Bank Yang Menyediakan KPR Tanpa DP Di Indonesia

Diperbarui: 25 Jun 2021

KPR menjadi salah satu produk bank yang cukup banyak diminati oleh orang yang ingin membeli rumah. Jika kamu berencana membeli rumah dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk mencari informasi mengenai KPR. Pasalnya KPR menjadi salah satu produk yang banyak diminati oleh banyak orang yang ingin membeli rumah.

bank dengan produk kpr tanpa dp di indonesia
Photo by rawpixel.com

Namun kebanyakan bank yang menyediakan KPR akan meminta DP atau uang muka yang cukup besar. Karena permasalahan ini banyak orang yang akhirnya tidak jadi mengambil KPR dan berakhir mengontrak rumah atau tetap tinggal bersama orang tua.


Namun sebenarnya ada loh beberapa bank yang menyediakan produk KPR tanpa DP. Dengan kemudahan ini diharapkan kamu bisa memiliki rumah dalam waktu dekat tanpa perlu memikirkan DP terlebih dahulu. Nah, kali ini Homeplan akan memberikan informasi beberapa bank yang menyediakan KPR tanpa DP. Yuk langsung aja disimak!


1. Bank Mandiri

bank mandiri memiliki program kpr tanpa dp
Source Merdeka.com

Bank pertama yang menyediakan KPR tanpa DP adalah Bank Mandiri. Bank Mandiri merupakan salah satu bank BUMN yang menyediakan program KPR tanpa DP dengan nama KPR Milenial. Jadi untuk kamu yang tertarik untuk memiliki rumah dalam waktu dekat, kamu bisa coba kepoin program dari Bank Mandiri di link ini ya!


Selain tanpa DP, program KPR dari Bank Mandiri juga menawarkan suku bunga rendah, yaitu 4,88% fixed untuk 3 tahun pertama. Selain itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan lainnya, yaitu:

  1. Limit atau plafon kredit mulai dari 200 juta hingga 3 miliar rupiah

  2. Jangka waktu kredit atau tenor dengan berbagai pilihan yaitu 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun, hingga 25 tahun

  3. Cicilan ringan karena kenaikan berjenjang dalam 5 tahun pertama sebesar 10% per tahun mengikuti penghasilan pengaju KPR

  4. DP mulai dari 0%

  5. Suku bunga kompetitif dengan bunga fixed selama 5 tahun pertama. Selanjutnya akan diterapkan suku bunga floating


2. Bank BNI

bank bni memiliki program kpr tanpa dp
Source Beritasatu.com

Pilihan bank lain yang memiliki program KPR tanpa DP adalah Bank BNI. Bank ini juga merupakan bank BUMN yang menyediakan KPR DP 0% dengan nama BNI Griya Gue. Jika kamu penasaran, kamu bisa mengecek program BNI Griya Gue melalui link ini.


Program ini juga sama seperti KPR dari Bank Mandiri yang menargetkan kaum milenial, jadi jika kamu termasuk ke dalam target tersebut tidak ada salahnya untuk mengecek program ini. Selain program tanpa DP, KPR ini juga menawarkan beberapa keuntungan lainnya, yaitu:

  1. Plafon kredit mencapai Rp100.000.000 hingga Rp5.000.000.000

  2. Suku bunga ringan dan tetap mulai dari 6,75% p.a efektif fixed 2 tahun pertama dan 7,75% p.a efektif fixed 1 tahun berikutnya.

  3. Jangka waktu kredit hingga 30 tahun.

  4. DP mulai 0%.

  5. Fitur Angsuran Suka-Suka dimana cicilan akan menjadi lebih ringan di awal kredit dan dapat disesuaikan dengan penghasilan.

  6. Proses kredit mudah dan cepat.


Syarat Dan Ketentuan KPR DP 0%

syarat dan ketentuan kpr tanpa dp secara umum
Photo by pressfoto

Meskipun kamu sudah memilih ingin menggunakan KPR dari bank mana, kamu tetap harus memperhatikan beberapa syarat dan ketentuan yang ada. Karena tidak semua orang dapat mengajukan program ini, oleh karena itu Homeplan akan memberikan info tentang syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa syaratnya:

  1. Rasio kredit macet (NPL/NFL) harus di bawah 5 persen

  2. DP 0 persen atau tanpa biaya hanya berlaku untuk rumah tapak, rumah susun, ruko, dan rukan

  3. Akad yang digunakan ketika mengajukan adalah akad istishna, akad murabahah, akad MMQ, dan akad IMBT

  4. Penghapusan ketentuan pencairan dana bertahap untuk rumah inden

Terdapat dua kategori untuk NPL atau non-performing loan di atas 5%, yakni NPL tinggi mendapatkan biaya bebas DP untuk rumah tipe 21 saja. Selain itu, terdapat pula kelonggaran DP sampai 90-95 persen untuk rumah pertama tipe 70 atau rumah susun tipe 70.


Syarat dan ketentuan tersebut merupakan syarat dan ketentuan umum untuk semua bank, sehingga kamu bisa menjadikan ini patokan umum. Di luar syarat dan ketentuan tersebut, biasanya bank juga menerapkan syarat dan ketentuannya masing-masing untuk program KPR yang dimiliki.


Itulah beberapa bank yang menyediakan program KPR dengan DP 0% jika kamu tertarik untuk mengajukan KPR jenis ini, langsung saja menuju website atau bank tersebut. Semoga bahasan kali ini dapat membantu kamu dalam memiliki rumah ya! Jangan lupa untuk download Homeplan di smartphone kamu agar kamu siap saat rumah yang kamu beli butuh direnovasi ya!

Artikel terbaru

Kategori lainnya