Cara Membuat Rumah Kamu Menjadi Semakin Luas Dengan Mudah

Diperbarui: 25 Jun 2021

Rumah dengan ukuran yang kecil terkadang menjadi permasalahan bagi banyak orang, terutama untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan. Masalah ini biasanya diakali dengan melakukan renovasi rumah menjadi bertingkat atau membeli tanah dan bangunan yang ada di sekitar rumah.

cara membuat rumah semakin luas dengan mudah
Photo by Image Supply Co

Memang tidak ada salahnya melakukan beberapa cara di atas untuk memperluas rumah kamu. Tapi kamu tau ga sih kalau ada cara lain untuk membuat rumah kamu menjadi lebih luas tanpa perlu membuang banyak uang dan waktu.


Kamu pun tidak perlu repot untuk mengurus segala keperluan yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah. Selain menghemat uang, waktu kamu untuk berkarir dan waktu bersama keluarga pun tidak akan banyak terbuang.


Nah jadi kali ini Homeplan ingin memberikan tips untuk kamu agar kamu bisa membuat rumah terasa semakin luas dan nyaman. Langsung aja yuk disimak!

1. Pemilihan Warna Yang Tepat

memilih warna ruangan yang tepat adalah cara untuk membuat rumah tampak semakin luas
Photo by Aaron Huber

Menggunakan warna-warna cerah seperti putih, kuning, dan warna cerah lainnya akan membuat rumah kamu terasa lebih luas. Efek ilusi yang dihasilkan karena pantulan cahaya ini terbukti efektif dalam membuat ruangan terlihat semakin luas. Selain itu rumah kamu pun menjadi terlihat lebih bersih dan mewah


2. Gunakan Furnitur Multifungsi

menggunakan furnitur multifungsi adalah cara untuk membuat rumah tampak semakin luas
Photo by GoDownSize

Penggunaan furnitur multifungsi sangat membantu dalam membuat ruangan kamu tampak lebih luas. Hal ini dikarenakan kamu dapat menghemat ruangan hanya dengan membeli 1 furnitur yang dapat memberikan banyak fungsi.


Selain itu, ruangan kamu juga akan terlihat semakin menarik. Tapi kamu harus memastikan juga furnitur ini terpakai dengan maksimal ya agar dapat memaksimalkan fungsinya.


3. Konsep Ruangan Open Space

menggunakan konsep open space adalah cara untuk membuat rumah tampak semakin luas
Photo by Francesca Tosolini

Konsep open space saat ini sedang cukup ngetren dan cocok untuk diterapkan di rumah kamu. Dengan meminimalkan sekat dan dinding di rumah kamu, ruangan akan menjadi terlihat lebih luas karena semua ruangan menjadi satu. Dengan menerapkan konsep open space juga akan menambah suasana hangat dan kekeluargaan di rumah kamu.


4. Gunakan Cermin

menggunakan cermin adalah cara untuk membuat rumah tampak semakin luas
Photo by Kikki Starr

Memanfaatkan cermin sebagai trik untuk memberikan kesan luas memang terlihat cukup mainstream. Namun tidak ada salahnya kamu menggunakan trik ini, karena trik ini memang cukup efektif untuk memberikan kesan yang luas pada ruangan kamu.


5. Tempat Penyimpanan Vertikal

tempat penyimpanan vertikal adalah cara untuk membuat rumah tampak semakin luas
Photo by Sanibell BV

Penggunaan rak vertikal akan membuat kamu dapat menghemat ruangan di rumah. Karena kamu dapat menyimpan berbagai barang dengan rapi di dalamnya. Selain rak vertikal kamu juga bisa menggunakan rak gantung di rumah kamu. Karena itu, penggunaan rak vertikal atau rak gantung sangat direkomendasikan untuk menghemat ruangan di rumah kamu.


6. Tingkatkan Jarak Antara Lantai Dan Plafon

meningkatkan jarak antar lantai dan plafon adalah cara untuk membuat rumah tampak semakin luas
Photo by Sidekix Media

Kesan lega dan luas akan tampak dengan membuat jarak yang tinggi antar lantai dan plafon. Jika dihitung dari luas ruangan, memang sebenarnya tidak ada yang berubah, namun ini akan memberikan ilusi pada mata kamu. Sehingga ruangan menjadi terlihat lebih luas. Selain itu, kamu juga memiliki ruang kosong vertikal yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat untuk penyimpanan vertikal.


7. Gunakan Pintu Geser

menggunakan pintu geser adalah cara untuk membuat rumah tampak semakin luas
Photo by Michael Browning

Penggunaan pintu geser dapat kamu pertimbangkan untuk digunakan di rumah kamu. Karena pintu geser tidak terlalu memakan tempat dan juga memberikan kesan yang menarik di rumah kamu. Pastikan tema rumah kamu sesuai ya dengan pintu geser yang ingin kamu gunakan.


8. Gunakan Gorden Panjang Dari Plafon Hingga Lantai

menggunakan gorden panjang adalah cara untuk membuat rumah tampak semakin luas
Photo by Jarek Ceborski

Trik ini kurang lebih sama dengan trik jarak antara plafon dengan lantai. Namun dengan menggunakan gorden ruangan di rumah kamu akan tampak lebih cantik dan menarik. Karena rumah adalah tempat yang harus nyaman bagi penghuninya, kamu tidak boleh melupakan sisi estetik dari setiap ruangan.


Nah sekian bahasan Homeplan untuk membuat rumah kamu tampak lebih luas dengan beberapa trik tersebut. Share artikel ini ke teman-teman kamu ya! See you on the next post!


 


Itulah beberapa tips dan trik yang dapat Homeplan berikan untuk kamu, semoga bahasan kali ini bisa membantu kamu dalam melakukan renovasi rumah ya!


Kalo kamu merasa artikel ini bermanfaat kamu bisa share artikel ini ke teman-teman kamu yang lagi mau renovasi rumah loh, kunjungi juga akun sosial media Homeplan dan jangan lupa untuk download aplikasi Homeplan di smartphone kamu ya!


Artikel terbaru

Kategori lainnya