8 Bangunan Bersejarah Karya Soekarno Yang Masih Kokoh Berdiri

Diperbarui: 25 Jun 2021

Ir. Soekarno merupakan Presiden pertama sekaligus seorang proklamator yang menjadi tokoh penting di Indonesia. Beliau merupakan orang yang sangat berjasa atas merdekanya Indonesia dari penjajahan atas Jepang dan Belanda. Nah terlepas dari sosoknya yang memiliki jasa besar pada merdekanya bangsa Indonesia, tahukah kamu jika Bung Karno merupakan seorang lulusan teknik sipil?

karya bangunan insinyur soekarno presiden pertama indonesia
Source: Universiteit Leiden

Ya, beliau adalah seorang insinyur teknik sipil lulusan Technische Hoogeschool Bandoeng (sekarang ITB) dan tamat kuliah pada tahun 1926. Karya-karyanya di bidang arsitektur juga cukup banyak karena ketekunannya dalam merancang dan mendesain sebuah bangunan. Beliau dengan temannya, Ir. Anwari mendirikan biro insinyur untuk mengerjakan berbagai karya-karya bangunan pada masa itu.


Nah kali ini Homeplan akan membahas beberapa bangunan karya Ir. Soekarno yang masih berdiri hingga saat ini. Daripada terlalu lama, langsung aja yuk kita simak!


1. Rumah Jalan Kasim Nomor 6, 8, dan 9

rumah karya soekarno di jalan kasim yang masih berdiri sampai sekarang
Source: Google Maps

Yang pertama adalah deretan rumah yang terletak di Jalan Kasim nomor 6, 8, dan 9, Kota Bandung. Rumah dengan arsitektur yang terlihat khas bernuansa zaman dulu ini merupakan salah satu karya Bung Karno. Saat ini rumah tersebut sudah menjadi tempat tinggal warga Bandung yang selalu dirawat hingga sekarang.


2. Rumah Jalan Kacakaca Wetan Nomor 8

rumah karya soekarno di jalan kacakaca yang masih berdiri sampai sekarang
Source: Google Maps

Karya Ir. Soekarno selanjutnya adalah rumah yang berdiri di Jalan Kacakaca Wetan nomor 8, Bandung. Rumah ini diduga sudah pernah direnovasi namun masih memiliki tampilan yang mirip dengan tampilan bangunan saat baru dibangun. Rumah ini memiliki halaman yang luas dengan taman yang cukup lebat di depannya. Rumah ini ditinggali oleh warga Bandung secara turun temurun.


3. Rumah Jalan Dewi Sartika Nomor 7

rumah karya soekarno di jalan dewi sartika yang masih berdiri sampai sekarang
Source: pikiran-rakyat.com

Kemudian terdapat rumah yang terletak di Jalan Dewi Sartika nomor 7, Kota Bandung. Memiliki luas tanah yang cukup besar yaitu 430 meter persegi dengan halaman yang juga luas membuat rumah ini terlihat cukup megah. Bangunan ini pun masih memiliki tampilan yang belum berubah semenjak dibangun pada tahun 1922.


4. Rumah Jalan Pasir Koja Nomor 25

rumah karya soekarno di jalan pasir koja yang masih berdiri sampai sekarang
Source: pikiran-rakyat.com

Rumah yang terletak di Jalan Pasir Koja nomor 25, Kota Bandung ini juga merupakan bangunan karya Ir. Soekarno. Namun rumah ini tidak berpenghuni dan terlihat cukup rusak karena tidak ada yang merawatnya.


5. Rumah Kembar Jalan Gatot Subroto Nomor 56

rumah karya soekarno di jalan gatot subroto yang masih berdiri sampai sekarang
Source: pikiran-rakyat.com

Rumah yang terletak di Jalan Gatot Subroto nomor 56, Kota Bandung ini sangat tidak terawat. Dan hampir 60% rumah ini tidak layak huni karena tidak berpenghuni dan tidak ada yang merawatnya.


6. Rumah Jalan Palasari Nomor 5


Rumah karya Bung Karno selanjutnya adalah rumah yang terletak di Jalan Palasari nomor 5, Kota Bandung. Rumah ini masih sangat terawat meskipun tidak dirawat oleh pemerintah setempat. Bagian luar dan dalamnya pun masih terlihat begitu antik dengan nuansa zaman dulu yang begitu kental. Diketahui rumah ini digunakan sebagai kantor RW di kelurahan setempat.


7. Bank Jalan Dalem Kaum Nomor 5

rumah karya soekarno di jalan dalem kaum yang masih berdiri sampai sekarang
Source: pikiran-rakyat.com

Selain rumah Ir. Soekarno juga membangun bangunan yang sekarang difungsikan sebagai bank di Jalan Dalem Kaum nomor 5, Kota Bandung. Bangunan ini terletak di sebelah alun-alun Kota Bandung, jadi kamu tidak akan kesulitan jika ingin mengunjunginya. Bangunan ini sudah banyak mengalami perubahan, namun masih ada beberapa bagian yang dipertahankan hingga saat ini, seperti area di belakang pintu utama bangunan.


8. Masjid Jalan Viaduct

rumah karya soekarno di jalan viaduct yang masih berdiri sampai sekarang
Source: Google Maps

Dan yang terakhir adalah bangunan masjid yang dibangun oleh Ir. Soekarno ini terletak di Jalan Viaduct, Kota Bandung. Karena keperluan untuk menambah ruangan bagi jemaah masjid yang terus bertambah, masjid ini pun sudah pernah direnovasi. Namun ada beberapa bagian ruangan yang belum diubah untuk mempertahankan keasliannya. Saat ini masjid di Jalan Viaduct ini difungsikan sebagai kantor pusat Persatuan Islam (PERSIS).


Nah itulah 8 bangunan bersejarah karya Ir. Soekarno yang masih berdiri hingga saat ini. Meskipun sudah banyak bangunan tersebut yang rusak dimakan usia, karya Ir. Soekarno pastilah tetap menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik bangunan tersebut. Sekian artikel kali ini, semoga kita semua bisa selalu mengingat jasa-jasa para pahlawan yang berjuang untuk kehidupan kita di Indonesia saat ini.

Artikel terbaru

Kategori lainnya