Cara Menjaga Rumah Kamu Dari Virus Dan Bakteri Dengan Efektif

Cara membuat rumah tetap bersih dan terbebas dari bakteri dan virus yang dapat mengganggu kesehatan keluarga kamu. Cek ulasannya di bawah!

cara menjaga rumah agar terbebas dari virus COVID
Photo by engin akyurt

Saat ini pandemi COVID-19 masih menghantui Indonesia dan dunia. Saat ini pun Indonesia sedang dilanda gelombang kedua pandemi COVID-19. Oleh sebab itu, kita harus dapat menjaga diri kita agar selalu sehat dan melakukan upaya agar selalu terhindar dari virus.


Agar keluarga kamu tetap sehat meskipun harus bekerja di luar rumah, ada baiknya kamu menerapkan beberapa cara untuk mencegah penyebaran virus di dalam rumah kamu. Nah kali ini Homeplan akan memberikan beberapa cara yang wajib kamu terapkan di rumah. Selain mencegah penyebaran virus, cara ini juga akan membuat rumah kamu tetap bersih dan sehat. Langsung saja kita simak penjelasan di bawah ya!


1. Selalu Menjaga Kebersihan Rumah

cara menjaga rumah agar terhindar dari virus covid dengan selalu menjaga kebersihan rumah
Photo by CDC

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar rumah kamu terbebas dari virus maupun bakteri adalah dengan menjaga kebersihan rumah secara teratur. Meskipun keluarga kamu jarang keluar rumah saat pandemi, kamu tetap harus melakukan ini secara rutin. Karena cara ini juga bisa mencegah kita dari penyakit lainnya dan membuat keluarga kamu tidak mudah sakit.


2. Rajin Cuci Tangan

cara menjaga rumah agar terhindar dari virus covid dengan selalu mencuci tangan
Photo by Clay Banks

Jangan lupa untuk rutin melakukan cuci tangan menggunakan sabun setelah memegang sesuatu di luar rumah. Kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer jika tidak ada tempat cuci tangan di sekitar kamu. Namun jangan terlalu sering menggunakan hand sanitizer ya, pasalnya penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering dapat membuat tangan kamu kering dan iritasi. Cuci tangan dengan sabun adalah pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan.


3. Mandi Dan Ganti Baju Setelah Keluar Rumah

cara menjaga rumah agar terhindar dari virus covid dengan selalu mandi dan ganti baju
Photo by Hannah Xu

Selalu mengganti baju setelah dari luar rumah wajib kamu terapkan untuk mencegah adanya virus yang terbawa ke dalam rumah. Karena kita tidak pernah tau jika ada virus yang menempel di pakaian kita saat dari luar rumah. Dan jangan lupa untuk mencuci bersih pakaian yang sudah kamu gunakan ya.


4. Buat Bilik Desinfektan Di Rumah

cara menjaga rumah agar terhindar dari virus covid dengan membuat bilik desinfektan
Source: Republika

Bilik desinfektan merupakan salah satu cara yang cukup populer di saat pandemi COVID-19 di Indonesia. Pada umumnya bilik ini bekerja dengan menyemprotkan desinfektan ke orang yang masuk ke dalamnya. Cara ini cukup mudah dan praktis untuk kamu yang sering keluar rumah setiap saat.


5. Bersihkan Barang Dari Luar Dengan Desinfektan

cara menjaga rumah agar terhindar dari virus covid dengan menyemprot desinfektan barang dari luar
Source: KlikDokter

Meskipun ada beberapa dari kita yang berdiam diri di rumah sepanjang waktu, ancaman virus tetap ada. Salah satu faktor yang bisa membawa virus masuk ke dalam rumah kamu adalah barang dari luar. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu selalu menyemprotkan barang yang kamu beli dari luar untuk mencegah hal tersebut terjadi.


6. Ganti Pakaian Secara Rutin

cara menjaga rumah agar terhindar dari virus covid dengan selalu mengganti pakaian
Photo by Annie Spratt

Mengganti pakaian secara rutin adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Pasalnya bakteri dan virus bisa bersarang di pakaian kita jika sudah lama tidak dicuci. Hal tersebut bisa membuat kita sakit dan menurunkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, jangan malas dalam mengganti pakaian secara rutin ya meskipun kamu hanya beraktivitas di rumah saja!


7. Perbanyak Ventilasi Udara

cara menjaga rumah agar terhindar dari virus covid dengan menggunakan ventilasi di rumah
Source: my-best.id

Selain untuk menyejukkan ruangan dan sebagai jalan masuk keluar udara, ventilasi udara juga bisa berfungsi untuk mencegah virus ada di rumah kamu loh. Dengan adanya ventilasi udara, rumah kamu akan lebih terasa sejuk dan juga lebih sehat.


Nah itulah 7 cara yang wajib kamu terapkan di dalam rumah agar keluarga kamu bisa tetap sehat di masa pandemi ini. Selain cara di atas, kamu juga wajib menerapkan protokol kesehatan setiap keluar rumah ya. Dan jangan takut untuk divaksin jika layanan vaksin gratis sudah tersedia di daerahmu. Ayo kita bersama-sama melawan pandemi COVID dan melewati masa-masa sulit ini bersama!

Artikel terbaru

Kategori lainnya