Cara Merawat Lantai Rumah Agar Awet Dan Terlihat Mengilap

Diperbarui: 25 Jun 2021

Lantai rumah merupakan elemen penting yang perlu kamu perhatikan secara rutin. Karena lantai akan menjadi salah satu perhatian utama saat ada tamu berkunjung ke rumah kamu. Oleh karena itu kamu harus dapat merawat lantai rumah kamu agar tetap awet dan terlihat mengilap.

cara merawat lantai rumah agar tetap awet dan mengilap
Photo by HausPhotoMedia

Namun perlu kamu ketahui bahwa material lantai rumah itu berbeda-beda dan cara merawatnya pun berbeda. Nah kali ini Homeplan akan membahas cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk merawat lantai kamu, mulai dari material keramik hingga karpet. Daripada terlalu lama langsung aja yuk disimak!


Ubin Keramik

cara membersihkan lantai material ubin keramik agar awet
Photo by HausPhotoMedia

Jenis material lantai yang paling banyak ditemui di rumah-rumah Indonesia, ubin keramik. Material ini banyak diminati karena harganya yang murah dan paling mudah untuk dicari di toko bangunan. Selain itu, material ini juga mudah untuk dirawat loh. Kamu hanya perlu menyapu dan mengepel lantai rumah kamu secara rutin. Dengan begitu lantai rumah kamu pun akan awet dan tetap bersih.


Jika lantai ubin keramik kamu menggunakan nat untuk mempercantiknya, kamu juga perlu memerhatikannya secara rutin ya. Kamu bisa menggosok bagian ini setiap 1 bulan sekali dan paling lama 2 bulan sekali. Hal ini karena nat lantai sering ditumbuhi jamur yang akan membuat lantai rumah kamu tampak kusam.


Batu Alam Marmer Dan Granit

cara membersihkan lantai material marmer granit agar awet
Photo by judith girard-marczak

Selanjutnya adalah material batu alam seperti marmer dan granit, jenis lantai rumah ini terbilang cukup mahal dan banyak digunakan oleh orang-orang dengan kemampuan finansial yang tinggi. Selain harganya yang mahal, biaya perawatan dari material lantai ini juga terbilang cukup mahal. Hal tersebut dikarenakan kamu harus memberikan coating pada lantai batu alam kamu secara berkala. Coating dilakukan untuk mencegah material ini cepat rusak karena air yang terserap ke dalamnya.


Untuk membersihkan lantai secara rutin cukup gunakan pembersih lantai dengan pH netral dan air hangat. Setelah itu jangan lupa untuk langsung mengeringkan lantai dengan kain lembut, karena jika tidak langsung dikeringkan akan muncul bercak pada lantai. Kamu juga bisa menggunakan cairan pembersih marmer yang dijual di pasaran.


Vinyl

cara membersihkan lantai material vinyl agar awet
Photo by Minh Pham

Untuk merawat lantai vinyl kamu harus menghindari lantai dari genangan air. Karena lem yang merekat pada vinyl akan cepat mengelupas jika terkena air terlalu lama dan vinyl menjadi terlepas. Untuk itu pastikan kamu membersihkan lantai rumah kamu dengan menggunakan pel yang tidak terlalu basah. Jika sudah selesai mengepel kamu juga harus cepat mengeringkannya dengan kain yang lembut. Selain itu vinyl merupakan bahan yang mudah tergores jadi lebih baik kamu berhati-hati ya jika ingin memindahkan barang di rumah kamu.


Parket Kayu

cara membersihkan lantai material parket kayu agar awet
Photo by Beazy

Perawatan parket kayu juga mirip seperti lantai vinyl, kamu tidak boleh membiarkan material ini tergenang oleh air. Ini dikarenakan parket kayu akan mudah untuk ditumbuhi jamur dan mudah lapuk jika terlalu lama tergenang oleh air. Oleh karena itu, cara membersihkan lantai parket kayu juga harus menggunakan pel yang tidak terlalu basah dan segera dikeringkan setelah selesai. Dan hindari furnitur yang memiliki sisi tajam pada kakinya agar tidak mudah memberikan goresan pada lantai parket kayu.


Karpet

cara membersihkan lantai material karpet agar awet
Photo by Katja Bayer

Lantai karpet dapat memberikan kesan lembut pada rumah, namun taukah kamu karpet sangat mudah dihinggapi oleh jamur dan bakteri. Nah jadi pastikan kamu membersihakan karpet rumah kamu secara rutin dengan vacuum cleaner ya. Selain itu kamu juga bisa menggunakan jasa pembersihan karpet dengan alat khusus untuk membunuh tungau dan menjadikan karpet kamu seperti baru. Jika kamu melakukan perawatan secara rutin maka karpet di rumah kamu pasti akan tetap awet dan terlihat indah.


Semen