Cara Memperbaiki Sirkulasi Udara Di Rumah Agar Tetap Sehat

Saat ingin membeli atau membangun rumah, bagian penting yang perlu kamu perhatikan adalah ventilasi udara di rumah tersebut. Dengan membuat ventilasi udara dengan baik maka sirkulasi udara di rumah pun akan menjadi lebih baik dan membuat rumah menjadi tempat yang sehat.

cara memperbaiki sirkulasi udara di dalam rumah agar tetap sehat
Photo by Spacejoy

Namun masih banyak orang yang belum memahami tentang hal ini sehingga banyak rumah yang memiliki sirkulasi udara yang buruk. Sirkulasi udara yang buruk di rumah bisa membuat banyak masalah seperti banyaknya panas yang terperangkap di dalam rumah dan kelembapan tinggi yang membuat jamur bisa berkembang dengan cepat. Hal tersebut tentu akan membuat rumah menjadi tidak nyaman dan buruk bagi kesehatan.


Oleh karena itu, kali ini Homeplan akan memberikan cara memperbaiki sirkulasi udara di rumah kamu agar rumah menjadi tempat yang sehat bagi kamu dan keluarga. Langsung aja yuk disimak pembahasannya di bawah!


1 Terapkan Konsep Open Space

menggunakan konsep desain open space untuk membuat lebih banyak ruang untuk udara
Photo by wirestock

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menerapkan konsep open space di rumah. Prinsip dari konsep ini adalah penggunaan ruang terbuka tanpa sekat yang membuat rumah terasa lebih luas dan udara tidak mudah terperangkap. Jadi selain membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik, konsep open space juga bisa memberikan kesan luas dan nyaman pada rumah. Namun sayangnya cara ini baru bisa kamu terapkan saat ingin membangun atau merenovasi rumah.


2. Buat Taman Indoor

membuat taman di dalam rumah agar udara menjadi lebih sejuk dan nyaman
Photo by freepik

Membuat taman di dalam rumah ternyata bisa membuat sirkulasi udara di rumah menjadi lebih baik. Hal ini karena tanaman memiliki kemampuan untuk menyaring udara sehingga udara kotor di dalam rumah kamu akan terserap oleh tanaman dan menghasilkan udara bersih. Nah bagi kamu yang memiliki rumah dengan ukuran kecil, jangan khawatir, karena kamu tetap bisa kok membuat taman indoor sederhana yang tidak memakan banyak tempat.


3. Atur Ketinggian Plafon

mengatur ketinggian plafon dalam rumah agar udara dapat bergerak dengan bebas
Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Mengatur ketinggian plafon dengan tepat juga dapat membuat rumah kamu terasa lebih sejuk dan luas. Hal ini karena udara panas dapat lebih mudah mengalir ke atas sehingga bagian bawah rumah kamu akan terasa lebih sejuk. Tinggi plafon yang ideal untuk rumah tinggal adalah di antara 2,8 sampai 3,2 meter.


4. Gunakan Exhaust Fan

menggunakan exhaust fan agar udara dapat keluar masuk dengan mudah
Photo by Min An from Pexels

Exhaust fan memang sangat berguna untuk memperbaiki kualitas udara di dalam rumah. Selain itu cara ini juga tidak memakan banyak biaya namun hasilnya pasti tidak mengecewakan. Cara kerja exhaust fan sama seperti kipas pada umumnya, namun penempatan dan arah angin yang dihasilkan membuat kipas ini mampu membuat udara di dalam rumah menjadi lebih sejuk dan bersih. Bagi kamu yang ingin menggunakan cara ini pastikan untuk rutin membersihkan exhaust fan agar tetap bersih ya.


5. Atur Penempatan Bukaan Rumah

atur penempatan bukaan rumah agar udara panas dapat diminimalisir
Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

Memiliki bukaan seperti jendela dan pintu adalah sebuah keharusan untuk rumah tinggal karena berfungsi sebagai akses masuk orang maupun udara. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui penempatan yang tepat dari bukaan rumah tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa membuat bukaan rumah menghadap ke arah utara atau selatan. Hal ini berguna agar rumah kamu tidak terpapar sinar matahari secara langsung dan membuat udara di dalam rumah menjadi sangat panas. Tapi jika kamu terpaksa membuat bukaan rumah menghadap timur atau barat, kamu bisa menggunakan tirai vertical blind atau horizontal blind pada bukaan tersebut.


6. Pilih Bentuk Atap Segitiga

penggunaan bentuk atap segitiga agar terdapat ruang lebih untuk udara panas
Photo by Luis Yanez from Pexels

Menggunakan bentuk atap datar sebenarnya tidak begitu direkomendasikan untuk rumah tinggal di kawasan tropis. Pasalnya bentuk atap segitiga memiliki keunggulannya tersendiri untuk rumah yang berada di iklim tropis. Dengan atap segitiga, rumah kamu memiliki ruang tambahan untuk berkumpulnya udara panas di rumah kamu. Dengan begitu bagian bawah rumah kamu pun akan terasa lebih sejuk dan nyaman.


7. Ventilasi Silang

ventilasi udara silang untuk membuat udara lebih mudah masuk dan keluar rumah
Source: fullertonpolicenews.com

Dan yang terakhir adalah metode khusus yang disebut ventilasi silang. Cara ini memiliki konsep yang cukup mudah namun tidak cukup umum bagi orang awam. Kamu cukup membuat bukaan pada keempat sisi rumah, cara ini akan membuat udara dapat dengan lebih mudah keluar masuk rumah. Selain itu metode ini juga bisa menjaga kelembapan rumah kamu loh.


Nah itulah cara yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki sirkulasi udara di rumah agar menjadi lebih baik dan sehat. Untuk mendapatkan sirkulasi udara semaksimal mungkin selain dengan cara di atas kamu bisa bertanya langsung kepada profesional seperti arsitek. Dengan menggunakan jasa arsitek, rumah kamu akan menjadi lebih maksimal karena desain yang dibuat akan menyesuaikan dengan keinginan kamu namun kesehatan di dalam rumah tetap diperhatikan.


Bagi kamu yang ingin membangun atau merenovasi rumah dengan menggunakan jasa arsitek, coba deh pakai aplikasi Homeplan. Di aplikasi ini kamu bisa melihat berbagai referensi desain yang merupakan hasil karya arsitek ternama di Indonesia. Jadi kamu tinggal memilih desain yang cocok dan bisa langsung memesan jasa arsitek tersebut loh! Wah menarik banget kan! Yuk download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya