buruk pada tampilan rumah. Namun jika plafon rumah kamu tidak terhalang oleh atap rumah, desain plafon ini sangat menarik untuk digunakan di rumah loh. Pasalnya kamu bisa mendapatkan cahaya alami dari matahari saat siang hari dan kamu bisa menatap bintang dari dalam rumah saat malam hari. Keren banget kan!