9 Tips Memilih Developer Perumahan Yang Tepat Dan Kredibel

Diperbarui: 25 Jun 2021

Developer perumahan menjadi incaran bagi orang yang ingin membeli rumah tanpa perlu repot mengurus berbagai macam hal. Membeli rumah dari developer biasanya segala macam urusan seperti dokumen rumah, kpr, dan lainnya akan diurus oleh pihak developer. Namun kamu harus berhati-hati dalam memilih developer rumah yang tepat dan kredibel agar tidak tertipu.

tips memilih developer perumahan yang tepat dan kredibel
Photo by Dillon Kydd

Jika reputasi developer cukup ternama maka kamu tidak perlu khawatir membeli rumah dari pihak tersebut. Pasalnya developer yang ternama biasanya akan semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya. Hal ini dilakukan agar nama dan repurasi dari developer tersebut tetap terjaga. Namun kamu harus berhati-hati jika ingin membeli rumah dari developer yang belum memiliki reputasi. Pasalnya saat ini sudah banyak kasus dari developer perumahan, mulai dari penelantaran proyek hingga penipuan.


Untuk membantu kamu dalam memilih developer yang tepat, kali ini Homeplan akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan. Semoga tips ini bisa membantu kamu dalam memilih dan agar kamu bisa lebih kritis saat bertemu dengan pihak developer. Nah berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan.


1. Riset Nama Developer Perumahan

tips memilih developer kredibel dengan melakukan riset kecil
Photo by Firmbee.com

Melakukan riset kecil-kecilan tentang nama developer perumahan yang ingin kamu beli rumahnya menjadi hal pertama yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa coba memulainya dengan mencari di Google atau mesin pencari lainnya. Jika developer perumahan tersebut kredibel, biasanya memiliki website perusahaan yang menjelaskan tentang perusahaan developer tersebut. Kamu bisa membaca dan menelitinya di website tersebut. Namun jika tidak ada kamu bisa melakukan riset dengan bertanya ke orang-orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang perumahan.


2. Melihat Rumah Contoh

tips memilih developer kredibel dengan melihat rumah contoh
Photo by Derick McKinney

Developer rumah yang kredibel pasti memiliki beberapa rumah contoh yang sudah dibangun. Cobalah untuk melihat-lihat rumah contoh tersebut untuk memastikan kualitas dari rumah tersebut. Dengan adanya rumah contoh, developer tersebut berarti cukup serius dalam mengembangkan perumahannya.


3. Fasilitas Yang Ditawarkan

tips memilih developer kredibel dengan melihat fasilitas yang ditawarkan
Photo by Greg Rosenke

Sama seperti melihat rumah contoh, fasilitas yang dimiliki perumahan biasanya juga dibangun terlebih dahulu walaupun tidak semuanya. Nah cobalah bertanya dan melihat-lihat fasilitas yang ditawarkan oleh pihak developer tersebut. Jika semua fasilitas belum ada yang dibangun, kamu cukup bertanya fasilitas apa saja yang akan ada ke depannya. Developer yang kredibel juga biasanya sudah memiliki renderan desain 3D, cobalah untuk melihatnya.


4. Cek Status Lahan Bangunan

tips memilih developer kredibel dengan mengecek status lahan bangunan
Photo by DocuSign

Status lahan bangunan di daerah yang akan dikembangkan oleh developer haruslah sudah memiliki izin yang jelas dari pemerintah. Pasalnya dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah dokumen yang wajib dimiliki oleh pihak developer manapun. Cobalah tanyakan hal ini sebelum kamu ingin membeli rumah. Jika statusnya sudah jelas maka developer tersebut bisa kamu pertimbangkan sebagai salah satu developer yang kredibel.


5. Kerjasama Dengan Pihak Bank

tips memilih developer kredibel dengan melihat kerjasama developer dengan bank
Photo by JESHOOTS.COM

Developer perumahan biasanya sudah memiliki kerjasama dengan pihak bank untuk membantu kamu yang ingin membeli rumah dengan menggunakan KPR. Nah jadi kamu harus tanyakan terlebih dahulu nih bank mana saja yang dijadikan sebagai partner developer perumahan tersebut. Semakin banyak pihak bank yang bekerjasama dengan pihak developer, bisa dibilang developer tersebut cukup terpercaya dan kredibel.


6. Memiliki Manajemen Yang Baik

tips memilih developer kredibel dengan melihat menejemen perusahaan