Ingin Punya Rumah di Usia 20-an, Bukan Hal yang Mustahil Kok!

Diperbarui: 23 Jul 2021

Buat kamu kaum muda yang udah ga sabar ingin punya rumah di usia 20-an bukan sekedar mimpi loh! Pasalnya saat ini ada banyak kesempatan yang bisa kamu ambil untuk bisa membeli rumah di usia muda.

memiliki rumah di usia 20 bukan hal yang mustahil
Photo by Mika Baumeister

Kamu yang udah ga enak tinggal bareng orang tua atau udah bosen bayar sewa kos-kosan setiap bulan yang ga akan jadi milik kamu, Homeplan mau kasih tau caranya nih biar kamu bisa punya rumah sendiri. Langsung aja yuk disimak artikel berikut.


Harga tanah dan bangunan yang sangat tinggi mungkin menjadi salah satu faktor kamu belum memiliki rumah saat ini. Memang saat ini masih banyak generasi milenial (kelahiran tahun 1980 - 2000) yang ragu untuk membeli rumah atau properti karena berbagai faktor. Menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) pada tahun 2017 keluarga milenial yang tinggal di Jakarta hanya sebanyak 18.8% secara rata-rata yang sudah memiliki rumah pribadi.


Karena itu, Homeplan mau ngasih tips nih buat kalian biar bisa segera memiliki rumah di usia 20-an, yuk langsung aja disimak!


Nabung mulai dari sekarang

menabung secara rutin agar dapat membeli rumah di usia 20 an
Photo by Michael Longmire

Kamu harus bisa menyisihkan uang kamu minimal 10% dari total pemasukan kamu setiap bulannya. Lakukan ini secara rutin dan jangan pernah bolong. Karena komitmen kamu sangat menentukan keberhasilan kamu dalam menabung. Apalagi tujuan kamu menabung adalah membeli rumah yang harganya tidak murah.


Untuk membantu kamu menjaga komitmen Homeplan mau kasih saran untuk kamu nih. Tentukan jumlah uang yang ingin kamu tabung setiap bulannya dan catat setiap tanggal berapa kamu harus menabung.


Dan jangan lupa untuk menggunakan reminder, kamu bisa menggunakan aplikasi reminder yang tersedia di Play Store maupun App Store. Untuk kamu yang mudah lupa dan memiliki banyak aktivitas coba untuk memasang reminder beberapa kali dalam sehari agar kamu tidak terlupa.


Kebiasaan menabung ini juga harus kamu terapkan saat kamu sudah memiliki rumah sendiri ya. Karena pastinya akan banyak keperluan lain yang dibutuhkan seperti renovasi rumah di waktu yang tidak terduga. Kamu bisa menggunakan aplikasi Homeplan untuk membantu kamu mengatur keuangan jika ingin melakukan renovasi rumah.


Lunasi semua cicilan dan hutang

lunasi semua cicilan dan hutang agar dapat membeli rumah di usia 20 an
Photo by Artem Beliaikin

Cicilan dan hutang yang masih belum lunas akan sangat menghambat kamu dalam mengatur keuangan. Sebaiknya kamu lunasi terlebih dahulu semua cicilan dan hutang yang masih kamu miliki saat ini. Hal ini harus dilakukan agar tujuan kamu dalam memiliki rumah di usia 20-an tidak terhambat.

Jangan sampai keuangan kamu terganggu dan banyak kebutuhan yang akhirnya tidak terpenuhi karena kamu masih ada cicilan lain yang harus kamu lunasi. Namun, jika kamu memang ingin segera menabung untuk membeli rumah, kamu bisa kok menyisihkan uang kamu saat masih ada cicilan yang harus dibayarkan. Yang terpenting adalah kamu harus mengatur keuangan kamu sebaik mungkin ya!

Menabung dalam bentuk investasi

investasikan uang kamu agar dapat membeli rumah di usia 20 an
Photo by Anne Nygård

Jangan hanya terpaku pada jumlah uang yang kamu tabung. Kamu juga harus memikirkan cara lain dalam menabung agar lebih efektif dan uang kamu tidak berkurang nilainya karena inflasi. Dengan begitu kamu bisa lebih cepat dalam memiliki rumah yang sudah kamu idam-idamkan.

Investasi merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan uang kamu. Investasi saham, emas, deposito, reksa dana, dsb., bisa kamu jadikan sebagai pilihan investasi untuk menabung.

Tapi perlu diingat, untuk kamu yang masih belum berpengalaman dan masih baru dalam investasi kamu harus lebih berhati-hati. Cobalah untuk memilih investasi yang resikonya rendah seperti deposito atau reksa dana. Meskipun bunga yang kamu dapat lebih rendah dibandingkan dengan investasi saham, deposito dan reksa dana memiliki resiko yang jauh lebih rendah.

Namun jika kamu sudah memahami dan berpengalaman dalam investasi saham tidak ada salahnya kamu menginvestasikan uang kamu di pasar saham. Karena investasi saham memiliki return yang cukup tinggi dan uang kamu bisa bertambah lebih cepat. Impian kamu untuk membeli rumah pun bisa terwujud lebih cepat.

Manfaatkan program KPR

gunakan program kpr agar dapat membeli rumah di usia 20 an
Photo by Tierra Mallorca

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) bisa menjadi solusi untuk memiliki rumah tanpa perlu menabung untuk membeli rumah secara tunai. Kredit rumah bukanlah hal yang buruk, justru memilih untuk kredit rumah merupakan pilihan yang cukup bijak. Rumah merupakan kebutuhan pokok yang harganya terus meningkat. Jika kamu sudah punya rumah dari sekarang, harga rumah kamu di masa depan bisa jadi meningkat dengan sangat tinggi. Jika kamu ingin membeli rumah secara tunai, pertimbangkan contoh masalah yang akan dibahas berikut ini.

Misalkan harga rumah yang ingin kamu beli adalah 600 juta rupiah, dan kamu menabung sebesar 3 juta rupiah per bulan. Kamu harus menunggu selama 17 tahun untuk memiliki uang sebanyak itu, dan harga rumah yang ingin kamu beli pun sudah meningkat menjadi 2 kali lipat atau bahkan lebih di 17 tahun mendatang. Dan kamu pun harus mengumpulkan uang lagi untuk membeli rumah secara tunai.

Oleh karena itu, menggunakan layanan KPR bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin memiliki rumah dalam waktu dekat. Kamu hanya membutuhkan DP sebesar 10% sampai 20% dari harga total rumah yang ingin kamu beli. Kamu pun langsung bisa mendapatkan rumah yang kamu inginkan dengan cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Fasilitas KPR sudah banyak dimiliki bank dan lembaga lain juga banyak yang sudah menyediakannya. Jadi KPR sangat cocok untuk kamu yang ingin punya rumah di usia 20-an.

Pilih lokasi rumah yang tepat

memilih lokasi sesuai kebutuhan agar dapat membeli rumah di usia 20 an
Photo by Taras Zaluzhnyi

Lokasi sangat menentukan harga rumah, karena biasanya semakin strategis lokasinya maka harga rumah tersebut akan semakin mahal. Hal tersebut dikarenakan tingginya permintaan di lokasi tersebut dan juga terkadang tanah di suatu daerah yang sudah langka sehingga harganya pun semakin mahal.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat memilih lokasi yang sesuai sehingga harganya tidak terlalu mahal. Namun kamu juga harus memilih lokasi rumah dengan akses yang baik ya. Jangan sampai hanya karena ingin mendapatkan harga murah, kamu menjadi repot saat ingin pergi bekerja karena akses yang terbatas di daerah tersebut.

Sebagai contoh, jika kamu ingin membeli rumah di Jakarta namun kemampuan finansial kamu tidak cocok untuk membeli rumah di Jakarta. Lebih baik kamu membeli rumah di daerah sekitar Jakarta seperti Tangerang, Bogor, Depok, atau Bekasi. Harga rumah di daerah sekitar Jakarta bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan rumah di Jakarta.


Lakukan riset kecil-kecilan dari sekarang dapat membantu kamu menentukan lokasi rumah yang teoat nantinya, sehingga kamu memiliki tujuan yang lebih jelas.

Sesuaikan pilihan rumah dengan kebutuhan kamu

sesuaikan pilihan rumah agar dapat membeli rumah di usia 20 an
Photo by adriana carles

Pilihlah rumah sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini. Sesuaikan dengan kemampuan finansial kamu agar keuangan kamu tidak terganggu saat menabung atau saat mencicil rumah. Rumah yang sederhana pun sudah cukup, apalagi ini merupakan rumah pertama yang kamu miliki. Bersikaplah secara realistis, jangan menargetkan rumah yang terlalu mewah jika kamu masih merasa kurang dengan kemampuan finansial kamu.

Kamu bisa melakukan riset untuk mengetahui harga rumah ideal sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Cobalah untuk mencarinya di mesin pencari (ex. Google.com) dengan kata kunci "simulasi harga rumah ideal". Kamu juga bisa mencoba beberapa website yang menyediakan fitur perhitungan untuk mengkalkulasi harga rumah ideal kamu.

Jika kamu ingin memiliki rumah sederhana namun terlihat mewah, kamu bisa melakukan dekorasi desain interior dengan baik, agar kamu nyaman tinggal di rumah kamu sendiri. Meskipun terlihat sederhana, rumah juga harus nyaman untuk ditempati agar kamu bisa beristirahat dengan tenang.

Selalu ingat saat kamu memiliki rumah, kamu juga harus tetap mengatur keuangan kamu. Karena rumah juga perlu diperbaiki secara rutin untuk menjaga rumah tetap awet. Persiapkan diri dari sekarang apa saja yang perlu kamu ketahui jika ingin melakukan renovasi rumah. Kamu bisa membaca salah satu artikel Homeplan di sini.


Nah, itulah bahasan tentang tips mempunyai rumah di usia 20-an, gimana kalian udah pada siap belom nih buat punya rumah? Tulis di kolom komentar ya!

 

Itulah ulasan yang dapat Homeplan berikan untuk kamu, semoga bahasan kali ini bisa membantu kamu dalam yang ingin punya rumah dalam waktu dekat ya! Kalo kamu merasa artikel ini bermanfaat kamu bisa share artikel ini ke teman-teman kamu, kunjungi juga akun sosial media Homeplan dan jangan lupa untuk download aplikasi Homeplan di smartphone kamu ya!

Artikel terbaru

Kategori lainnya