Desain Tempat Cuci Piring Terbaik, Bikin Nyuci Jadi Mudah!

Selain dapat mempercantik dapur, desain tempat cuci piring yang tepat akan membuat aktivitas cuci piring di rumah jadi lebih mudah dan menyenangkan. Lalu desain tempat cuci piring seperti apa sih yang cocok digunakan untuk dapur di rumah kamu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ya!

desain tempat cuci piring yang bisa buat dapur tampak cantik
Photo by Chastity Cortijo on Unsplash

Wastafel cuci piring merupakan salah satu elemen terpenting yang wajib hadir dalam dapur di rumah kamu. Selain berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan piring dan peralatan makan yang kotor, tempat cuci piring ternyata dapat mempercantik dapur kamu loh! Jadi kamu tetap harus membuat bagian yang satu ini tetap cantik dan bersih ya meskipun masih banyak orang yang menyepelekan tempat cuci piring di rumahnya.


Dengan desain yang tepat dan penggunaan material yang sesuai, tempat cuci piring di rumah kamu pun akan menambahkan kesan mewah pada dapur. Hmm penasaran desain tempat cuci piring seperti apa yang bisa membuat dapur kamu tampak cantik? Daripada makin penasaran langsung aja deh kita bahas di bawah yuk!


1. Dari Bahan Tembaga

tempat cuci piring dari tembaha yang bisa membuat tampilan dapur semakin cantik
Source: Pinterest

Bagi kamu yang ingin membuat dapur tampak mewah dan elegan membuat wastafel di dapur dengan bahan tembaga adalah pilihan paling tepat. Warna emas yang dihasilkan material tembaga dapat memberikan kesan mahal dan mewah pada dapur kamu. Selain itu bahan ini juga dikenal tahan lama dan anti karat sehingga tempat cuci piring pun akan lebih awet.


2. Stainless Steel Anti Karat

tempat cuci piring dari bahan stainless steel yang anti karat
Photo by Callum Hill on Unsplash

Selain tembaga kamu juga bisa menggunakan bahan stainless steel jika ingin membuat tampilan dapur menjadi mewah dan elegan. Bahan ini memang tidak terlihat semewah tembaga, namun kekuatan stainless steel dalam menahan karat sudah tidak diragukan lagi. Selain itu harga stainless steel juga relatif lebih murah dibandingkan dengan tembaga.


3. Warna Hitam Elegan

tempat cuci piring berwarna hitam yang terlihat elegan dan tidak mudah kotor
Photo by ready made from Pexels

Kemudian jika kamu mau membuat dapur dengan tampilan elegan dan klasik, kamu bisa menggunakan desain tempat cuci piring dengan warna hitam. Pilihlah material yang tidak mudah rusak, karena jika warna hitam pada tempat cuci piring hanya cat tipis yang melapisi besi maka tampilan dapur justru akan terlihat jelek jika sudah berumur cukup lama.


4. Dibuat Dari Beton

tempat cuci piring yang dibuat dari bahan beton bikin konsep industrial makin lengkap
Photo by P_Wei from gettyimages

Nah bagi kamu yang menyukai konsep desain industrial yang banyak menerapkan desain tanpa finishing cocok nih menggunakan desain wastafel dari beton. Untuk membuat desain ini kamu tidak perlu memikirkan finishing seperti apa yang harus digunakan untuk tempat cuci piring di rumahmu. Namun pastikan beton tersebut kamu lapisi material tahan air ya agar air tidak merusak beton secara perlahan.


5. Terdapat Dua Bak Terpisah

menggunakan 2 bak sekaligus untuk memisahkan saat mencuci piring
Source: Pinterest

Terkadang tempat cuci piring di rumah terasa begitu tidak menarik untuk dilihat saat semua cucian menumpuk menjadi satu. Apalagi bagi kamu yang suka melakukan aktivitas di dapur, untuk itu memisahkan antara peralatan makan dan masak menjadi sesuatu yang penting. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan menggunakan tempat cuci piring yang memiliki dua bak sekaligus. Selain untuk memisahkan peralatan masak dan makan, kamu juga bisa memanfaatkan salah satu bak sebagai tempat mencuci beras, buah, atau sayuran.


6. Dari Material Batu Alam

menggunakan batu alam sebagai material tempat cuci piring dapat memberikan kesan mewah dan natural
Photo by Alphotographic from gettyimages

Batu alam sudah dikenal sebag