Apa Itu Roof Garden Dan Apa Manfaatnya Bagi Rumah?

Roof garden menjadi salah satu solusi terbaik untuk memiliki taman di rumah dengan lahan terbatas. Lalu apa sih roof garden dan apa saja manfaat yang dapat diberikan dari roof garden ini pada rumah kamu dan penghuninya? Yuk simak penjelasan di bawah!

apa itu roof garden dan apa saja manfaat yang dapat dihasilkan?
Photo by John Nail from Pexels

Roof garden atau yang dikenal dengan taman atap merupakan salah satu solusi terbaik untuk membuat taman di rumah namun hanya memiliki lahan terbatas. Konsep dari roof garden ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu bagian atap rumah yang kosong yang dimanfaatkan menjadi taman terbuka hijau. Cara ini tentu bisa membantu kamu yang suka berkebun di rumah.


Namun dalam membuat roof garden kamu tidak boleh sembarangan, pasalnya ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Mulai dari ketahanan bangunan terhadap beban berat, pemilihan pondasi, sistem pengairan, dan drainase perlu dipersiapkan. Sehingga tidak heran biaya pembuatan dan perawatan roof garden ini cukup tinggi. Namun meski begitu, kamu tetap bisa mendapatkan berbagai manfaat yang sangat baik bagi keluarga kamu di rumah. Apa saja sih manfaatnya? Yuk simak di bawah pembahasannya!


1. Rumah Menjadi Sejuk

dengan adanya rooftop garden rumah pun akan terasa lebih sejuk
Source: Pinterest

Manfaat utama yang didapat dengan membuat roof garden di rumah adalah rumah dan lingkungan sekitarnya menjadi lebih sejuk. Udara panas dari luar bisa dihalau dengan tanaman dan pohon yang ditanam di atap rumah kamu. Dengan begitu tentu kamu bisa merasa lebih nyaman saat cuaca sedang panas ekstrem di luar rumah. Dengan udara yang sejuk tentu penggunaan pendingin listrik bisa turun dan dapat menghemat pengeluaran kamu setiap bulannya.


2. Memperpanjang Usia Bangunan

dengan adanya roof garden rumah kamu pun akan lebih awet
Source: Pinterest

Roof garden dapat menahan sinar UV dan radiasi dari cahaya matahari mengenai rumah kamu secara langsung. Dengan begitu material pada rumah pun akan menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Namun perlu diingat ya sistem pengairan dan drainase pada roof garden harus dibuat sebaik mungkin agar tidak terjadi kebocoran dan malah mengurangi usia bangunan.


3. Meningkatkan Kualitas Udara

dengan membuat roof garden kualitas udara di sekitar rumah akan semakin baik
Photo by piranka from gettyimages

Seperti yang kita tahu saat siang hari tumbuhan dapat menghasilkan oksigen dari karbon dioksida dan partikel kotor lainnya. Dengan begitu udara di dalam rumah dan sekitar rumah kamu pun menjadi lebih berkualitas. Keluarga di rumah pun akan menjadi lebih sehat dan nyaman saat berada di rumah.


4. Membantu Melawan Pemanasan Global

roof garden di rumah dapat membantu melawan pemanasan global
Source: Pinterest

Solusi roof garden disebut-sebut bisa menjadi salah satu solusi untuk melawan pemanasan global saat ini. Jika semua rumah menggunakan konsep ini tentu membuat udara kotor dapat tersaring dengan lebih cepat dan pemanasan global pun akan berkurang.


5. Peredam Suara Dari Luar

roof garden dapat meredam suara dari luar sehingga tidak berisik
Source: Pinterest

Dengan adanya taman di bagian atap rumah, suara bising dari luar rumah dapat diredam dengan cukup baik. Hal ini karena tanaman merupakan isolator suara yang cukup baik. Nah bagi kamu yang tidak suka kebisingan dari luar masuk ke dalam rumah bisa banget nih coba menerapkan roof garden di rumah kamu.


6. Dapat Dijadikan Tempat Bersantai

roof garden dapat dijadikan sebagai tempat berkumpul dan bersantai
Photo by Thomas Barwick from gettyimages

Membuat roof garden tidak perlu seluruh bagian atap dipenuhi dengan pohon dan tanaman. Kamu tetap bisa membuat ruang khusus untuk berkumpul bersama keluarga dan teman. Dengan begitu kamu pun bisa berkumpul dengan lebih nyaman karena udara yang ada di sekitar atap terasa begitu sejuk.


7. Mendapatkan Air Bersih Tambahan

roof garden yang baik dapat menampung air hujan dan menggunakannya kembali
Source: Pinterest

Kamu bisa memanfaatkan kembali air yang didapat saat hujan dan telah melewati bagian roof garden di rumahmu menjadi air bersih tambahan di rumah. Air tersebut bisa kamu tampung dan digunakan untuk menyiram kembali tanaman di roof garden atau berbagai keperluan seperti mencuci kendaraan. Dengan begitu kamu pun bisa menghemat pengeluaran biaya setiap bulannya.


8. Mempercantik Tampilan Rumah

dengan adanya rooftop garden rumah pun akan terlihat lebih natural dan indah
Source: Pinterest

Dan yang terakhir adalah rumah kamu akan tampak semakin menarik dan cantik karena adanya roof garden. Tampilan hijau yang dihasilkan dari roof garden tentu dapat membuat rumah kamu tampak natural dan segar. Wah seru banget kan pasti kalau rumah kamu menjadi terlihat cantik.


Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam membuat roof garden di rumah. Meskipun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, namun manfaat yang diberikan sangat banyak dan dapat memberikan kebaikan jangka panjang bagi rumah maupun keluarga kamu. Apakah kamu tertarik untuk membuatnya di rumah? Tulis di kolom komentar ya!


Dan bagi kamu yang sedang mencari jasa renovasi rumah yang dapat mewujudkan rumah impian kamu yuk cek Homeplan sekarang. Dengan menggunakan Homeplan kamu bisa mendapatkan jasa renovasi berkualitas yang pastinya bisa membantu kamu melakukan perencanaan hingga eksekusinya. Menarik banget kan! Yuk download Homeplan sekarang!

Artikel terbaru

Kategori lainnya