Cara Dan Syarat-Syarat Mengajukan KPR Untuk Membeli Rumah

Diperbarui: 25 Jun 2021

Membeli rumah adalah suatu hal yang harus kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan primer kamu. Namun harga rumah yang mahal dan terus meningkat setiap tahunnya membuat banyak orang yang kesulitan untuk membeli rumah. Karena hal tersebut banyak bank yang akhirnya membuat produk untuk melakukan cicilan rumah dengan bunga ringan yaitu KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

cara dan syarat syarat mengajukan kpr untuk membeli rumah
Photo by Tierra Mallorca

KPR menjadi salah satu kredit yang banyak diminati oleh kaum muda yang ingin segera memiliki rumah. Namun faktanya masih cukup banyak orang yang belum mengetahui tentang KPR, mulai dari syarat yang diperlukan hingga cara mengajukannya. Nah oleh karena itu, kali ini Homeplan akan membantu kamu dalam mengajukan KPR agar kamu tidak kebingungan saat ingin menggunakan layanan ini. Daripada terlalu lama, langsung saja yuk kita lihat!


1. Apa Itu KPR?

apa itu kpr atau kredit pemilikan rumah
Photo by CardMapr.nl

Kredit Pemilikan Rumah atau yang disingkat menjadi KPR adalah suatu produk atau layanan kredit yang dimiliki oleh bank. Produk ini berfungsi untuk membantu kamu dalam membeli rumah secara kredit dengan DP dan bunga yang ringan. Selain membeli rumah, kamu juga bisa menggunakan produk KPR untuk membeli properti lainnya seperti apartemen atau rumah susun.


Beberapa bank yang memiliki produk ini adalah Bank BTN, Bank BRI, Bank BNI, Bank BCA, Bank BJB, Bank Mandiri, dan Bank UOB Indonesia. Perlu kamu ketahui bahwa setiap bank memiliki kebijakan berbeda dalam hal produk KPR. Seperti minimal DP, suku bunga yang ditawarkan atau tenor kredit yang bisa kamu ambil. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan dengan seksama apa saja yang diperlukan jika kamu mengajukan KPR di bank yang disebutkan di atas.


2. Keunggulan Menggunakan KPR

keunggulan menggunakan kpr untuk membeli rumah
Photo by AbsolutVision

Banyak yang berpikir bahwa kredit atau cicilan adalah hal yang harus dihindari apalagi jika dalam jumlah yang besar. Beberapa faktor seperti komitmen untuk terus membayar cicilan dengan teratur terkadang menjadi penghalang banyak orang. Namun perlu kamu ketahui menggunakan KPR bisa memberikan banyak keuntungan loh.


Dengan menggunakan KPR kamu bisa membeli rumah dalam waktu dekat meskipun penghasilan yang kamu miliki tidak terlalu besar. Sehingga kamu tidak perlu menunggu dalam waktu lama untuk memiliki rumah yang kamu inginkan. Apalagi harga rumah yang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya bisa menjadi salah satu pertimbangan utama untuk menggunakan produk KPR. Selain itu DP yang tidak terlalu tinggi dan cicilan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu juga menjadi suatu keunggulan yang patut dipertimbangkan.


3. Syarat Yang Diperlukan Untuk Mengajukan KPR

syarat pengajuan kpr untuk membeli rumah
Photo by Cytonn Photography

Jika kamu sudah memutuskan untuk segera mengajukan KPR, cobalah untuk memperhatikan syarat berikut. Dilansir dari laman BCA, inilah beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi saat ingin mengajukan KPR:


1. Perorangan

  • Fotokopi KTP Pemohon

  • Fotokopi KTP Suami atau Istri

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

  • Fotokopi Surat Nikah atau Cerai

  • Fotokopi NPWP Pribadi

  • Slip Gaji Asli atau Surat Keterangan Penghasilan, minimal 1 bulan terakhir.

  • Fotokopi Rekening Koran

  • Surat Rekomendasi Perusahaan

  • Akta pisah harta Notaril

2. Pemilik Badan Usaha

  • Fotokopi KTP Pemohon

  • Fotokopi TKP Suami atau Istri

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

  • Fotokopi Surat Nikah atau Cerai

  • Fotokopi NPWP Pribadi

  • Fotokopi SIUP

  • Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan

  • Fotokopi Rekening koran atau Tabungan 3 bulan terakhir

  • Surat pernyataan asli mengenai kredit kepemilikan properti


Saat kamu sudah ingin mengajukan KPR pastikan segala dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan sudah terpenuhi ya. Hal tersebut akan membuat proses pengajuan lebih cepat dan diterima dengan baik.


4. Langkah Untuk Mengajukan KPR

langkah langkah dalam mengajukan kpr
Photo by Cytonn Photography

Untuk mewujudkan pengajuan KPR kamu harus memperhatikan beberapa langkah dengan benar agar proses pengajuan bisa berjalan dengan lancar dan tidak terhambat, berikut langkah-langkahnya:


1. Mencari Dan Menentukan Rumah Yang Ingin Dibeli

mencari dan menentukan rumah yang ingin dibeli
Photo by Tierra Mallorca

Sebelum mengajukan KPR kamu harus sudah tau mengenai rumah yang akan kamu beli. Oleh sebab itu, kamu harus menentukan rumah seperti apa dan berlokasi dimana yang akan kamu beli. Hal ini diperlukan karena biasanya pihak bank akan bertanya mengenai bangunan yang akan kamu beli. Selain itu, pihak bank juga terkadang telah menentukan rumah di lokasi mana saja yang diperbolehkan untuk diajukan KPR, jadi kamu harus tau terlebih dahulu ya rumah yang akan kamu beli.


Dan satu lagi, sesuaikan harga rumah dengan kondisi finansialmu, jangan sampai kamu membeli rumah mewah namun pendapatanmu pas-pasan. Meskipun KPR mempermudah kamu dalam membeli rumah, kamu harus tetap membayar cicilannya setiap bulan, dan jika harganya terlalu mahal cicilan per bulannya pun akan semakin berat. Jadi jangan sampai pembayaran cicilanmu terhambat karena masalah tersebut ya.


2. Mengecek Dan Bertanya Mengenai Rumah Yang Telah Ditentukan

cek dan bertanya rumah yang ingin dibeli
Photo by John Schnobrich

Setelah menentukan rumah mana yang ingin kamu beli, kamu juga harus tau loh lingkungan daerah tersebut bagaimana. Hal ini sebenarnya harus dilakukan setiap kali kamu ingin membeli rumah, dengan KPR ataupun tanpa KPR. Ini karena kamu harus tau hal-hal seperti apakah daerah tersebut banjir, memiliki fasilitas umum yang memadai, bagaimana tetangga di sekitar, dan masih banyak lagi. Jangan sampai kamu menyesal karena tidak bertanya hal tersebut ya.


Selain itu kamu juga harus melakukan survei di rumah itu sendiri. Melakukan pengecekan interior rumah, kondisi rumah, dan sebagainya juga harus kamu ketahui. Jika dirasa rumah yang kamu beli membutuhkan renovasi kembali, pastikan juga tentang perizinan di daerah tersebut.


3. Melakukan Booking Pembelian Rumah


Jika kamu sudah menanyakan semua hal-hal penting di atas, sekarang saatnya kamu melakukan booking untuk pembelian rumah. Anda bisa membayarkan uang dengan besaran yang sudah ditentukan oleh pemilik rumah atau developer. Uang ini dijadikan sebagai bukti bahwa kamu akan segera membelinya. Jadi kamu tidak akan keduluan oleh orang lain yang ingin membeli rumah tersebut juga.


4. Mengajukan KPR Kepada Pihak Bank

mengajukan kpr kepada pihak bank dan langsung membeli rumah
Photo by I Do Nothing But Love

Nah selanjutnya kamu bisa langsung mengajukan KPR kepada pihak bank. Namun sebelum kamu memutuskan bank mana yang akan kamu pilih, ada baiknya kamu melakukan riset singkat dulu ya mengenai produk KPR yang ditawarkan pihak bank. Karena ada beberapa bank yang sudah bekerja sama dengan pihak developer rumah sehingga kamu tidak perlu banyak mengurus dokumen. Namun jika tidak ada kerjasama antar bank dan developer kamu harus mengurusnya secara pribadi.


Kamu harus melengkapi seluruh dokumen yang diperlukan seperti yang sudah ditulis di atas. Jika semua dokumen sudah lengkap pihak bank akan menyetujui pengajuan KPR kamu dalam waktu kurang lebih 1 bulan. Dalam kurun waktu tersebut pihak bank akan melakukan survei mengenai status anda. Status yang dilihat biasanya mengenai kepatuhan anda terhadap pembayaran hutang kepada pihak bank, jika ada hal yang janggal biasanya kamu akan cukup kesulitan dalam mengajukan KPR. Jadi pastikan kamu tidak pernah di-blacklist oleh pihak bank ya.


Nah setelah KPR kamu sudah berjalan pastikan kamu membayarnya secara rutin ya. Jika kamu mengalami kendala karena uang yang kurang sebaiknya kamu memberi informasi kepada pihak bank jangan sampai status anda menjadi buruk di mata bank ya. Karena kamu akan kesulitan saat ingin mengajukan produk dari pihak bank di waktu selanjutnya.


Sekian pembahasan kita mengenai KPR, semoga artikel ini bisa membantu kamu yang ingin segera membeli rumah ya. Jangan lupa untuk menyebarkan artikel ini ke teman dan kerabat kamu ya, agar orang-orang bisa terbantu dengan adanya informasi ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya 😁


Oh iya, untuk kamu yang ingin melakukan renovasi rumah, kamu bisa menggunakan aplikasi Homeplan untuk mempermudahnya loh. Dengan aplikasi ini kamu tidak perlu repot-repot mencari desain yang sesuai dengan keinginan, dan estimasi biaya renovasi juga bisa dilakukan secara otomatis loh. Tunggu apalagi yuk download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya