Cara Mudah Mengatasi Dinding Rembes Di Rumah Kamu

Diperbarui: 25 Jun 2021

Dinding yang lembap di rumah kamu terkadang membuat kualitas berkumpul bersama keluarga menjadi terganggu. Apalagi jika dinding di rumah kamu sudah mengeluarkan air karena rembesan air hujan, tentu ini akan mengganggu waktu kamu bersama orang-orang tersayang.

dinding rembes di rumah dan cara mengatasinya
Photo by Henry & Co.

Selain mengganggu, dinding rembes juga memberikan kerugian lainnya di rumah kamu seperti cat yang rusak dan bahkan dinding kamu akan ditumbuhi oleh jamur. Hal tersebut tentu akan membuat rumah kamu menjadi tidak enak dipandang dan tidak sehat. Oleh karena itu, kamu harus mengatasi dinding yang rembes di rumah kamu sesegera mungkin agar tidak terjadi hal tersebut.


Kali ini Homeplan akan memberikan tips untuk mengatasi dinding rumah kamu yang rembes. Langsung aja deh yuk disimak cara-caranya!


1. Menambal Dinding Rumah

melakukan penambalan pada dinding untuk menghilangkan rembes dinding
Source: Arafuru

Cara pertama adalah memberikan tambalan berupa plesteran dan acian pada dinding rumah. Cara ini bisa kamu lakukan jika penyebab rembesan adalah keretakan halus pada dinding. Kamu juga harus menggunakan kualitas plesteran dan acian yang bagus ya agar tidak mudah retak lagi.


2. Perbanyak Ventilasi Di Rumah

perbanyak ventilasi udara untuk menghilangkan rembes dinding
Photo by Helen Shi

Ruangan yang lembap bisa menjadi salah satu penyebab dinding rumah kamu mengalami rembes. Uap air pada ruangan tidak dapat keluar dan masuk ke dalam pori-pori dinding sehingga terjadilah rembesan air pada dinding. Biasanya masalah ini ditandai dengan kondisi dinding yang selalu terasa basah dan cat yang menggelembung. Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperbanyak ventilasi di rumah kamu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kipas exhaust untuk mengeluarkan udara di dalam rumah kamu.


3. Menggunakan Waterproof

memberikan waterproof pada dinding untuk menghilangkan rembes dinding
Source: Portal Jember

Penggunaan waterproof sudah menjadi hal yang umum untuk mencegah terjadinya rembes dan bocor. Penerapan ini bisa kamu lakukan sebelum dinding rumah kamu dicat ulang sehingga warna hitam pada waterproof tidak nampak dan dinding tetap terlihat indah.


4. Perbaiki Saluran Pipa Dan Talang Air

perbaiki pipa dan talang air untuk menghilangkan rembes dinding
Photo by Azka Rayhansyah

Penyebab rembes dinding lainnya adalah saluran pipa atau talang air yang rusak. Untuk memperbaikinya sebaiknya kamu menggunakan jasa tukang yang lebih berpengalaman. Hal ini dilakukan agar bisa menghindari kesalahan pada saat melakukan pembongkaran dinding. Untuk permasalahan talang air, kamu bisa melakukan pengecekan secara pribadi. Karena biasanya bocor pada talang air disebabkan karena adanya sampah yang mengganggu aliran air.


5. Lapisi Dengan Weldcrete Coating

lapisan weldcrete coating pada dinding untuk menghilangkan rembes dinding
Source: amazon.com

Nah yang terakhir adalah melapisi dinding rumah kamu dengan weldcrete coating, jenis makanan apa sih itu? Weldcrete coating adalah sejenis cat yang mengandung campuran zat aditif mortar anti air. Dengan ini dinding rumah kamu akan terbebas dari lembap dan rembes.


Semoga tips ini bisa membantu kamu untuk mengatasi rembes di dinding rumah kamu ya. Selamat mencoba!


Jika dinding rumah kamu berjamur dan sekalian ingin melakukan renovasi rumah, coba deh untuk menggunakan aplikasi Homeplan. Dengan aplikasi ini kamu akan dipermudah dalam melakukan renovasi rumah, mulai dari menentukan desain, estimasi biaya, konsultasi, hingga mewujudkan renovasi impian kamu. Menarik banget kan, langsung aja download Homeplan di smartphone kamu!