10 Cara Mudah Membasmi Rayap Di Rumah Dengan Alami Sampai Tuntas

Rayap adalah salah satu hama yang banyak ditakuti pemilik rumah, terutama rumah yang didominasi bahan kayu. Ada beberapa cara mudah dan tepat yang bisa kamu terapkan untuk membasmi rayap secara tuntas, simak penjelasannya di bawah ya!

cara mudah membasmi rayap dengan cara alami sampai tuntas
Photo by Roy Buri

Rayap memang menjadi momok bagi pemilik rumah karena dapat merusak struktur kayu pada bangunan dan juga furnitur. Hal ini tentu menjadi sangat menyebalkan apalagi jika furnitur yang rusak karena rayap masih tergolong baru. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah dengan bahan kimia pembasmi hama.


Namun cara tersebut pasti memiliki resiko akan mempengaruhi kesehatan penghuni rumah. Oleh karena itu kali ini Homeplan akan memberikan beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan saat melihat adanya sarang rayap di rumah kamu, dan tentu saja alami dan tidak memiliki resiko pada kesehatan kamu. Yuk langsung aja disimak pembahasannya!


1. Perbanyak Ventilasi

cara alami membasmi rayap dengan memperbanyak ventilasi di rumah
Photo by Francesca Tosolini

Rayap menyukai tempat yang lembap dan kurang cahaya matahari, biasanya rumah yang lembap tidak memiliki ventilasi yang cukup. Oleh karena itu kamu harus memperbanyak ventilasi di rumah kamu untuk mencegah datangnya rayap. Kamu bisa menggunakan jendela terbuka agar cahaya matahari dapat masuk dengan mudah ke rumah kamu. Selain membuat rumah terhindar dari rayap, cara ini juga menyehatkan penghuni di rumah kamu loh.


2. Menjemur Furnitur Kayu

cara alami membasmi rayap dengan menjemur furnitur
Photo by T.J. Breshears

Cara ini bisa kamu gunakan untu furnitur yang sudah terlanjur diserang rayap. Cara ini akan membuat furnitur kamu tidak lembap dan rayap yang ada di dalamnya akan pergi karena panas matahari langsung. Jadi sebaiknya kamu menjemur furnitur dalam jangka waktu yang cukup lama ya untuk mengefektifkannya.


3. Hindari Genangan Air

cara alami membasmi rayap dengan menghilangkan genangan air
Photo by Pat Moin

Genangan air di sekitar rumah dapat membuat rayap bersarang di sekitar rumah kamu dan kemungkinan rayap menyerang furnitur di rumah menjadi lebih tinggi. Oleh sebab itu sebaiknya kamu selalu membersihkan dan mengeringkan genangan air di sekitar rumah kamu ya. Cara ini juga akan membuat rumah kamu terhindar dari nyamuk yang berkembang biak di sekitar rumah.


4. Buang Kayu Kering

cara alami membasmi rayap dengan membersihkan sampah kayu
Photo by Arūnas Naujokas

Bagi kamu yang memiliki pohon atau taman di sekitar rumah pastikan selalu memperhatikan kebersihannya. Ranting-ranting pohon yang sudah menjadi sampah harus kamu buang secepatnya agar tidak ditemukan oleh rayap dan menjadi sarang mereka. Apalagi jika ranting pohon tersebut lembap dan terkena air hujan rayap pasti akan sangat menyukainya. Jadi segera buang kayu dan ranting kering di sekitar rumah kamu secara rutin ya.


5. Gunakan Air Cucian Beras

cara alami membasmi rayap dengan menggunakan air cucian beras
Photo by Jlb_Enjoy

Air cucian beras adalah salah satu cairan yang tidak disukai oleh rayap. Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan bekas air cucian beras yang tidak terpakai untuk membasmi rayap di rumah kamu. Kamu cukup mengumpulkan air tersebut dan menyemprotkannya ke area kayu yang diserang rayap, dalam beberapa waktu rayap pun akan segera meninggalkan rumah kamu. Cara ini tentu sangat mudah dan murah, di samping itu cara ini begitu alami sehingga tidak akan mempengaruhi kesehatan keluarga kamu.


6. Cairan Dari Garam Dapur

cara alami membasmi rayap dengan menggunakan larutan air garam
Photo by Jason Tuinstra

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan air dengan garam dapur yang kamu punya di rumah. Kamu cukup melarutkan garam ke air dan semprotkan larutan ini ke sarang rayap. Cara ini akan membuat tubuh rayap terasa perih dan mati secara perlahan.


7. Siram Dengan Air Sabun

cara alami membasmi rayap dengan menggunakan air sabun
Photo by Sincerely Media

Air sabun dapat mengganggu sistem pernafasan rayap sehingga kamu bisa membasmi rayap dengan menyemprotkannya. Cara ini tidak perlu membutuhkan bahan lainnya selain air dan sabun cair yang kamu campurkan ke dalam botol dan dikocok hingga semuanya terlarut dengan baik. Jika sudah kamu cukup semprotkan ke area yang ditinggali rayap dan rayap pun akan mati dengan cepat.


8. Gunakan Daun Salam Dan Kemangi

cara alami membasmi rayap dengan menggunakan kemangi dan daun salam
Photo by Monika Grabkowska

Cara alami lainnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan bumbu dapur yang cukup umum ini, ya daun salam dan kemangi. Kedua jenis daun ini memiliki bau yang cukup menyengat dan tidak disukai rayap sehingga bisa mengusir rayap dari rumah kamu. Cara ini pun sangat mudah untuk diterapkan, kamu cukup meletakkan daun salam dan kemangi di sekitar furnitur kayu dan rayap pun akan pergi.


9. Gunakan Kapur Barus

cara alami membasmi rayap dengan menggunakan kapur barus
Source: pinhome.id

Kapur barus atau yang juga sering disebut dengan nama kamper ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengusir serangga yang mengganggu di rumah, tidak terkecuali rayap. Karena itu kamu bisa menggunakan kapur barus untuk mencegah atau mengusir rayap di sekitar furnitur di rumah kamu. Cara ini juga dapat mengusir serangga lainnya seperti semut dan kecoa.


10. Buat Jebakan Dari Kardus Lembap

cara alami membasmi rayap dengan membuat jebakan dari kardus
Photo by Kadarius Seegars

Tempat yang lembap adalah salah satu tempat yang paling disukai rayap. Karena itu kamu bisa mencoba memanfaatkan hal tersebut untuk membuat jebakan di rumah kamu. Buatlah kardus yang sudah tidak terpakai menjadi lembap dan letakkan di sekitar furnitur yang diserang rayap. Dengan cara ini rayap yang ada di dalam furnitur akan pindah ke kardus tersebut dan kamu bisa membasminya dengan lebih mudah.


Nah itulah beberapa cara alami yang bisa kamu gunakan untuk membasmi rayap di rumah kamu. Mudah bukan? Meski rumah kamu sudah terbebas dari rayap, kamu juga tetap harus mengecek furnitur dan bagian rumah kamu karena terkadang kita tidak mengetahui kapan rayap akan muncul lagi. Jadi tetap jaga rumah kamu agar terus terhindar dari rayap ya!


Jangan lupa share artikel ini ke teman dan kerabat kamu untuk membantunya jika memiliki masalah serupa. Semoga artikel ini bermanfaat ya! Dan jangan lupa untuk download Homeplan untuk mendapatkan inspirasi desain interior tanpa batas, yuk dapatkan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya