Cara Menata Ruang Tamu Kecil Memanjang Agar Terlihat Luas

Diperbarui: 7 Jul 2021

Ruang tamu dengan desain memanjang biasanya akan membuat pemilik rumah kesulitan dalam menatanya. Untuk itu, kali ini Homeplan akan membahas cara menata ruang tamu dengan desain memanjang agar tidak terlihat sempit, langsung aja cek di bawah yuk!

tips menata ruang tamu memanjang dengan ukuran kecil agar terlihat luas
Photo by Sidekix Media

Ruang tamu adalah bagian rumah yang sangat penting untuk ditata secara rapi. Pasalnya ruangan ini berfungsi untuk menyambut dan menjamu tamu yang datang ke rumah kamu. Jadi kamu harus bisa membuatnya terlihat rapi dan cantik agar tamu merasa nyaman saat sedang berada di rumah kamu.


Namun terkadang rumah bertipe kecil memiliki ruang tamu yang memiliki desain memanjang sehingga cukup sulit untuk menatanya. Untuk mengatasi hal tersebut kamu harus bisa pintar-pintar mendesain ruang tamu kamu agar tidak terasa sempit. Tapi tenang aja, Homeplan akan membantu kamu dalam menata ruang tamu yang memanjang di rumah kamu. Daripada kelamaan, langsung aja yuk kita simak penjelasannya!


1. Hindari Penggunaan Meja Terlalu Besar

gunakan meja berukuran kecil untuk menghemat tempat di ruang tamu
Source: Pinterest

Meja di ruang tamu memang cukup penting untuk kamu letakkan, namun meja dengan ukuran besar akan memakan tempat yang cukup banyak. Sehingga ruang tamu kamu pun akan terasa sempit karenanya. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan meja yang tidak terlalu besar atau meja yang dapat dilipat sehingga kamu bisa menyimpannya kembali saat sedang tidak ada tamu. Kamu juga bisa memanfaatkan rak minimalis sebagai meja di ruang tamu kamu.


2. Gunakan Karpet

gunakan karpet untuk membuat ruang tamu tampak lebih luas
Source: Pinterest

Karpet yang kamu letakkan di ruang tamu dapat memberikan kesan yang lembut dan juga nyaman. Jadi kamu akan tetap betah berada di ruang tamu meskipun ukuran ruangannya tidak besar. Kamu bisa menggunakan karpet dengan ukuran yang lebih kecil daripada luas ruang tamu, agar bisa menghasilkan kesan yang luas pada ruangan.


3. Sofa Tunggal Panjang

gunakan sofa tunggal panjang untuk menghemat tempat di ruang tamu
Photo by Minh Pham

Sofa dengan bentuk panjang akan sangat cocok untuk kamu gunakan di ruang tamu mungil kamu. Dengan menggunakan sofa, ruang tamu kamu akan tampak lebih luas dan nyaman untuk ditempati. Meski begitu kamu juga harus bisa memilih desain sofa yang tepat nih untuk kamu gunakan di ruang tamu kamu. Gunakanlah sofa dengan bentuk memanjang agar tidak memakan terlalu banyak tempat.


4. Gunakan Cermin

gunakan cermin untuk membuat ruang tamu tampak luas
Source: Pinterest

Memanfaatkan cermin sebagai dekorasi yang dapat membuat ruangan tampak lebih besar cukup sering ditemui di rumah rumah mungil. Nyatanya penggunaan ini memang cukup efektif digunakan pada ruangan kecil di rumah kamu. Cobalah untuk meletakkan cermin ukuran sedang atau besar di ruang tamu kamu agar memberikan ilusi optik pada ruang tamu kamu.


5. Satukan Ruang Tamu Dan Keluarga

satukan ruang tamu dan keluarga untuk membuat ruang tamu lebih luas
Photo by Francesca Tosolini

Membuat ruang tamu yang dijadikan sebagai ruang keluarga adalah pilihan tepat untuk kamu yang tidak ingin ribet. Cara ini cukup banyak digunakan pada rumah berukuran kecil dan terbukti dapat membuat rumah kamu menjadi tampak luas. Cara ini juga bisa membuat kamu lebih hemat furnitur karena tidak perlu memisahkan furnitur untuk ruang tamu dan ruang keluarga.


6. Gunakan Pintu Geser

gunakan pintu geser untuk membuat ruang tamu lebih luas
Source: Pinterest

Pintu geser dapat kamu jadikan sebagai alternatif pintu engsel pada umumnya. Penggunaan pintu jenis ini selain dapat menghemat tempat, juga bisa membuat ruangan tampak lebih estetik dan men