Ide Dekorasi Sederhana Yang Akan Membuat Rumah Terlihat Mewah

Diperbarui: 24 Jun 2021

Siapa bilang untuk membuat rumahmu terlihat bagus harus dengan dekorasi yang mahal? Untuk membuat rumah kamu tampak mewah kamu bisa loh menggunakan dekorasi-dekorasi sederhana. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa mengkombinasikan dekorasi kamu dengan tema di rumah kamu.

dekorasi sederhana untuk membuat rumah kamu terlihat mewah
Photo by InvestWood

Stigma negatif tentang rumah yang kecil dan sederhana merupakan rumah seadanya sudah cukup melekat di benak banyak orang. Padahal rumah yang besar tidak selalu mewah dan rumah yang kecil tidak selalu biasa saja. Kamu bisa membuat rumah kecil menjadi tampak mewah dengan mengatur dan mengombinasikan dekorasi dengan baik.


Nah pada artikel ini, Homeplan akan memberikan ide untuk kamu agar bisa membuat rumah kamu tampak mewah dengan dekorasi yang sederhana. Kamu bisa menerapkan ide-ide ini di rumah kamu agar tampak lebih mewah namun tidak menimbulkan kesan yang berlebihan. Oke, langsung saja yuk kita simak artikelnya!


1. Gunakan Wallpaper atau Cat Dinding

menggunakan wallpaper atau cat dinding yang tepat sebagai dekorasi
Photo by 2Modern

Dengan menggunakan wallpaper atau cat dinding akan membuat rumah kamu terlihat semakin mewah dan elegan. Cobalah untuk menggunakan motif simpel namun elegan agar tidak terlihat terlalu ramai.Pemilihan warna bisa kamu sesuaikan dengan furnitur yang kamu pakai. Dan jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan tema ruangan kamu ya.


Jangan sampai wallpaper atau cat dinding yang kamu gunakan memiliki warna dan tema yang tidak sesuai ya. Karena akan menimbulkan kesan berantakan di rumah kamu.


2. Hiasan dan Pajangan Dinding

menggunakan hiasan dan pajangan dinding sebagai dekorasi
Photo by Manja Vitolic

Hiasan dan pajangan dinding akan membuat rumah kamu tidak monoton dan menimbulkan kesan mewah. Cobalah untuk berkreasi dalam menentukan pajangan di tembok rumah kamu. Kamu bisa menggunakan lukisan, foto keluarga, dan poster. Homeplan sarankan jangan terlalu berlebihan ya dalam menggunakan pajangan di dinding rumah kamu.

3. Pasang Gorden dan Tirai

menggunakan gorden atau tirai sebagai dekorasi
Photo by Hutomo Abrianto

Penggunaan gorden dan tirai bisa menjadi solusi yang cukup mudah dan murah untuk mempercantik rumah kamu. Pilihlah tirai atau gorden dengan harga yang murah namun tetap berkualitas. Saat ini sudah banyak toko yang menjual gorden dan tirai secara online jadi kamu tidak perlu repot lagi pergi mencari kemana-mana.

4. Gunakan Karpet di Ruang Tamu dan Keluarga

menggunakan karpet sebagai dekorasi
Photo by Spacejoy

Penggunaan karpet akan membuat rumah kamu semakin tampak mewah dan elegan. Selain itu menggunakan karpet juga akan membuat kamu dan tamu menjadi lebih nyaman saat berada di rumah kamu.

Kamu tidak perlu menggunakan karpet pada seluruh ruangan di rumah kamu. Cukup gunakan pada ruang tamu dan keluarga sudah cukup efektif untuk membuat rumah kamu semakin mewah. Karena kedua ruangan tersebut adalah ruangan yang paling terlihat dibanding ruangan lain.Pastikan juga motif karpet yang kamu gunakan cocok dengan tema ruangan di rumah kamu ya.

5. Pencahayaan yang Baik

menggunakan pencahayaan yang baik sebagai dekorasi
Photo by Sidekix Media

Pencahayaan menjadi hal yang penting agar rumah kamu tampak mewah. Dengan pencahayaan yang minim akan membuat kesan "kumuh" dan tidak enak dipandang. Maksimalkan lampu di rumah kamu terutama di tempat-tempat gelap.

Kamu juga bisa memanfaatkan pencahayaan alami agar bisa tetap hemat biaya. Buat bukaan jendela yang menghadap ke arah matahari. Atau kamu juga bisa membuat penutup atap transparan di sebagian langit-langit rumah kamu.

6. Lampu Gantung

menggunakan lampu gantung sebagai dekorasi
Photo by Natalia Y

Untuk mendukung pencahayaan pada rumah kamu, kamu juga bisa menggunakan lampu gantung dengan motif mewah. Penggunaan lampu gantung di tengah ruangan terbukti memberikan kesan mewah pada rumah kamu. Tidak perlu ragu, karena saat ini sudah banyak lampu gantung dengan harga yang tidak terlalu mahal.

7. Gunakan Konsep Ruang Terbuka