Inspirasi Desain Kamar Tidur Anak, Kecil Tapi Nyaman

Diperbarui: 8 Agu 2021

Kamu yang ingin merenovasi rumah dan membuat kamar untuk anak namun bingung desain yang cocok seperti apa, tenang aja cek bahasannya di artikel Homeplan berikut untuk membantu kamu mendapatkan inspirasi desain kamar untuk anak kamu.

inspirasi desain kamar tidur minimalis untuk anak yang kecil namun tetap nyaman
Photo by Blake Woolwine

Anak yang sudah mulai bertumbuh besar memang direkomendasikan untuk memiliki kamar pribadi untuk mengajarinya tentang privasi. Kamar tidur pribadi anak pun dapat bermanfaat untuk mengajarkannya menjadi pribadi yang mandiri. Namun terkadang para orang tua bingung dalam menentukan desain kamar anak yang tepat. Hal ini dikarenakan perbedaan usia dan juga beberapa faktor seperti ukuran, kualitas, keamanan, serta kenyamanan dari kamar itu sendiri.


Agar kamu tidak kebingungan dalam menentukan desain kamar tidur anak yang tepat, kali ini Homeplan akan membantu kamu memberikan beberapa inspirasi yang bisa kamu terapkan di kamar tidur anak kamu. Meskipun kecil, kamu tetap bisa kok membuatnya terasa nyaman dan berkualitas, langsung aja yuk cek di bawah pembahasannya!


1. Gunakan Warna Cerah

kamar tidur anak dengan ukuran kecil namun nyaman dengan menggunakan warna cerah
Photo by Hindsam Hashi

Warna cerah pada kamar tidur akan membuatnya tampak lebih luas karena pantulan cahaya yang dihasilkan. Kamu bisa memilih warna putih atau krem untuk menerapkannya. Selain itu, warna cerah pada kamar tidur juga bisa meningkatkan mood anak kamu loh sehingga anak kamu akan merasa semakin nyaman berada di kamarnya.


2. Kasur Bertingkat

kamar tidur anak dengan ukuran kecil namun nyaman dengan menggunakan kasur bertingkat
Photo by Kate Beavis

Untuk menghemat ruang di kamar tidur, kamu bisa memanfaatkan cara ini di kamar tidur anak kamu. Dengan cara ini, anak kamu akan memiliki ruang lebih untuk bermain di kamarnya. Namun perlu diingat cara ini hanya direkomendasikan jika anak kamu sudah menginjak usia remaja ya karena cukup berbahaya bagi anak di bawah usia remaja.


3. Pastikan Ada Ruang Penyimpanan

kamar tidur anak dengan ukuran kecil namun nyaman dengan menggunakan ruang penyimpanan
Photo by Christa Grover

Ruang penyimpanan seperti lemari baju, rak buku, serta tempat penyimpanan lainnya harus kamu sediakan di kamar tidur anak kamu. Hal ini sangat penting karena anak membutuhkan tempat untuk menyimpan berbagai barangnya termasuk mainan dan buku pelajaran. Jangan buat anak kamu lelah karena harus bolak-balik keluar kamar saat ingin beraktivitas, karena hal ini akan membuat anak menjadi tidak nyaman.


4. Meja Belajar Dan Bekerja

kamar tidur anak dengan ukuran kecil namun nyaman dengan menggunakan meja belajar
Source: Pinterest

Anak yang sudah bersekolah wajib memiliki meja belajar dan bekerja di kamar tidurnya. Hal ini agar anak bisa belajar dengan tenang dan fokus di kamarnya. Buatlah meja belajar seminimalis mungkin agar tidak memakan terlalu banyak tempat. Kamu juga bisa menggunakan meja lipat untuk menghemat ruangan di kamar anak kamu.


5. Ruang Berekspresi

kamar tidur anak dengan ukuran kecil namun nyaman dengan memberikan ruang berekspresi
Source: House & Home

Sebagai orang tua, kita harus tahu bahwa anak kita masih memiliki imajinasi yang kuat dan juga suka mempelajari banyak hal baru di sekitarnya. Untuk itu, memberikan ruang berekspresi seperti papan tulis di kamar anak menjadi cukup penting. Dengan adanya ruang berekspresi di kamarnya, anak kamu akan menjadi pribadi yang lebih kreatif dan mampu mengekspresikan dirinya dengan baik. Namun jangan lupa untuk tetap membimbingnya ya.


6. Berikan Ventilasi Udara

kamar tidur anak dengan ukuran kecil namun nyaman dengan membuat ventilasi udara
Photo by Trend

Vent