Ide Desain Tangga Anti Mainstream Untuk Rumah Minimalis Kamu

Diperbarui: 25 Jun 2021

Tangga adalah salah satu elemen bangunan paling penting untuk rumah bertingkat. Karena tangga merupakan jalur penghubung antar lantai di rumah kamu. Untuk itu, kamu harus memperhatikan desain tangga di rumah kamu. Jangan sampai kehadiran tangga di rumah malah terlihat mempersempit rumah kamu ya.

desain tangga rumah anti mainstream untuk rumah minimalis
Photo by Jason Briscoe

Desain tangga juga merupakan elemen penting dalam sisi estetika. Apalagi jika letak tangga di rumah kamu berada di area yang mudah terlihat. Untuk itu kamu harus pintar-pintar nih memilih desain tangga yang pas untuk rumah kamu.


Saat ini terdapat cukup banyak variasi desain tangga yang bisa kamu gunakan untuk rumah kamu. Nah kali ini Homeplan mau memberikan beberapa inspirasi desain tangga untuk rumah kamu. Langsung aja disimak biar ga makin penasaran yuk!

1. Tangga Spiral Untuk Menghemat Ruang

tangga spiral adalah salah satu desain tangga yang menarik
Photo by 2Mmedia

Tangga spiral sangat cocok digunakan untuk menghemat ruang di rumah kamu. Kamu bisa menggunakan tangga ini jika ingin menerapkannya di ruang yang sempit. Tangga spiral juga memiliki varian desain yang cukup banyak dan bisa menambah sisi estetika pada rumah kamu.


Kekurangan dari penggunaan tangga jenis ini adalah sedikit sulit untuk menggunakannya jika belum terbiasa. Tangga ini juga sangat tidak direkomendasikan jika kamu memiliki anak kecil di rumah kamu. Kamu juga akan sulit memindahkan barang yang cukup besar dengan menggunakan tangga ini.


2. Memanfaatkan Ruang Di Bawah Tangga

memanfaatkan ruang di bawah tangga adalah salah satu desain tangga yang menarik
Photo by archideaphoto

Ruangan di bawah tangga bisa kamu manfaatkan sebagai tempat yang bermanfaat. Kamu bisa menjadikannya sebagai rak buku atau tempat penyimpanan lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat kamar mandi atau ruangan bersantai di bawah tangga rumah kamu. Dengan memanfaatkan ruangan di bawah tangga juga bisa membuat tampilan tangga kamu tampak menarik loh.


3. Tangga Dengan Konsep Melayang

tangga melayang adalah salah satu desain tangga yang menarik
Photo by ferrantraite

Floating stairs atau tangga melayang adalah tangga yang didesain seakan anak tangganya melayang di udara. Konsep desain ini memberikan kesan minimalis semakin terasa. Selain itu, kamu juga bisa membuatnya terlihat mewah dengan memberikan pencahayaan pada setiap anak tangga. Desain tangga melayang sangat cocok untuk kamu yang suka dengan tema yang futuristik.


4. Tangga Kayu

tangga kayu adalah salah satu desain tangga yang menarik
Photo by Max Vakhtbovych

Jika kamu bosan dengan tangga yang menggunakan beton dan tidak ingin terlihat kaku, cobalah menggunakan tangga kayu. Tangga ini akan membuat rumah kamu terasa lebih natural. Apalagi jika tema desain di rumah kamu memang desain yang mengusung tema alam, penggunaan desain tangga akan semakin melengkapi kesan natural di rumah kamu. Kayu juga memberikan kesan yang minimalis karena warnanya yang terlihat lembut.


5. Tangga Kaca

tangga kaca adalah salah satu desain tangga yang menarik
Photo by Focus

Ingin memiliki tangga dengan desain yang elegan dan mewah? Tangga kaca adalah pilihan yang sangat tepat. Namun hati-hati dalam menggunakan tangga kaca di rumah kamu. Karena jika desain rumah kamu tidak cocok dengan tangga ini, bisa-bisa malah memberikan kesan yang buruk loh di rumah kamu. Tangga kaca cocok digunakan pada dinding berwarna putih, dan gunakan railing berbahan kaca juga untuk memaksimalkan kesan elegan yang akan diberikan tangga ini ya!


6. Desain Tangga Minimalis

tangga minimalis adalah salah satu desain tangga yang menarik
Photo by Navamin studio

Jika rumah kamu menggunakan tema desain minimalis, maka ada baiknya jika kamu menggunakan tangga dengan desain minimalis juga. Dengan begitu desain tangga di rumah kamu akan terlihat senada dengan tema rumah. Hal ini perlu diperhatikan, karena jika desain tangga kamu terlihat berbeda dengan tema rumah, maka rumah kamu akan terlihat tidak konsisten.


7. Tangga Lurus

tangga lurus adalah salah satu desain tangga yang menarik
Photo by Andrea Davis

Tangga lurus tanpa railing sangatlah tepat untuk kamu pilih jika ruang di rumah kamu sangat terbatas. Pasalnya, tangga jenis ini tidak akan memakan banyak tempat di rumah kamu. Dengan menggunakan tangga ini, kamu juga dapat memaksimalkan ruangan di bawah tangga.


Tapi perlu diperhatikan, tangga jenis ini juga sangat tidak cocok jika terdapat anak kecil atau lansia di rumah kamu ya. Kamu tidak ingin kan jika ada kejadian tidak mengenakkan di rumah kamu karena menggunakan desain tangga ini.


8. Tangga Gantung

tangga gantung adalah salah satu desain tangga yang menarik
Photo by SorinVidis

Kamu bosan dengan railing tangga dari kayu atau beton yang ada di sisi tangga? Coba gunakan desain tangga gantung deh! Selain memberikan kesan yang minimalis, tangga gantung juga akan membuat kesan tangga terasa ringan dan modern.


Nah itulah ide desain tangga anti mainstream yang bisa kamu coba di rumah kamu. Gimana kamu udah memutuskan untuk menggunakan desain tangga yang seperti apa belum? Jika kamu masih bingung, kamu bisa loh melakukan konsultasi seputar hunian anda melalui aplikasi Homeplan. Kamu akan dibantu oleh desainer interior berpengalaman dari Homeplan untuk mempercantik rumah kamu. Yuk segera download Homeplan mumpung konsultasinya masih gratis!

 

Itulah beberapa tips dan trik yang dapat Homeplan berikan untuk kamu, semoga bahasan kali ini bisa membantu kamu dalam melakukan renovasi rumah ya!

Kalo kamu merasa artikel ini bermanfaat kamu bisa share artikel ini ke teman-teman kamu yang lagi mau renovasi rumah loh, kunjungi juga akun sosial media Homeplan dan jangan lupa untuk download aplikasi Homeplan di smartphone kamu ya!


Artikel terbaru

Kategori lainnya