Inspirasi Desain Jendela Minimalis Untuk Rumah Cantikmu

Jendela merupakan salah satu bagian fungsional yang mampu memberikan keindahan pada desain dan tampilan rumah kamu. Berikut beberapa inspirasi desain jendela minimalis agar rumah kamu terlihat cantik dan menarik, yuk kita simak!

inspirasi desain jendela minimalis untuk membuat rumah kamu tambah cantik
Photo by Rob Wingate on Unsplash

Salah satu bagian penting dari setiap rumah adalah bukaan seperti jendela dan pintu. Namun di samping secara fungsional, jendela juga mampu memberikan estetika pada rumah kamu loh jika kamu bisa memilih desain yang tepat. Siapa sih yang gamau rumahnya tampak cantik dan nyaman untuk ditempati?


Nah agar hal tersebut bisa kamu dapatkan di rumah kesayangan kamu, kali ini Homeplan mau membantu memberikan beberapa inspirasi desain jendela minimalis nih. Inspirasi ini bisa banget kamu contoh untuk dijadikan referensi saat ingin merenovasi rumah atau bahkan hanya sekedar ingin mengubah tampilan jendela. Daripada kelamaan langsung aja yuk kita simak pembahasannya!


1. Awning Window

jenis jendela awning yang bisa memberikan kesan simpel dan sederhana
Source: Pinterest

Yang pertama adalah jendela model awning window yang minimalis. Jendela ini cocok untuk kamu yang ingin membuat rumah tampil elegan namun simpel. Selain itu jendela jenis ini juga bisa membuat udara lebih mudah masuk ke rumah karena bukaannya yang cukup besar.


2. Stationary Window

jendela jenis stationary yang bisa membuat kesan elegan pada rumah
Source: Pinterest

Jendela jenis stationary window yang tidak dapat dibuka namun bisa membantu cahaya masuk ke dalam ruangan untuk membuat cahaya alami masuk ke dalam rumah. Jendela jenis ini sangat cocok untuk digunakan pada rumah bertipe minimalis. Selain tidak terlalu memakan banyak tempat, cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan pun dapat membuat rumah tampak lebih luas dan nyaman.


3. Skylight Window

jendela jenis skylight yang bisa membuat loteng rumah kamu cantik
Source: Pinterest

Kemudian ada jendela jenis skylight window yang biasanya diletakkan pada loteng rumah. Jendela jenis ini memang sangat cocok untuk kamu yang memiliki ruangan di loteng rumah, karena dapat memberikan cahaya alami dan udara masuk ke dalam loteng dengan mudah. Namun bagi kamu yang tidak memiliki ruangan di loteng, tidak ada salahnya juga kok menggunakna jendela jenis ini untuk mempercantik atap rumah.


4. Hopper Window

jendela jenis hopper dengan tampilan sederhana dan tidak memakan tempat
Source: Pinterest

Jendela jenis hopper window ini cocok digunakan untuk memperbaiki sirkulasi udara di dalam ruangan kecil. Jenis jendela ini biasanya diletakkan di bagian atas ruangan dekat langit-langit agar tidak mengganggu ruang di dekat jendela tersebut. Desainnya yang simpel dan cocok diletakkan dimana saja membuatnya terlihat menarik.


5. Picture Window

jendela jenis picture window yang cocok untuk ruang tamu
Source: Pinterest

Mirip seperti stationary window, jenis jendela picture window juga tidak dapat dibuka namun memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Desain jendela jenis ini tentu cocok bagi kamu yang ingin membuat ruangan di rumah tetap terang karena mendapatkan cahaya alami. Jendela jenis ini cocok diletakkan di ruang tamu maupun ruang keluarga.


6. Accent Window

jenis jendela accent yang juga cantik untuk digunakan di ruang tamu
Source: Pinterest

Kemudian ada jenis jendela dengan nama accent window yang juga tidak bisa dibuka sama seperti picture window dan stationary window. Namun keunikan dari jendela jenis ini adalah kamu bisa memesannya dengan berbagai bentuk. Mulai dari persegi, lingkaran, setengah lingkaran, dan lain lain sesuai dengan permintaan yang kamu pesan.


7. Sliding Window

jenis jendela sliding window yang bisa menghemat ruang di rumah
Source: Pinterest

Sliding window, sesuai dengan namanya yaitu jendela yang dapat dibuka dengan cara digeser. Jendela ini tentu tidak memakan banyak tempat sehingga cocok digunakan pada rumah minimalis kamu.


8. Garden Window

jenis jendela garden window yang bisa membuat rumah tambah alami
Source: Pinterest

Kemudian ada garden window salah satu jenis jendela yang memiliki ciri khas dengan terdapat ruang khusus untuk menaruh berbagai barang. Kamu bisa menggunakan tanaman hias untuk memenuhi ruang tersebut agar jendela kamu pun tampak semakin cantik dan menarik.


9. Casement Window

jenis jendela casement window yang bisa membuat jendela dibuka selebar mungkin
Source: Pinterest

Desain jendela yang memilki engsel di bagian samping jendela yang membuatnya dapat dibuka secara penuh. Dengan casement window, ventilasi udara di rumah kamu pun bisa dimaksimalkan karena udara dapat masuk dan keluar dengan mudah saat jendela ini dibuka dengan penuh.


10. Double-Hung Window

jendela jenis double hung yang bisa membuat jendela di rumah tampak estetik
Source: Pinterest

Dan yang terakhir adalah double-hung window yang dapat dibuka ke dua arah secara vertikal (atas dan bawah). Salah satu keunikan dari jendela ini adalah kamu dapat membuka salah satu sisi dari jendela ini yaitu bagian bawah dan atas. Jadi kamu dapat menyesuaikan saat ingin membuka jendela di rumah.


Nah itulah beberapa inspirasi desain jendela yang bisa kamu jadikan sebagai referensi di rumah kamu. Kamu tertarik untuk menggunakan jendela jenis apa nih? Tulis di kolom komentar ya!


Kamu lagi mencari jasa desain interior atau arsitektur? Ga usah bingung, karena kamu bisa mendapatkan jasa renovasi rumah mulai dari perencanaan, desain, hingga pembangunan rumah melalui Homeplan! Menarik bukan, selain itu jasa renovasi yang ditawarkan pun pastinya berkualitas dan terpercaya Homes! Yuk download aplikasi Homeplan disini sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya