10 Cara Mudah Membasmi Rayap Di Rumah Dengan Alami Sampai Tuntas

Rayap adalah salah satu hama yang banyak ditakuti pemilik rumah, terutama rumah yang didominasi bahan kayu. Ada beberapa cara mudah dan tepat yang bisa kamu terapkan untuk membasmi rayap secara tuntas, simak penjelasannya di bawah ya!

cara mudah membasmi rayap dengan cara alami sampai tuntas
Photo by Roy Buri

Rayap memang menjadi momok bagi pemilik rumah karena dapat merusak struktur kayu pada bangunan dan juga furnitur. Hal ini tentu menjadi sangat menyebalkan apalagi jika furnitur yang rusak karena rayap masih tergolong baru. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah dengan bahan kimia pembasmi hama.


Namun cara tersebut pasti memiliki resiko akan mempengaruhi kesehatan penghuni rumah. Oleh karena itu kali ini Homeplan akan memberikan beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan saat melihat adanya sarang rayap di rumah kamu, dan tentu saja alami dan tidak memiliki resiko pada kesehatan kamu. Yuk langsung aja disimak pembahasannya!


1. Perbanyak Ventilasi

cara alami membasmi rayap dengan memperbanyak ventilasi di rumah
Photo by Francesca Tosolini

Rayap menyukai tempat yang lembap dan kurang cahaya matahari, biasanya rumah yang lembap tidak memiliki ventilasi yang cukup. Oleh karena itu kamu harus memperbanyak ventilasi di rumah kamu untuk mencegah datangnya rayap. Kamu bisa menggunakan jendela terbuka agar cahaya matahari dapat masuk dengan mudah ke rumah kamu. Selain membuat rumah terhindar dari rayap, cara ini juga menyehatkan penghuni di rumah kamu loh.


2. Menjemur Furnitur Kayu

cara alami membasmi rayap dengan menjemur furnitur
Photo by T.J. Breshears

Cara ini bisa kamu gunakan untu furnitur yang sudah terlanjur diserang rayap. Cara ini akan membuat furnitur kamu tidak lembap dan rayap yang ada di dalamnya akan pergi karena panas matahari langsung. Jadi sebaiknya kamu menjemur furnitur dalam jangka waktu yang cukup lama ya untuk mengefektifkannya.


3. Hindari Genangan Air

cara alami membasmi rayap dengan menghilangkan genangan air
Photo by Pat Moin

Genangan air di sekitar rumah dapat membuat rayap bersarang di sekitar rumah kamu dan kemungkinan rayap menyerang furnitur di rumah menjadi lebih tinggi. Oleh sebab itu sebaiknya kamu selalu membersihkan dan mengeringkan genangan air di sekitar rumah kamu ya. Cara ini juga akan membuat rumah kamu terhindar dari nyamuk yang berkembang biak di sekitar rumah.


4. Buang Kayu Kering

cara alami membasmi rayap dengan membersihkan sampah kayu
Photo by Arūnas Naujokas

Bagi kamu yang memiliki pohon atau taman di sekitar rumah pastikan selalu memperhatikan kebersihannya. Ranting-ranting pohon yang sudah menjadi sampah harus kamu buang secepatnya agar tidak ditemukan oleh rayap dan menjadi sarang mereka. Apalagi jika ranting pohon tersebut lembap dan terkena air hujan rayap pasti akan sangat menyukainya. Jadi segera buang kayu dan ranting kering di sekitar rumah kamu secara rutin ya.


5. Gunakan Air Cucian Beras

cara alami membasmi rayap dengan menggunakan air cucian beras
Photo by Jlb_Enjoy

Air cucian beras adalah salah satu cairan yang tidak disukai oleh rayap. Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan bekas air cucian beras yang tidak terpakai untuk membasmi rayap di rumah kamu. Kamu cukup mengumpulkan air tersebut dan menyemprotkannya ke area kayu yang diserang rayap, dalam beberapa waktu rayap pun akan segera meninggalkan rumah kamu. Cara ini tentu sangat mudah dan murah, di samping itu cara ini begitu alami sehingga tidak akan mempengaruhi kesehatan keluarga kamu.


6. Cairan Dari Garam Dapur

cara alami membasmi rayap dengan menggunakan larutan air garam
Photo by Jason Tuinstra

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan air dengan garam dapur yang kamu punya di rumah. Kamu cukup melarutkan garam ke air dan semprotkan larutan ini ke sarang rayap. Cara ini akan membuat tubuh rayap terasa perih dan mati secara perlahan.