Cara Mengatasi Atap Bocor Di Rumah Kamu Saat Hujan Tiba

Diperbarui: 25 Jun 2021

Atap bocor di rumah tentu sangat menyebalkan dan bisa mengganggu aktivitas kamu. Apalagi jika saat musim hujan sedang berlangsung, kamu akan selalu disibukkan oleh atap rumah kamu karena air yang terus bocor. Jadi sebaiknya kamu segera memperbaiki bagian atap di rumah kamu yang bocor.

cara mengatasi atap rumah bocor saat hujan

Selain mengganggu aktivitas, ternyata atap bocor juga akan menyebabkan permasalahan lainnya di rumah kamu loh. Mulai dari cat rumah kamu yang terkikis, plafon rumah akan lapuk, hingga rangka atap yang akan rusak jika terlalu lama dibiarkan terkena air hujan. Hal tersebut tentu akan membuat kamu mengeluarkan lebih banyak biaya dan tenaga jika kamu biarkan terlalu lama.


Nah oleh karena itu, kali ini Homeplan akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar atap kamu bisa bebas dari bocor. Daripada kamu penasaran, langsung aja disimak pada pembahasan berikut.


1. Periksa Atap Rumah Secara Rutin

memeriksa atap secara rutin untuk mencegah kebocoran
Photo by Robin Joshua

Mencegah lebih baik daripada memperbaiki, merupakan peribahasa yang sangat cocok untuk digunakan pada atap bocor di rumah kamu. Pasalnya atap rumah yang bocor terkadang tidak memberikan tanda-tanda terlebih dahulu. Jadi sebaiknya kamu melakukan pengecekan atap rumah secara rutin ya untuk mencegah adanya kerusakan pada atap. Cukup melakukan pengecekan 1 bulan sekali pada atap rumah sudah cukup untuk mencegah adanya kebocoran.


2. Menggunakan Pelapis Waterproof

memberikan cat pelapis anti air untuk mencegah kebocoran
Source: Dekoruma

Saat ini sudah banyak produk pelapis waterproof yang dijual di pasaran. Dengan cara ini kamu hanya perlu melapisi atap kamu dengan pelapis waterproof. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan pertolongan pertama saat rumah kamu mengalami kebocoran. Harganya yang tidak terlalu mahal dan juga bisa bertahan cukup lama menjadikannya sebagai produk yang cukup direkomendasikan untuk mencegah atap kamu bocor. Untuk menggunakannya pastikan produk yang kamu beli memiliki kualitas yang baik dan cocok dengan atap kamu agar bisa bertahan lebih lama.


3. Bersihkan Talang Air Dan Atap

membersihkan atap secara rutin untuk mencegah kebocoran
Photo by Javardh

Sampah sampah pada talang air dan atap terkadang menghalangi jalannya air sehingga menyebabkan kebocoran pada rumah. Oleh karena itu kamu harus membersihkan talang air dan atap rumah kamu jika melihat ada sampah yang tersangkut. Kamu bisa melakukan pembersihan saat melakukan pengecekan atap yang dilakukan secara rutin.


4. Hindari Menanam Pohon Besar Dekat Atap

tebang ranting pohon dekat atap untuk mencegah kebocoran
Photo by Michal Matlon

Pohon yang kamu tanam di halaman rumah kamu memang bisa membuat rumah menjadi terasa sejuk. Namun pastikan pohon di rumah kamu tidak membuat rumah kamu bocor ya. Pasalnya ranting pohon akan sering patah saat musim hujan berlangsung. Ranting yang patah tersebut bisa tersangkut di atap rumah kamu dan menyebabkan kebocoran pada rumah. Selain itu, daun-daun yang berguguran juga bisa menghalangi aliran air di atap pada saat hujan berlangsung. Jadi pastikan kamu sering merawat dan menebang ranting pada pohon di halaman rumah kamu.


5. Pasang Plastik Di Bawah Atap

memberikan pelapis plastik pada atap untuk mencegah kebocoran

Untuk mencegah adanya tetesan air yang masuk melalui sela-sela atap rumah, kamu bisa menggunakan plastik sebelum memasang atap. Cara ini memang belum cukup umum didengar bagi orang awam, namun banyak pekerja bangunan yang sudah memahami metode ini. Jadi kamu bisa meminta bantuan tukang untuk memasang plastik di bawah atap rumah kamu.


6. Gunakan Ventilasi Pada Atap Rumah

gunakan ventilasi pada atap untuk mencegah kebocoran
Photo by John Kinander

Selain ruangan dan bagian dalam rumah, ternyata atap rumah juga perlu kamu berikan ventilasi loh. Ini berfungsi agar bagian kosong pada atap rumah kamu tidak lembap sehigga menghindari terjadinya rembesan air. Kamu cukup menggunakan ventilasi kecil yang menyambungkan bagian dalam rumah dengan bagian atap. Selain menghilangkan kelembapan pada atap, ventilasi ini bisa juga kamu gunakan untuk jalan keluar asap di dapur kamu loh.


7. Perbaiki Atap

perbaiki atap untuk mencegah kebocoran
Photo by freepik

Dan cara yang terakhir adalah melakukan perbaikan atap. Jika memang atap rumah kamu sudah rusak parah sebaiknya kamu mengganti atap dengan yang baru. Melakukan penambalan secara terus menerus justru akan membuat kamu lebih boros. Jadi sebaiknya langsung saja mengganti atap yang rusak dengan atap baru.


Itulah cara mudah yang bisa kamu lakukan jika rumah kamu mengalami kebocoran. Ingat jangan membiarkan atap yang bocor dalam waktu lama dengan alasan ingin menghemat. Karena jika kamu membiarkannya justru kamu harus memperbaiki banyak hal karena kerusakan yang terjadi akibat kebocoran atap rumah. Jadi sebisa mungkin jika kamu sudah merasa ada tanda-tanda kebocoran pada rumah lebih baik langsung melakukan perbaikan saja ya!


Gunakan aplikasi Homeplan untuk mendapatkan layanan perbaikan atap rumah dengan cepat dan berkualitas. Kamu dapat melakukan konsultasi mengenai atap di rumah kamu kemudian memesan jasa tukang untuk memperbaiki rumah kamu. Download Homeplan sekarang yuk mumpung layanan konsultasi rumah masih gratis!

Artikel terbaru

Kategori lainnya